Saat memiliki sejumlah modal, bisnis & investasi merupakan dua pilihan yang sering digunakan untuk mengelola keuangan agar dana yang dimiliki dapat terus berkembang. Pada dasarnya investasi dan bisnis merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam dunia bisnis. Karena dalam menjalankan bisnis, beberapa perusahaan membutuhkan investor yang akan menginvestasikan dana agar bisnis bisa berjalan dan terus berkembang.

Sebagai pemilik modal mungkin anda bisa saja memulai bisnis sendiri dengan modal yang anda miliki. Namun saat memulai bisnis tentu anda butuh business plan yang baik agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik dan menguntungkan. Pilihan lain adalah memulai investasi bisnis dengan menanamkan modal anda ke dalam bisnis potensial dan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil dari keuntungan usaha. Cara ini merupakan solusi bagi orang yang ingin mengelola keuangan melalui bisnis tapi tidak memiliki kemampuan dalam mengatur bisnis sehingga mempercayakan dana mereka untuk dikelola oleh pihak yang sudah profesional dalam bisnis.

Investasi ke dalam  UMKM merupakan salah satu pilihan investasi bisnis yang bisa dilakukan oleh investor untuk pengembangan dana yang mereka miliki. Sistem investasi ke dalam UMKM pun kini semakin mudah dengan adanya bisnis investasi online yang membuka kesempatan untuk para investor ikut patungan membangun bisnis UMKM. Investasi UMKM dengan cara bisnis patungan merupakan investasi bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan untuk saat ini apalagi bagi investor pemula karena investasi ini dapat dimulai dengan modal kecil.


Table of Content


Cara Investasi Bisnis Patungan Online

Setelah mengetahui adanya sistem investasi bisnis patungan, tentu saja anda penasaran bagaimana cara memulai investasi bisnis patungan, oleh sebab itu mari kita bahas lebih lanjut.

Bisnis patungan adalah bisnis yang dibangun oleh beberapa investor yang telah sepakat untuk menanamkan modal mereka ke dalam sebuah bisnis yang dirasa memiliki prospek menjanjikan di masa yang akan datang. Sistem ini sekarang sudah berkembang dan memiliki cakupan yang lebih luas dengan adanya sistem equity crowdfunding yang melakukan pengumpulan dana investor untuk berbagai bisnis potensial. Sistem ini merupakan alternatif untuk pendanaan bisnis dan UKM yang perkembangannya terhalang karena kesulitan akses modal. Dengan equity crowdfunding permodalan akan lebih mudah karena dapat mencakup investor dalam cakupan yang luas.

Sistem ini akan memberikan investor bagian kepemilikan atau saham dari bisnis yang dijalankan dan dividen yang akan diberikan saat sesuai besar keuntungan yang didapatkan oleh bisnis. Investasi UMKM dengan sistem ini membuat berbagai UKM potential dapat berkembang dengan lebih cepat dan investor bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis yang berjalan.

Sistem Investasi dengan Bisnis Patungan Online

Pada era digital, sistem patungan sudah menggunakan jaringan internet berbasis website dan aplikasi sehingga proses pendaftaran hingga pembagian keuntungan pun akan diberikan secara online.

Sebagai investor anda akan diberikan pilihan berbagai bisnis dan UKM yang sedang membutuhkan dana untuk pengembangan bisnis seperti menaikan kapasitas produksi, perluasan pasar dengan cabang baru, atau bisnis yang baru ingin memulai bisnis yang akan dilakukan. Anda bisa mulai dengan mendaftarkan diri ke platform penyelenggara bisnis patungan atau platform equity crowdfunding dan setelah terdaftar maka anda dapat mulai menanamkan modal ke dalam berbagai bisnis yang tersedia. Platform akan bertanggung jawab menjadi penghubung antara investor dan pemilik usaha sehingga platform akan aktif memberikan update kepada anda terkait perkembangan projek yang akan datang dan sedang berjalan.

Hal Penting Dalam Investasi Bisnis Patungan

Dalam melakukan investasi bisnis dengan sistem patungan anda perlu memperhatikan beberapa hal penting terutama terkait dengan bisnis yang akan tanamkan modal. Walaupun platform sudah membantu proses awal seleksi perusahaan yang masuk, namun anda tetap harus paham dengan jelas tentang bisnis dan potensi perkembangan dari bisnis ini dalam beberapa periode yang akan datang.

Anda tetap harus bisa memahami berbagai resiko yang akan timbul saat anda terlibat dalam patungan bisnis. Oleh sebab itu anda perlu mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis yang akan danai mulai dari potensi perkembangan bisnis hingga bagaimana pengelolaan bisnis akan dilakukan untuk memastikan bisnis ini potensial dan pantas anda danai. Selain itu anda perlu melihat dari sisi lain seperti payback period, net present value,  dan return on investment rate

Cara Cerdas Memulai Investasi Bisnis dengan Patungan

Cara terbaik untuk memulai investasi bisnis adalah mulai dengan memilih platform equity crowdfunding terbaik yang sudah berpengalaman dalam memfasilitasi pengumpulan dana untuk bisnis patungan. Anda harus melihat apakah sebuah platform memiliki rekam jejak yang baik dalam menghimpun dana untuk bisnis patungan yang akan dijalankan.

Setelah itu, anda harus memilih bisnis yang memiliki prospek perkembangan jangka panjang dan tidak termakan oleh waktu. Anda harus melihat kematangan konsep dari bisnis tersebut dan apakah dijalankan oleh pihak yang profesional dan sudah berpengalaman dalam bidang bisnis tersebut karena bisnis yang potensial sekali pun tidak akan berkembang apabila tidak diatur dengan baik.

Oleh sebab itu…

Yuk Mulai Bisnis Patungan Online Anda Bersama LandX

LandX telah berpengalaman menghimpun dana untuk membangun berbagai jenis bisnis patungan yang membantu perkembangan dana investasi investor. LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya resmi OJK yang telah berpengalaman membantu investor menyalurkan dana mereka ke berbagai macam investasi bisnis menguntungkan.


Baca Juga:


Contact  :

  • Telepon    : (+62) 21 2245 5061
  • WhatsApp   : (+62) 813 8186 2878
  • Email      : [email protected]
  • Instagram      : @landx.id
  • Twitter        : @LandX_id
  • YouTube        : LandX ID
  • LinkedIn       : LandX
  • Alamat         : Italian Walk C.15-16, Mall of Indonesia, Jl. Yos Sudarso, RT.18,RT.18/RW.8, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara,  Jakarta 14240