menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

IPO Bukalapak: Menelusuri Anjloknya Harga Saham Bukalapak Sejak IPO

Monday, 20 Dec 2021

Read in 6 minutes

Author: Vlora Riyandi

Sejak Bukalapak IPO dengan kode saham BUKA, harga saham Bukalapak memang sempat mengalami ARA di beberapa hari awal. Namun, selanjutnya harga saham BUKA terus turun hingga hari ini. Karena itu, yuk kita telusuri penyebab saham ini terus turun.

Walaupun sempat ARA di awal IPO (Initial Public Offering), saham Bukalapak kini terus mengalami ARB hingga membuat banyak investor merasa dirugikan oleh hal ini.

Emiten e-commerce unicorn, BUKA dari Bukalapak menyentuh level paling rendah berkali-kali. Bukalapak menjadi perusahaan teknologi berstatus unicorn pertama yang IPO (Initial Public Offering) atau listing di Bursa Efek Indonesia.

Siapa yang tidak menantikan initial public offering (IPO) dari perusahaan dengan berstatus unicorn di Indonesia ini. Namun, kini beberapa orang menganggap Bukapalak belum dapat memenuhi ekspektasi investor. Simak kisah BUKA dari awal IPO hingga saat ini.


Harga Saham Bukalapak Terus Turun Semenjak IPO

IPO Bukalapak dengan nilai sebesar Rp 21,9 triliun adalah yang terbesar dalam sejarah pasar modal di Indonesia. Eminten dengan kode BUKA ini menawarkan 25 miliar lembar saham dengan harga perdana Rp 850,- per lembar.

Melalui data Bursa Efek Indonesia, Bukalapak yang telah melakukan penawaran saham sebelum tanggal resmi diluncurkan dan telah mampu menghimpun total dana hingga Rp 7,7 triliun. Permintaan saham juga membengkak hingga 4x kali dari total saham yang ditawarkan.

Perusahaan yang berumur 11 tahun ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada 6 Agustus 2021. Selang satu menit dibuka, saham BUKA langsung menyentuh angka auto-reject atas (ARA) di angka Rp 1.060 per unit sahamnya atau naik 24,71%.

Bukalapak sendiri akan menjadi benchmark bagi perusahaan teknologi lainnya yang juga berencana melantai di pasar saham. Sebagai perusahaan startup pertama di Indonesia yang listing ke publik dan menghadapi antuasiasme serta harapan masyarakat.

Dana segar ini akan digunakan sebagai modal operasional perusahaan serta entitas anak perusahaan. Dengan fokus pengembangan progam UMKM Indonesia di masa yang akan datang.


Baca Juga:


Saham Bukalapak ARB Berturut-turut, Kenapa?

Harga BUKA diketahui menjauhi harga saat penawaran perdana. Saham BUKA sempat beberapa kali menyentuh auto-reject bawah (ARB) senilai Rp 460,- pada 7 Desember lalu.

Harga BUKA bahkan telah terkoreksi secara historis sejak 22 November terus menerus. Namun, manajemen Bukalapak menyebutkan hal ini tak berkaitan dengan kinerja internal.

Dikutip dari Katadata, Sekretaris Bukalapak, Perdana A. Saputro mengatakan fluktuasi ini karena sentimen global. Seperti tren global dan makro yang tidak bisa dikendalikan internal. Pihak Bukalapak yakin dapat menunjukkan pertumbuhan dan kinerja yang positif dan berkomitmen secara maksimal.

Pada hari ini (20/12/2021), saham BUKA sudah menginjak tangga naik di level Rp 452,- per lembar. Diharapkan tentunya tren pergerakan saham BUKA terus merambat naik dan melebihi harga penawaran perdana Agustus lalu.

Potensi Saham Bukalapak

Tentu terdapat kekhawatiran jika kamu adalah menyimpan emiten BUKA saat ini, namun sebagai investor penting untuk melihat juga perkembangan tren pergerakan saham jangka panjang.

Karena kamu sebenarnya adalah seorang pemilik perusahaan Bukalapak, maka perlu untuk selalu memantau strategi yang dikeluarkan perusahaan dalam menjalankan langkah konkritnya untuk mengembalikan modal.

Perusahaan Bukalapak sendiri kenapa bisa tetap melangsungkan IPO meskipun laporan keuangan menyatakan rugi? Nyatanya para investor besar melihat peluang dan potensi besar dari Bukalapak. Potensi tersebut ialah strategi yang dimiliki Bukalapak untuk menjangkau 90% pasar Indonesia yang belum terjamah oleh ecommerce lain.

Menjangkau underserved market melalui program mitra UMKM Bukalapak. Undeserved market secara umum adalah sekelompok besar orang yang terabaikan oleh perusahaan yang berorientasi profit.

Adanya kebutuhan yang harus dipenuhi, menandai pasar-pasar ini menjadi peluang berseri bagi perusahaan yang berorientasi pada manusian dan keuntungan.

Karena itu, selalu pantau dan analisis kinerja Bukalapak serta tingkatkan kepercayaan terhadap potensi perusahaan seperti para investor besar lainnya.

Tips Beli Saham IPO

1. Prospektus

Membaca prospektus sangat penting untuk mengetahui apa yang dilakukan perusahaan sehingga bisa bisa dapat uang. Caranya dengan mencari dan menganalisa bisnis model perusahaan. Serta kenali dan ketahui juga siapa orang dibalik perusahaan tersebut.

Apabila kamu ingin menjadi investor, kamu tidak boleh membaca prospektus agar kita paham dengan baik bagaimana prospek dari investasi yang akan kita lakukan.

2. Laporan keuangan yang diserahkan ke IDX

Perhatikan laporan keuangan bagian pendapatan apakah meningkat sehingga kamu bisa menggambar prospek investasi yang akan kamu lakukan. Jangan terlalu berfokus dengan data untung atau rugi, namun perhatikan juga trend dan growth-nya di pasar saham.

Dalam menganalis laporan keuangan biasanya menggunakan beberapa jenis rasio keuangan yang menjadi acuan apakah saham ini memilki kondisi finansial yang baik atau tidak. Karena itu, kamu perlu memahami berbagai jenis rasio keuangan yang akan digunakan dalam analisis tersebut.


Artikel Terkait:


3. Pembagian pemegang saham

Dengan melihat porsi pembagian saham pada data yang ditampilkan, bisa mengetahui pihak yang paling berpengaruh dalam memberi keputusan terkait perusahaan. Pihak yang paling berpengaruh ini disebut juga sebagai controlling share holder.


Baca Juga:


4. Penggunaan dana

Ketahui untuk apa dana akan digunakan oleh perusahaan yang listing. Jangan sampai perusahaan menggunakan dana tersebut untuk membayar hutang atau yang tidak menghasilkan uang lain.

Berinvestasi Saham Adalah Tentang Melihat ke Depan

Berinvestasi berkaitan dengan teknik memandang jauh ke depan. Perhatikan dan ketahui strategi dan ekspektasi perusahaan ke depannya. Mengetahui rencana tahun sekian mereka untuk growth seberapa besar.

Merangkum tips beli saham IPO, hal paling penting sebagai investor yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui business model dan potensi growth perusahaan. Dengan hal ini kamu akan bisa menilai dan memutuskan apakah akan berinvestasi atau tidak.

Terkhusus investor pemula, disarankan untuk jangan berinvestasi dahulu pada saham-saham perusahaan yang masih merugi. Tidak hanya deg-degan, tapi bisa memutus harapan untuk mendapat dividen secara rutin. Namun, keputusan tentu tetap di tangan kamu.

Investasi dengan Dividen Rutin

Tentu saja tidak hanya Bukalapak, terdapat banyak perusahaan lain dalam posisi profit yang membuka kesempatan untuk sahamnya kamu investasikan. Berinvestasi baiknya pada perusahaan yang selalu untung, selalu rutin bagi dividen, dan beroperasi pada industri dengan prospek yang kuat.

Harga yang dapat dijangkau untuk berinvestasi dan jadi pemilik perusahaan tentu juga jadi pertimbangan lebih baik.

Investasi dengan risiko minim sekaligus jadi pemilik perusahaan, tanpa repot kelola bisnis bisa terima dividen rutin. Di LandX, berinvestasi pada saham perusahaan pilihanmu dan terima dividen rutin setiap 3 bulan. Perusahaan yang listing di aplikasi LandX adalah perusahaan yang telah melalui seleksi penilaian yang ketat dengan standar aset yang tinggi. Sehingga kamu sebagai investor akan diamankan LandX dari kata rugi.

Kunjungi website dan aplikasi LandX untuk melihat perusahaan yang sedang buka untuk didanai. Kamu bisa dapat keuntungan dividen rutin setiap 3 bulan dengan berinvestasi Rp 1 jutaan.

Jangan lupa kamu juga bisa mempraktekkan Tips Beli Saham di atas. Baca prospektus untuk pahami suatu perusahaan lebih lanjut. Sekarang di LandX lagi buka pendanaan untuk bisnis kapal tongkang batubara dari Kapal Satria.

Bisnis yang dinilai kuat karena prospek batubara yang diprediksi tetap kuat di tahun 2022 dan telah melalui pandemi tanpa rasa.

Dengan investasi modal Rp 1 juta, kamu bisa dapat dua kapal sekaligus dengan nilai jual kisaran miliaran rupiah.

Penawaran saham terbatas dan peminat bisnis yang banyak buat kamu harus sigap. Gabung dalam pendanaan dan dapatkan keuntungan pembagian dividen rutin.

Karena itu,

Kenalan yuk dengan bisnisnya untuk memutuskan apakah bisnis kapal tongkang batubara suatu yang cocok dengan kamu, sebelum kehabisaan!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

#YukPatunganBisnis


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id #landx #landx.id #InvestasiBisnis #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha


Baca Juga