Investasi untuk pemula merupakan hal yang banyak dicari saat ini terutama untuk generasi milenial yang sudah mulai berpenghasilan dan ingin mulai berinvestasi untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Hal ini sangat wajar karena menentukan investasi terbaik bukanlah hal yang mudah apalagi untuk investor pemula yang belum pernah berinvestasi sebelumnya.

Namun walaupun sulit, menyusun rencana investasi dengan baik akan sangat membantu anda mencapai berbagai tujuan di masa depan seperti ingin memiliki rumah, kendaraan, atau rencana pensiun yang anda inginkan.

Apabila anda merupakan pemula yang ingin mulai berinvestasi, berikut beberapa tips dan hal yang harus anda hindari saat memulai investasi.

Table of Content

Tips Investasi untuk Pemula

Menentukan Tujuan Investasi

Dalam melakukan sesuatu anda tentu saja harus memiliki tujuan yang jelas. Oleh sebab itu pemula yang ingin berinvestasi harus menentukan dulu tujuan yang ingin mereka capai agar investasi yang mereka lakukan memiliki arah yang jelas.

Apabila investasi ini ditujukan untuk membeli rumah, anda harus tahu berapa kisaran harga rumah yang anda inginkan dan berapa lama target waktu yang anda inginkan.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah segala keputusan investasi yang akan anda ambil di masa mendatang.

Dengan tujuan yang jelas sebagai pemula anda akan mudah menemukan instrumen investasi yang untuk mencapai tujuan yang ingin anda capai.

Memiliki tujuan yang investasi yang spesifik sangat penting agar sebagai pemula anda perlu memikirkan arah investasi yang akan anda lakukan. Kalau anda belum punya tujuan, yuk mulai tentukan tujuan investasi anda sekarang.

Menyiapkan Mental dalam Berinvestasi

Investasi tidak hanya membutuhkan modal uang tapi juga mental yang kuat dalam menghadapi berbagai risiko dari investasi yang anda lakukan.

Dalam berinvestasi, banyak pemula yang tidak menyiapkan mental yang kuat sehingga membuat mereka kesulitan saat menghadapi berbagai risiko yang muncul dalam proses investasi.

Hal ini sangat penting karena setiap investasi memiliki risiko yang berbeda-beda sehingga anda harus memiliki mental dan pola pikir yang matang.

Menyiapkan mental yang kuat akan membantu anda terhindar dari berbagai tindakan impulsif yang akan merugikan anda di kemudian hari.

Karena beberapa instrumen investasi memiliki nilai yang fluktuatif, maka anda harus siap menghadapi berbagai kondisi agar tetap mengambil keputusan yang rasional.

Memperhatikan Laju Inflasi

Bagi pemula yang ingin berinvestasi, memahami bagaimana pergerakan inflasi merupakan hal penting yang harus anda lakukan agar anda bisa memilih investasi yang bisa membuat anda tidak tergerus inflasi.

Oleh sebab itu anda harus memilih investasi dengan return yang lebih besar dibandingkan tingkat inflasi agar nilai uang yang anda miliki bisa terus meningkat.

Selain itu, memahami laju inflasi akan membuat anda menjadi lebih paham kenapa berinvestasi lebih baik dibandingkan sekedar menabung.

Berinvestasi ke Diri Sendiri

Satu hal yang sering dilupakan pemula adalah berinvestasi kepada diri sendiri dengan meningkatkan skill dan pengetahuan yang mereka miliki.

Melakukan self-improvement dapat anda lakukan dengan belajar skill baru yang bisa membantu meningkatkan penghasilan yang anda miliki.

Apabila anda pemula dalam berinvestasi, maka anda bisa mulai dengan meningkatkan pemahaman dan skill anda tentang keuangan agar anda bisa mengambil keputusan investasi yang lebih baik lagi kedepannya.

Diversifikasi

Poin ini merupakan hal yang sering dilupakan oleh pemula dalam memulai investasi. Hal ini karena banyak orang berpikir bahwa diversifikasi merupakan suatu hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah lama berinvestasi.

Padahal diversifikasi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memperkecil risiko dari investasi yang anda lakukan. Oleh sebab itu pemula sekali pun perlu memilih beberapa instrumen investasi lain untuk tujuan diversifikasi dari investasi yang anda lakukan.

Investasi bisnis dengan sistem equity crowdfunding merupakan salah satu investasi yang cocok untuk pemula.

Apabila anda mulai berinvestasi dengan sistem ini, diversifikasi bisa anda lakukan dengan berinvestasi ke dalam jenis bisnis yang berbeda-beda untuk memaksimalkan keuntungan dan memperkecil risiko yang timbul.

Selain tips investasi untuk pemula berikut beberapa hal yang harus dihindari pemula memulai investasi.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Investasi

Menunda-nunda investasi dengan berbagai alasan merupakan hal sering terjadi di lingkungan masyarakat.

Hal ini karena sebagian orang masih berpikir bahwa investasi merupakan suatu hal yang mahal sehingga sulit untuk dimulai.

Padahal ini merupakan hal yang salah karena pemula bisa mulai dengan investasi modal kecil yang tetap bisa memberikan mereka keuntungan besar apabila dilakukan dalam jangka panjang.

Contohnya, apabila anda melakukan investasi bisnis modal kecil dengan equity crowdfunding sekarang, maka anda akan bisa mendapatkan keuntungan berupa deviden dan capital gain sehingga uang yang anda miliki bisa berkembang.

Keuntungan ini tentu saja tidak bisa anda dapatkan apabila uang yang anda miliki hanya disimpan dan dibiarkan diam begitu saja.

Kesalahan dalam Mengalokasikan Dana

Dalam menyusun rencana keuangan, banyak orang lupa menyisihkan budget untuk investasi yang sebenarnya merupakan hal penting yang harus disiapkan. Banyak generasi sekarang yang lupa menyisihkan uang untuk berinvestasi dan mengalokasikan sebagian besar uangnya untuk entertainment.

Padahal investasi yang menguntungkan butuh konsistensi anda dalam meningkatkan aset investasi yang anda miliki. Oleh sebab itu anda harus bijak merencanakan keuangan agar anda bisa membangun masa depan yang lebih baik.

Salah Memahami Konsep Investasi

Banyak pemula yang berpandangan bahwa investasi merupakan jalan pintas yang bisa membuat uang mereka jadi tumbuh berkali-kali lipat hanya dalam satu malam.

Hal ini merupakan pemahaman yang salah karena untuk mengembangkan uang lewat investasi membutuhkan proses dan strategi agar uang yang anda tanamkan bisa menghasilkan keuntungan.

Oleh sebab itu sebelum investasi anda harus rajin mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan investasi agar paham bagaimana proses sampai suatu investasi menghasilkan keuntungan.

Kesalahan Monitoring dan Evaluasi

Pemula yang mulai berinvestasi banyak yang merupakan bahwa investasi merupakan suatu hal yang membutuhkan monitoring sehingga anda bisa mengambil tindakan agar keuntungan yang anda dapatkan bisa lebih optimal lagi.

Banyak pemula yang hanya menaruh dana pada suatu instrumen dan tidak melakukan evaluasi terhadap investasi yang mereka lakukan sehingga menghambat perkembangan investasi yang anda lakukan.

Emosional dalam Berinvestasi

Anda harus bisa mengendalikan emosi anda dalam berinvestasi agar keputusan yang anda ambil tetap rasional dan tidak berefek buruk dalam jangka panjang.

Memilih suatu instrumen hanya karena alasan sedang tren tanpa melakukan analisis sendiri merupakan contoh tindakan emosional yang harus anda hindari karena anda perlu analisis sendiri untuk menentukan apakah hal tersebut benar-benar memberikan keuntungan atau tidak.

Banyak pemula yang mengalami kerugian saat berinvestasi karena investasi yang mereka lakukan hanya ikut-ikutan sesuatu hal yang sedang populer.

Salah satu investasi yang cocok untuk pemula adalah investasi bisnis.

Yuk kita bahas lebih lanjut tentang investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding.

Memulai Investasi Bisnis

Apabila anda berpikir bahwa investasi bisnis merupakan instrumen investasi yang membutuhkan modal besar dan tidak cocok untuk pemula, anda salah besar.

Kini investasi bisnis bisa dilakukan lebih mudah dengan modal kecil melalui skema equity crowdfunding.

Skema ini mempertemukan berbagai investor dalam satu platform untuk bersama-sama memberikan pendanaan terhadap suatu bisnis dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Sebagai gantinya, investor akan mendapatkan bagian kepemilikan berupa saham sehingga berpotensi mendapatkan keuntungan berupa deviden dan capital gain.

Sistem ini sangat cocok untuk investor pemula karena analisis bisa dilakukan dengan lebih mudah karena bisnis yang didanai biasanya merupakan bisnis-bisnis potensial yang familiar di sekitar anda.

Selain itu, analisis bisnis potensial menjadi sangat terbantu oleh platform equity crowdfunding yang menjadi filter awal untuk melihat apakah suatu bisnis potensial atau tidak.

LandX merupakan salah satu platform equity crowdfunding terbaik dengan pilihan berbagai pilihan bisnis potensial untuk investasi anda.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Bersama LandX

Jangan Lupa Kunjungi Kami di Instagram @landx.id Supaya Terus Update Info Terbaru Seputar Investasi…

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha