Securities CrowdfundingSaat ini, investasi tentu saja merupakan hal yang sudah dilakukan oleh masyarakat luas sehingga bisa bilang merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat.

Instrumen yang digunakan pun beragam seperti emas, deposito, obligasi, saham, hingga securities crowdfunding yang baru-baru ini diluncurkan kepada masyarakat luas. Oleh sebab itu, setiap orang memiliki pilihan instrumen yang berbeda-beda tergantung dengan profil risiko dan tujuan investasi mereka.

Kalau anda mau memulai investasi, securities crowdfunding bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang bisa dicoba terutama untuk anda yang baru memasuki dunia investasi.

Securities crowdfunding merupakan platform yang mempertemukan investor dengan para pelaku bisnis dan UKM yang membutuhkan pendanaan.

Securities crowdfunding menjadi salah satu opsi pendanaan bagi bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka.

Oleh sebab itu, selain sebagai instrumen investasi securities crowdfunding juga memiliki peranan penting dalam pergerakan ekonomi melalui pembangunan bisnis dan UKM yang ada di Indonesia.

Artinya, sistem ini memberikan anda kesempatan untuk melakukan investasi ke berbagai UKM potensial. Oleh sebab itu, securities crowdfunding memberikan anda kesempatan untuk berinvestasi sambil membantu pengembangan  Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.

Dalam securities crowdfunding anda bisa berinvestasi ke dalam UKM melalui berbagai instrumen mulai dari saham, obligasi, dan sukuk.

Securities crowdfunding merupakan salah satu bentuk perkembangan fintech (Financial Technology) di mana penghimpunan dana dilakukan sepenuhnya dilakukan secara online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Securities crowdfunding merupakan penyempurnaan dari sistem equity crowdfunding yang sudah ada di Indonesia sebelumnya. Oleh sebab itu, saat ini banyak penyelenggara equity crowdfunding dalam proses peralihan untuk mendapatkan izin securities crowdfunding sesuai dengan POJK 57/POJK.04/2020.

LandX merupakan salah satu penyelenggara equity crowdfunding yang saat ini sedang dalam proses menjadi securities crowdfunding dalam waktu dekat.

Selama semester I 2021, LandX telah mendominasi 61,9 % penyaluran dana lewat equity crowdfunding kepada bisnis dari berbagai sektor. Ke depannya, LandX berkomitmen untuk terus membantu investor menemukan UKM berkualitas investasi bisnis.

Berbicara terkait investasi UKM, berikut beberapa tips menemukan UKM terbaik untuk investasi bisnis anda.

Menemukan UKM Terbaik untuk Investasi

Dalam berinvestasi, anda tentu saja perlu teliti menemukan instrumen terbaik yang bisa memberikan anda keuntungan yang optimal.

Dalam investasi ke dalam UKM anda juga perlu melakukan analisis yang sama untuk menemukan bisnis terbaik untuk investasi. Apabila anda baru ingin terjun ke dalam investasi ini, berikut tips penting yang bisa anda coba:

1. Memahami Sistem Investasi Bisnis dalam Securities Crowdfunding

Saat berinvestasi dengan instrumen apapun, anda harus paham bagaimana skema yang digunakan dalam sistem tersebut agar anda paham bagaimana potensi keuntungan dan profil risiko yang harus anda hadapi.

Oleh sebab itu, dalam securities crowdfunding anda harus paham bagaimana sistem ini berjalan agar anda bisa menyesuaikan dengan profil risiko anda. Apabila equity crowdfunding hanya menyediakan efek berupa saham, dalam securities crowdfunding terdapat jenis efek yang lebih beragam yaitu obligasi dan sukuk.

Oleh sebab itu, selain memperhatikan profil bisnis, anda juga harus paham jenis efek yang akan anda beli saat berinvestasi ke dalam bisnis tersebut. Hal ini penting karena setiap efek memiliki profil risiko dan potensi keuntungan yang berbeda-beda.

2. Analisis Prospek Bisnis dalam Jangka Panjang

Sama halnya saat membeli saham suatu perusahaan, anda tentu memperhatikan bagaimana prospek perusahaan tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Namun, analisis bisnis akan cenderung lebih mudah anda lakukan karena UKM yang akan didanai biasanya merupakan  bisnis yang sudah familiar sehingga lebih mudah untuk anda analisa.

Dalam melihat prospek suatu bisnis, anda bisa mulai dengan melihat bagaimana kondisi pasar agar anda paham bagaimana kompetisi dan peluang ekspansi jangka panjang dari bisnis tersebut. Dengan memahami hal ini dengan baik, maka anda memproyeksikan bagaimana bisnis ini dalam beberapa tahun ke depan.

3. Menemukan UKM yang “Berkualitas”

Untuk menemukan UKM yang berkualitas, anda harus melihat ini dari berbagai sisi mulai dari sistem manajemen dari suatu bisnis, siapa yang melakukan pengelolaan, dan bagaimana posisi bisnis jika dibandingkan dengan kompetitor.

Apabila anda berinvestasi melalui platform securities crowdfunding sebenarnya hal ini akan menjadi lebih mudah karena pihak penyelenggara akan membantu menyaring UKM terbaik yang bisa memberikan keuntungan bagi para investor.

4. Memperhatikan Profil Penyelenggara Securities Crowdfunding

Apabila anda ingin berinvestasi dengan sistem ini, anda harus memperhatikan kredibilitas dari platform penyelenggara yang akan menghimpun dan menyalurkan dana investor.

Oleh sebab itu anda harus memperhatikan legalitas dari platform penyelenggara agar anda bisa berinvestasi dengan nyaman dan aman.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK sehingga anda bisa mulai investasi dengan aman. Selain itu, LandX juga sudah berpengalaman menghimpun dan menyalurkan dana kepada bisnis dan UKM menguntungkan yang berasal dari berbagai sektor.

Karena itu, tunggu apalagi…...

Yuk Investasi Sambil Membangun Ekonomi Bareng LandX


Follow Kami Yuk di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Update Terbaru Terkait Investasi

‌#LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha


Baca Juga: