Definisi Investasi Crowdfunding, Sistem dan Cara Kerja

Investasi Crowdfunding melibatkan peningkatan jumlah tertentu untuk mendanai produk / proyek, bisnis atau kegiatan filantropi oleh sejumlah besar orang, biasanya melalui platform online.

Investasi Crowdfunding dibagi menjadi tiga kategori utama: crowdfunding berdasarkan imbalan atau donasi, crowdfunding berbasis pinjaman dan crowdfunding, di mana perbedaan antara kategori-kategori ini sesuai dengan bentuk kompensasi yang dibayarkan kepada orang-orang yang menyediakan dana atau biasa disebut crowdfunding.

Penggalangan dana pada platform berbasis hadiah akan memberikan hadiah dari dana crowdfunding dalam bentuk versi pertama atau edisi terbatas dari produk atau layanan yang didanai.

Crowdfunding berbasis pinjaman adalah bentuk penggalangan dana dalam bentuk utang, sehingga orang banyak menerima kompensasi dalam bentuk pembayaran kembali pinjaman yang dilakukan dengan bunga. Crowdfunding juga dikenal sebagai pinjaman peer-to-peer, dan sekarang sering disebut sebagai pinjaman pasar. Jadi, crowdfunding berdasarkan pinjaman, pinjaman antar individu dan pinjaman di pasar pada dasarnya sama.

Yang terakhir, crowdfunding ekuitas, adalah bentuk penggalangan dana dengan imbalan saham di perusahaan pembiayaan.

Sistem kerja Dalam Investasi Crowdfunding

Buat proposal bisnis yang menarik

Menyiapkan proposal bisnis yang menarik, interaktif dan informatif. Usulan yang diajukan harus berisi informasi terperinci tentang prospek bisnis masa depan. Mulai dari jenis perusahaan, proses manajemen, proses pemasaran dan tujuan utama dari kegiatan saat ini. Sajikan informasi secara rinci dan lengkapi dengan teks, tulisan, gambar atau video.

Mendaftar di situs web Investasi Crowdfunding

Proposal yang sudah lengkap dapat didaftarkan langsung di salah satu situs crowdfunding di Indonesia. Pilih jika situs crowdfunding yang tepercaya dan terkenal itu karena pemilik biasanya berkumpul di situs itu.

Mengunduh dan melacak pengembangan proposal bisnis

Setelah menemukan situs crowdfunding, unduh proposal komersial yang dibuat. Ingatlah untuk terus memantau perkembangan kampanye dari proposal yang diunggah sebelumnya. Jika salah satu pemilik modal menanyai Anda tentang prospek bisnis yang tercantum dalam crowdfunding, jawablah secara singkat, dengan cara yang jelas dan tepat. Jangan melebih-lebihkan kegiatan yang akan dilakukan karena pemilik modal akan meragukan prospek masa depan mereka.

Crowdfunding sederhana: Anda dapat membeli properti perusahaan patungan dengan investor lain melalui situs web yang menawarkan layanan ini. Modal yang harus Anda keluarkan hanya 1% dari harga properti. Misalnya, properti yang Anda inginkan bernilai Rp 1 miliar, cukup masukkan dana Rp 10 juta pada tabungan reksa dana Anda dan tunggu sisa investor potensial lainnya.

Jika Anda memilih investasi properti dengan cara ini, ketahuilah bahwa Anda tidak sepenuhnya memiliki properti, karena properti itu terdiri dari beberapa orang. Akibatnya, cenderung disewakan kepada orang lain, dan kemudian menggunakan sistem pembagian manfaat seperti yang disepakati oleh pemilik. Dari keuntungan ini, Anda dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi lainnya.

Apakah Anda pikir prosesnya rumit atau tidak? Anda perlu menenangkan diri dari proses perizinan menjadi manajemen properti, yang akan dikelola oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator crowdfunding. Tapi, meskipun tampak lebih ringan, tentu saja ada beberapa kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Aset

Untungnya, pinjaman antar perorangan menarik, sementara crowdfunding memperhitungkan hasil sewa, pembelian, dan penjualan. Anda yang menghindari pemakaian, investasi ini bisa cocok untuk Anda.

Kekurangan

Mengambil keuntungan dari hasil crowdfunding memakan waktu, dan investasi ini juga tidak likuid karena investor perlu waktu untuk mendapatkan pengembalian.

Investasi properti memang menjanjikan, tetapi sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, selalu ingat prinsip "risiko tinggi, laba tinggi, risiko rendah, laba rendah". Secara umum, harga properti akan meningkat dari tahun ke tahun, tetapi mungkin juga ada hal-hal yang mencegah penjualan properti Anda, seperti lingkungan atau ukuran properti. Karena itu, Anda juga harus memperhatikan peluang agar modal Anda tidak sia-sia.

Beberapa fakta tentang properti crowdfunding di Indonesia

Investor yang memiliki minat berinvestasi di sektor properti dapat bergabung dengan crowdfunding properti di Indonesia. Dengan modal awal minimum, ia sudah dapat bergabung dengan platform crowdfunding propert untuk mengelola dana investasi. Berikut ini akan dijelaskan berapa banyak fakta tentang crowdfunding properti di Indonesia

Investasi properti terus meningkat

Saat ini, investasi properti dalam permintaan tinggi karena kenaikan harga. Peningkatan berkelanjutan ini berarti bahwa harga investasi properti tidak masuk akal, sehingga hanya investor dengan modal yang signifikan yang dapat berinvestasi. Namun sejak diperkenalkannya sistem fintech (teknologi keuangan) crowdfunding, dengan modal kecil, mereka sudah bisa berinvestasi.

Properti crowdfunding Indonesia mengkonseptualisasikan hukum syariah

Sebagai aturan umum, manfaat investasi dapat diperoleh dari partisipasi dalam modal yang diinvestasikan atau, dengan kata lain, dari hasil gesekan. Investor yang ingin mendapatkan manfaat dari konsep syariah, investasi dalam crowdfunding adalah solusi. Keuntungan dapat diperoleh dari penjualan dan pembelian properti.

Platform Terpercaya untuk Crowdfunding di Indonesia

Meningkatkan minat bagi investor yang ingin berinvestasi di properti. Perusahaan menggunakan kesempatan ini untuk menyediakan layanan platform manajemen dana investasi untuk calon investor. Berbagai layanan yang mereka tawarkan dalam mengelola dana investor di mana keuntungan akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan bersama.