Investasi modal kecil sering dianggap mustahil terutama bagi investor pemula yang belum pernah mencoba berinvestasi sebelumnya.

Selain itu, masih banyak orang yang tidak tahu bahwa tersedia berbagai instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil dan sangat mudah untuk di-akses semua kalangan.

Dalam membangun investasi yang menguntungkan, konsistensi akan investasi merupakan hal penting. Karena itu walaupun anda mulai berinvestasi dengan modal kecil, asalkan konsisten anda akan tetap mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi tersebut.

Oleh sebab itu dalam investasi modal kecil anda harus menerapkan prinsip dari pepatah “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”.

Berinvestasi dengan modal kecil juga sangat cocok untuk investor pemula yang belum berani memulai investasi dengan modal besar sehingga bisa dimulai dengan berbagai pilihan instrumen dengan modal kecil terlebih dahulu.

Investasi dengan modal kecil dan risiko rendah sangat cocok untuk pemula yang masih belajar bagaimana membangun aset investasi yang bisa memberikan mereka keuntungan.

Buat kamu yang baru mau memulai investasi dengan modal kecil, yuk simak beberapa jenis investasi modal kecil yang bisa anda mulai.

Table of Content

Investasi Modal Kecil

Investasi modal kecil merupakan instrumen investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang terbilang minim sehingga investor bisa mengakses instrumen tersebut dengan modal yang terbatas.

Jenis instrumen ini sangat cocok untuk orang-orang yang ingin memulai berinvestasi tapi terkendala dengan modal.

Perkembangan zaman membuat investasi semakin beragam, karena itu, kini tersedia berbagai instrumen investasi yang bisa dimulai dengan modal yang cenderung kecil sehingga semua kalangan dapat mulai berinvestasi untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Namun berinvestasi dengan modal kecil bukan berarti bebas dari risiko kerugian, karena itu sebagai investor anda tetap harus tetap mengenali suatu instrumen investasi dengan jelas sebelum memutuskan untuk berinvestasi ke dalam suatu instrumen.

Karena itu yuk kita bahas beberapa jenis investasi modal kecil di bawah ini.

Jenis-Jenis Investasi Modal Kecil

Untuk kamu yang ingin memulai investasi, berikut beberapa investasi modal kecil yang bisa kamu mulai:

  1. Reksa Dana

Salah satu produk investasi disukai investor pemula adalah reksa dana karena selain memiliki risiko yang rendah, instrumen ini juga bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil sehingga bisa diakses oleh masyarakat luas.

Instrumen ini sangat cocok untuk investor yang mau berinvestasi tapi masih memiliki keterbatasan kemampuan dan waktu untuk mengelola investasi mereka sendiri. Dalam reksa dana investasi anda akan dikelola oleh seorang manajer investasi berpengalaman sehingga risiko yang timbul dari investasi ini semakin kecil. Investor pemula bisa mulai dengan instrumen sambil mempelajari bagaimana cara mengelola sendiri investasi yang anda miliki di masa mendatang.

Apabila tertarik dengan instrumen ini, anda bisa mengakses melalui berbagai platform investasi online yang menyediakan reksa dana. Karena itu yuk jangan ditunda lagi rencana investasi anda.

2. Investasi Emas Online

Seiring berkembangnya teknologi, kini semakin banyak instrumen investasi yang bisa anda akses secara online. Salah satu instrumen yang bisa anda mulai dengan modal kecil adalah investasi emas online yang tersedia melalui aplikasi investasi. Hal ini membuat investasi emas menjadi semakin mudah dan bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Kemudahan ini membuat orang tidak perlu menunggu uangnya cukup untuk membeli 1 gram emas baru mulai berinvestasi. Dengan adanya sistem ini, kini anda bisa membeli emas dengan jumlah yang menyesuaikan budget investasi anda.

Selain kemudahan investasi dengan modal kecil, investasi emas online juga mempermudah proses transaksi jual beli emas anda sehingga pencairan dana investasi pun menjadi semakin mudah. Investasi emas online juga memperkecil risiko yang muncul karena anda tidak perlu menyimpan sendiri emas anda sehingga risiko kehilangan dapat dihindari.

3. Investasi Saham

Mendengar investasi saham, pasti anda langsung berpikir bahwa instrumen ini merupakan investasi dengan modal besar. Anda harus buang jauh-jauh pikiran ini karena saham merupakan salah satu instrumen pasar modal dengan yang bisa anda mulai dengan modal kecil karena tersedia berbagai jenis saham di pasar modal yang bisa anda pilih berdasarkan budget yang anda miliki.

Karena itu, tidak ada salahnya anda mulai menganalisis saham-saham yang harganya cocok dengan budget investasi yang anda miliki. Investasi saham merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa memberikan anda potensi keuntungan dalam jangka panjang melalui capital gain dan dividen.

Akan tetapi jangan lupa, anda harus melakukan analisis secara mendalam terlebih dahulu sebelum menentukan saham mana yang akan menjadi investasi jangka panjang anda.

Langkah awal yang bisa anda terapkan adalah dengan mengenal terlebih dahulu perusahaan yang sahamnya akan anda beli.

3. Peer to Peer Lending (P2PL)

Apabila anda belum familiar dengan istilah ini, P2P lending merupakan skema investasi yang mempertemukan investor dengan pihak yang membutuhkan dana dalam sebuah platform P2P lending.

Pihak yang membutuhkan dana akan mendapatkan pendanaan dari beberapa investor yang berkumpul dalam platform ini.

Investor akan mendapatkan keuntungan berupa bunga dari pinjaman dana tersebut di akhir periode yang sudah disepakati.

Investasi dengan sistem ini bisa dimulai dengan modal yang kecil dan potensi keuntungan yang besar.

Namun anda harus memperhatikan berbagai risiko dari investasi ini karena investasi ini memiliki risiko yang lumayan besar. Karena itu anda harus berhati-hati dalam menentukan pihak yang akan anda pinjamkan dana.

4. Equity Crowdfunding (ECF)

Salah satu investasi modal kecil yang bisa anda coba adalah investasi bisnis dengan sistem equity crowdfunding.

Sistem ini mempertemukan investor dengan bisnis-bisnis potensial yang membutuhkan pendanaan dalam sebuah platform equity crowdfunding.

Investor yang terlibat pendanaan akan mendapatkan porsi hak kepemilikan akan bisnis yang mereka danai tersebut.

Sistem ini hampir sama dengan investasi saham, namun dalam equity crowdfunding anda bisa berinvestasi ke berbagai bisnis privat dengan modal kecil.

Investor yang berinvestasi dengan sistem ini akan berpotensi mendapatkan keuntungan berupa deviden dan capital dari bisnis yang mereka danai.

Sistem ini membuat investasi bisnis dapat diakses oleh masyarakat luas karena investasi ini dapat diakses dengan modal kecil.

Karena itu anda yang ingin berinvestasi bisnis dengan modal kecil sangat cocok untuk berinvestasi dengan instrumen ini.

Karena itu Jangan tunda lagi rencana investasi anda dan mulai investasi sekarang.

Membangun Aset Jangka Panjang dengan Investasi Modal Kecil

Berinvestasi dengan modal kecil akan memberikan keuntungan yang besar asalkan anda bisa mengatur aset investasi yang anda miliki dengan baik.

Langkah awal yang perlu anda perhatikan adalah memilih instrumen yang tepat dan anda pahami dengan baik.

Hal ini akan membantu anda memperkecil kerugian yang muncul dari investasi anda karena anda sudah mengerti dengan berbagai potensi kerugian dan bisa menyusun mitigasi risiko yang baik saat berinvestasi.

Salah satu cara terbaik adalah dengan investasi bisnis melalui equity crowdfunding yang biasanya memberikan anda pilihan bisnis yang sudah familiar dan anda paham dengan baik pasarnya karena terkadang anda juga merupakan konsumen dari produk tersebut.

Hal ini membuat anda menjadi paham bagaimana prospek bisnis tersebut dalam beberapa tahun ke depan sehingga bisa memilih mana bisnis terbaik untuk investasi anda.

Memilih investasi terbaik bukanlah hal yang mudah, karena itu anda harus memulai sesegera mungkin agar anda bisa menemukan investasi terbaik yang sesuai dengan tujuan investasi anda. Karena itu yuk….

Investasi Bisnis Modal Kecil Bersama LandX

LandX memberikan anda kesempatan untuk mulai investasi bisnis dengan modal kecil, karena itu yuk mulai investasi bisnis modal kecil bersama LandX sekarang.

Butuh Informasi Menarik Seputar Investasi dan Bisnis Lainnya? Yuk Follow Juga Instagram Kami di @landx.id agar Terus Update Informasi Terbaru Seputar Bisnis dan Investasi

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga: