Belakangan anda tentu saja sering mendengar istilah IPO atau initial public offering setelah beberapa perusahaan rintisan berbasis teknologi seperti Bukalapak, Gojek dan Tokopedia yang berencana melakukan IPO dalam waktu dekat.

IPO adalah hal yang sangat umum dilakukan suatu perusahaan dengan berbagai tujuan seperti keinginan untuk mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar.

IPO adalah langkah besar yang diambil oleh perusahaan karena mereka akan melepaskan saham mereka kepada masyarakat luas.

Oleh sebab itu, IPO merupakan tahap dimana perusahaan membuka kesempatan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki saham bisnis mereka. Agar anda semakin paham, yuk kita bahas lebih lanjut tentang apa itu IPO.

Table of Content

Apa Itu IPO dalam Saham?

IPO adalah initial public offering atau bisa disebut juga sebagai penawaran perdana suatu saham kepada masyarakat umum. IPO adalah tahap di mana perusahaan memutuskan untuk melepaskan sebagian saham mereka kepada publik sehingga masyarakat luas dapat memiliki saham dari perusahaan tersebut.

IPO menjadi tahap yang sangat krusial bagi perusahaan karena mereka akan mendapatkan pendanaan dari investor dengan cakupan yang lebih luas lagi. Untuk melakukan IPO perusahaan akan melewati beberapa tahap hingga akhirnya melakukan pencatatan di BEI

Apabila perusahaan sudah memutuskan IPO, maka mereka artinya sudah membuka kesempatan masyarakat luas untuk memiliki saham perusahaan mereka.

Oleh sebab itu, IPO dari perusahaan dengan prospek menjanjikan merupakan momen yang sangat ditunggu oleh suatu perusahaan. Lebih lanjut mari kita bahas berbagai alasan perusahaan melakukan penawaran saham perdana atau IPO.

Penyebab Perusahaan Melakukan IPO

Perusahaan melakukan IPO dengan berbagai tujuan berdasarkan berbagai pertimbangan yang sudah mereka bahas secara internal bersama para stakeholder. Lebih jelasnya, berikut beberapa alasan perusahaan melakukan pelepasan saham kepada publik.

Mendapatkan Penambahan Modal

Salah satu alasan perusahaan melakukan IPO adalah untuk mendapatkan penambahan modal sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas operasional bisnis dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Selain itu, IPO juga langkah untuk mempermudah perusahaan untuk mengakses modal yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan pengembangan bisnis.

Pengembangan Bisnis Jangka Panjang

Saat mendapatkan pendanaan dari publik perusahaan biasanya mereka memiliki rencana pengembangan jangka panjang yang akan mereka lakukan melalui dana yang mereka dapatkan. Biasanya, perusahaan memiliki rencana ekspansi dan scaling bisnis ke dalam cakupan yang lebih luas lagi dan memberikan keuntungan yang lebih besar pula.  

Biasanya, perusahaan akan menjelaskan ini di dalam prospektus yang dikeluarkan saat mereka akan melakukan IPO dan sangat penting untuk dipahami saat akan membeli saham yang akan IPO.

Meningkatkan Nilai Perusahaan

Salah satu tujuan perusahaan melakukan IPO adalah keinginan untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan dari berbagai sisi sehingga mereka perusahaan memiliki posisi yang lebih kuat lagi di pasaran.

Peningkatan nilai perusahaan ini tentu saja membuat memiliki posisi yang lebih kuat di pasaran dan bisa memberikan keuntungan yang lebih optimal.

Pertimbangan Membeli Saham IPO

Membeli saham IPO memiliki kelebihan dan kekurangan, oleh sebab itu mari kita bahas dulu keunggulan dari membeli saham IPO.

Pembelian saham saat penawaran perdana biasanya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan membeli saham di pasar sekunder.

Hal ini otomatis membuat potensi keuntungan dari saham IPO lebih besar dan menarik investor. Oleh sebab itu, banyak orang tertarik untuk membeli saham dari perusahaan saat mereka IPO.

Akan tetapi, selain potensi keuntungan saat membeli saham di harga awal yang relatif murah, membeli saham IPO juga memiliki risiko yang harus tetap anda pertimbangkan.

Hal ini karena saham IPO tetap memiliki potensi untuk penurunan nilai dari waktu ke waktu. Selain itu, pembelian saham IPO membutuhkan waktu yang lebih lama karena anda harus melewati beberapa tahapan sebelumnya.

Penutup

IPO merupakan kesempatan untuk anda mendapatkan saham dari perusahaan potensial dengan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan membeli di pasar sekunder.

Oleh sebab itu, hal ini bisa anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Hal lain yang harus anda pahami adalah IPO biasanya dilakukan oleh perusahaan dengan skala besar.

Untuk bisnis skala menengah dan kecil pelepasan saham kepada publik biasanya dilakukan dengan sistem equity crowdfunding.

Apabila anda ingin melakukan investasi bisnis ke dalam berbagai bisnis potensial di sekitar anda, maka anda harus menemukan platform equity crowdfunding terbaik untuk menemukan bisnis terbaik untuk investasi anda.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terbaik yang bisa membantu anda menemukan bisnis yang bisa anda beli sahamnya untuk investasi jangka panjang. Sebagai pemegang saham, anda tentu saja berpotensi mendapatkan keuntungan berupa dividen sesuai dengan performa bisnis yang anda danai. Karena itu...

Yuk Mulai Investasi Bisnis dengan Hanya dengan Modal 1 Juta Bersama LandX

Biar Gak Ketinggalan Info Seputar Bisnis Terbaru Anda, Jangan Lupa Follow @landx.id di Instagram

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: