Saat memulai investasi setiap orang tentu saja mengingingkan investasi modal kecil dengan untung besar sehingga uang mereka dapat berkembang dengan cepat. Namun, jangan lupa bahwa setiap investasi memiliki risiko dan potensi keuntungan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu,  sebelum memulai investasi investor pemula perlu memahami lebih detail terkait investasi yang akan mereka lakukan. Investor perlu mempertimbangkan lagi dimana mereka akan menyimpan uang dan skema investasi apa yang digunakan sehingga anda dapat memproyeksikan rencana investasi anda.

Supaya kamu paham berbagai investasi modal kecil yang bisa kamu coba, yuk simak artikel di bawah ini.


Table of Content


Pilihan Instrumen Investasi dengan Modal Kecil

Investor pemula kini  dapat berinvestasi  dengan modal kecil  dengan lebih mudah karena tersedia beberapa jenis investasi yang dapat dimulai dengan modal kecil seperti: reksa dana, logam mulia, deposito berjangka dan equity crowdfunding.

  • Reksa Dana
    Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk  pemodal kecil dan pemodal yang memiliki keterbatasan kemampuan dan waktu untuk menghitung resiko yang akan timbul dari investasi mereka. Investasi ini juga ditujukan untuk mendorong investor lokal untuk bisa memulai investasi di pasar modal Indonesia. Selain dapat dimulai dengan modal kecil, reksa dana ini juga sangat memudahkan investor pemula dengan resiko  lebih rendah karena dana akan dikelola oleh manajer investasi profesional.
  • Emas
    Emas merupakan salah investasi yang digemari untuk investor pemula karena dinilai cenderung naik dan stabil saat terkena inflasi. Selain itu logam mulia ini juga lebih mudah dicairkan dan bisa dimulai dengan modal yang kecil menyesuaikan kemampuan dana investor. Kini, cara investasi emas menjadi semakin mudah dengan adanya platform online yang mempermudah kita untuk melakukan transaksi jual beli.
  • Deposito Berjangka
    Deposito berjangka merupakan investasi yang memiliki risiko yang sangat kecil dan bisa dimulai dengan modal yang tidak begitu besar. Deposito berjangka ini juga memberikan akses bunga yang jelas juga menjadikan deposito sebagai investasi pilihan mereka.

    Cara investasi ke dalam deposito pun kini semakin muda karena bermunculannya bank digital yang mempermudah seseorang mengakses berbagai produk perbankan termasuk salah satunya deposito.
  • Equity Crowdfunding
    Equity Crowdfunding adalah skema investasi bagi hasil yang memberikan kesempatan kepada investor untuk menanamkan modal mereka ke dalam bisnis yang membutuhkan dana untuk perkembangan bisnis. Investor akan mendapatkan dividen sesuai dengan keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis. Proses crowdfunding membutuhkan platform penyelenggara Equity Crowdfunding yang menghimpun dana investor.

    Sistem Equity Crowdfunding (EFC) bisa memberikan keuntungan kepada pemodal melalui capital gain dan dividen yang akan dibagikan kepada pemodal. Sistem ini juga memudahkan investor untuk memilih bisnis yang potensial karena platform crowdfunding menyeleksi bisnis sebelum dilakukan pengumpulan dana.  Karena itu investor perlu memilih platform equity crowdfunding terpercaya.

Artikel Terkait:


Akan tetapi, investor pemula tetap perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum memulai investasi. Karena itu ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat memulai investasi dengan modal kecil :

Tips Investasi Modal Kecil yang Bisa Diterapkan Investor Pemula:

Apabila kamu merupakan investor pemula yang baru mendalami berbagai instrumen investasi, maka berikut beberapa tips investasi modal kecil untung besar yang bisa kamu terapkan:

1. Rencanakan Instrumen yang Digunakan

Anda perlu merencanakan instrumen yang akan anda gunakan menyimpan dana anda, dari sekian banyak pilihan investasi investor pemula perlu merencanakan kemana dana mereka akan mereka distribusikan. Hal ini akan sangat membantu anda untuk menyusun rencana investasi jangka panjang.

2. Memilih Investasi dengan Dividen Rutin

Investor perlu melihat bagaimana sistem dividen yang akan mereka dapatkan. Hal ini akan sangat membantu investor mengembangkan modal dengan proyeksi dividen yang sehingga anda dapat menyusun rencana investasi kedepan sesuai dividen yang akan anda dapatkan

3. Rutin Meningkatkan Nilai Investasi Anda

Agar nilai investasi semakin meningkat, anda harus rutin meningkatkan dana yang akan anda investasikan. Poin ini sangat penting dilakukan untuk investasi jangka panjang karena anda perlu membangun investasi dalam jumlah besar untuk meningkat potensi keuntungan yang anda bisa dapatkan.

4. Investasi Sesuai Profil Risiko yang Anda Inginkan

Pertimbangan resiko menjadi poin yang sangat penting untuk diperhatikan oleh investor karena tiap investasi memiliki resiko masing-masing. Untuk itu anda perlu memahami dengan baik tempat anda menaruh dana anda.

Investasi Bisnis Menguntungkan di LandX

LandX memberikan kesempatan kepada anda bisa berinvestasi dalam berbagai bisnis dan UKM dengan modal kecil.

LandX memiliki berbagai macam pilihan saham bisnis potensial yang dapat memberikan anda dividen rutin. Yuk Bangun aset investasimu sekarang.

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Berbagai info Terbaru Terkait Investasi? Yuk Follow @landx.id di Instagram


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis  #SecuritiesCrowdfunding   #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan     #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha