Berbagai Jenis Investasi Riil dan Tips

Investasi Riil (nyata) adalah investasi dalam bentuk fisik (terlihat secara fisik) atau juga disebut aset berwujud, seperti Emas, Berlian, Perak, Properti, Tanah, Karya seni, dll.

Paragraf berikut menjelaskan beberapa instrumen investasi riil yang sering diminta oleh investor:

Investasi Riil Properti

Premis dasar dari investasi real estat atau properti adalah kenaikan harga tanah dan / atau bangunan akan selalu meningkat setiap tahun. Besarnya dalam peningkatan ini sangat bervariasi tergantung pada wilayah dan tingginya permintaan perumahan di wilayah tersebut.

Investasi ini adalah salah satu opsi investasi yang disarankan jika ada investasi lain yang lebih likuid. Karena jika Anda memerlukan dana baru dalam keadaan darurat, Anda selalu memiliki lebih banyak aset likuid, sehingga Anda dapat menjual investasi properti ini dengan harga yang wajar, atau sesuai keinginan.

Sebaliknya, jika aset Anda semuanya dalam bentuk properti, ketika Anda membutuhkan dana baru, Anda akan dipaksa untuk menjual properti dengan harga yang bisa jauh lebih murah agar cepat mendapatkan dana cair dari penjualan.

Memahami Investasi Riil dalam Bentuk Emas

Investasi dalam emas

Prinsip dasar berinvestasi dalam emas adalah kenaikan harga emas yang, secara umum, akan selalu meningkat setiap tahun. Selain perkembangan, bentuk investasi saat ini dalam emas termasuk:

Emas fisik

Emas fisik adalah bentuk investasi yang telah dikenal masyarakat sejak lama. Tetapi jika, untuk tujuan investasi, emas fisik yang direkomendasikan adalah dalam bentuk logam mulia (batangan) daripada dalam bentuk perhiasan. Emas dalam bentuk perhiasan akan dihitung berdasarkan biaya pembuatan (pada saat pembelian), termasuk saat penjualan akan berkurang nilainya karena dengan asumsi bahwa perhiasan tersebut akan meleleh, maka investasi dalam perhiasan akan mendapat untung lebih rendah atau bahkan rugi.

Harga logam mulia akan berfluktuasi, tidak mungkin untuk menentukan jumlah fluktuasi dan waktu. Kami hanya dapat memprediksi atau menganalisis kemungkinan. Investor bisa mendapat manfaat ketika harga naik dengan signifikan dalam waktu jangka panjang.

Ketika harga jatuh, investor menderita kerugian. Sementara jika kenaikannya tidak cukup tinggi, investor akan kehilangan uang terutama dari segi waktu. Namun secara umum, jika dirata-rata setiap tahun, harga logam mulia masih naik.

Selama 10 tahun terakhir, kenaikan harga telah mencapai 20% per tahun. Demi alasan keamanan, emas fisik biasanya disimpan di brankas di bank dengan biaya sewa tertentu. Ini adalah faktor yang perlu dipertimbangkan para investor sebelum berinvestasi pada logam mulia, karena menyangkut biaya keamanan akan mengurangi laba bersih dalam penjualan.

Gadai emas

Menjanjikan emas adalah bentuk investasi emas yang telah mulai berkembang baru-baru ini. Prinsip dasar pengembalian investasi mirip dengan emas fisik. Perbedaannya adalah bahwa emas dibeli secara angsuran, dengan membayar di muka sejumlah uang muka sesuai dengan ketentuan, sisanya akan dikembalikan dalam waktu tertentu.

Sistem ini membebankan bunga sekitar 1,5% per bulan dan biaya administrasi lainnya. Investor akan mendapat manfaat jika harga emas naik lebih dari bunga dan biaya yang dibayarkan.

Emas Online (Perdagangan Emas)

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, ada bentuk investasi online dalam emas. Dalam perdagangan online emas sudah difasilitasi oleh Bursa Berjangka dalam mengacu ketetapan harga emas internasional. Investor dapat menempatkan sejumlah dana tertentu di perusahaan pialang berjangka sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Dalam perdagangan emas online, investor memiliki dua peluang: beli jika harga naik dan jual (tanpa harus membeli dulu) jika harga harus turun.

Potensi kerugian sangat besar jika transaksi tidak disertai dengan manajemen risiko yang tepat. Keuntungannya, emas online dikenakan jumlah yang relatif kecil. Investor pertama-tama harus hati-hati mempertimbangkan kontrak dengan perusahaan pialang serta faktor pendapatan.

Di atas kita telah membahas mengenai investasi emass, sekarang tips pada investasi properti.

Beberapa tips untuk dipertimbangkan sebelum memilih properti untuk diinvestasikan:

· Harga yang ditawarkan sebanding dengan harga pasar dan kapasitas dana investor, serta prosedur pembayaran
· Lokasi (zona), termasuk jika terjadi bencana (banjir, dll.) Atau tidak
· Akses meliputi fasilitas di sekitarnya dan mendukung infrastruktur dan keamanan
· Kondisi fisik bangunan dan kelengkapan dan keaslian dokumen
· Rencana wilayah regional dengan konfirmasi kepada pemerintah daerah
· Konfirmasikan informasi dan data dengan tetangga di sekitarnya