Skema investasi melalui crowdfunding atau urun dana merupakan salah satu alternatif permodalan yang selain memberikan keuntungan kepada investor juga bisa memberikan dorongan terhadap perkembangan ekonomi suatu negara. Sistem pendanaan patungan bisnis melalui crowdfunding dapat mendorong usaha kecil menengah (UKM) menjadi lebih mudah berkembang karena akses modal menjadi lebih mudah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir tahun lalu pada telah mengeluarkan POJK nomor 57/POJK.04/2020 tentang securities crowdfunding di Indonesia yang ditujukan untuk mengatur sistem penawaran efek secara digital yang akan dijadikan alternatif pendanaan bagi bisnis dan UKM yang ada di Indonesia.

Pendanaan UKM kini kian mudah dengan adanya platform digital yang mewadahi proses pengumpulan dana atau platform securities crowdfunding. Sistem ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa mempermudah UKM dapat berkembang menjadi lebih pesat.

Table of Content

Berikut beberapa Keunggulan Securities Crowdfunding:

Kemudahan Penerbitan Efek

Pemerintah baru saja meluncurkan skema investasi pendanaan terbaru yaitu securities crowdfunding untuk menyempurnakan sistem equity crowdfunding yang sebelumnya sudah diresmikan di Indonesia.

Selain untuk mempermudah akses investasi, sistem ini juga ditujukan untuk mempermudah UKM dan bisnis untuk mendapatkan akses permodalan. Kemudahan ini diharapkan dapat  mendorong perkembangan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik seiring tumbuhnya UKM.

Dalam securities crowdfunding, penerbitan efek menjadi mudah karena syarat pendaftaran yang kini semakin mudah. Dalam pendaftaran, penerbit cuma butuh memenuhi tiga syarat utama agar bisa melakukan penerbitan efek.

Pertama, penawaran harus dilakukan di platform penyelenggara yang sudah memiliki izin dari otoritas jasa keuangan. Artinya bisnis atau penerbit yang membutuhkan pendanaan dari masyarakat harus memilih platform penyelenggara crowdfunding yang sudah resmi dan memiliki izin dari OJK agar proses pendanaan dapat dilakukan secara aman.

Kedua, penawaran efek dilakukan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan OJK yaitu paling lama 12 bulan. Terakhir, sistem securities crowdfunding memberikan batasan dana maksimal yang dapat dihimpun yaitu 10 miliar.

Apabila sudah memenuhi ketiga syarat ini maka bisnis atau UKM sudah dapat menerbitkan efek mereka melalui situs crowdfunding yang sudah berizin OJK.

Cakupan Pendanaan yang Lebih Luas

Sebelumnya,  dalam sistem equity crowdfunding pendanaan hanya terbatas pada bisnis yang sudah berbentuk PT atau koperasi yang sudah berbadan hukum.

Skema pendanaan dengan securities crowdfunding memiliki cakupan badan usaha yang lebih luas seperti CV, NV, firma dan persekutuan perdata dapat mengajukan pendanaan melalui securities crowdfunding.

Hal ini akan membuat bisnis seperti UKM dapat lebih mudah mengakses modal melalui pendanaan dari urun dana. Kemudahan ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi UKM potensial yang berbadan hukum non-PT yang terhambat perkembangannya karena kesulitan mengakses modal.

Jenis Efek yang Lebih Beragam

Securities crowdfunding (SCF) memiliki jenis efek yang lebih beragam dibandingkan equity crowdfunding yang hanya menawarkan efek dalam bentuk saham.

Skema SCF memberikan investor pilihan efek yang lebih beragam dalam bentuk utang dan sukuk dengan beberapa seperti syarat kepemilikan underlying asset, tidak dapat diperdagangkan, dan masa periode jatuh tempo tidak lebih dari dua tahun.

Hal ini menjadi solusi bagi beberapa UKM yang bergerak dalam industri halal sehingga membutuhkan efek halal yang bisa diterbitkan dalam bentuk sukuk. Hal ini diharapkan dapat mencakup investor yang lebih luas sehingga semakin mendorong perkembangan UKM di Indonesia.

Artikel Terkait:

Memiliki Aturan yang Jelas

Sistem securities crowdfunding memiliki sistem yang jelas dan sudah diatur oleh OJK mulai dari perizinan hingga pelaporan penerbit. Skema ini juga mendorong penyelenggara dan penerbit untuk dapat saling bersinergi dalam melakukan mitigasi risiko dan tata kelola yang baik sehingga dapat memberikan keuntungan bagi semua pihak.

Penggunaan skema yang jelas ini menjadikan pihak investor dan penerbit akan sama-sama diuntungkan. Satu sisi penerbit mendapatkan pendanaan untuk ekspansi bisnis yang mereka miliki dan di sisi lain investor akan mendapatkan keuntungan berupa dividen atau bunga dari investasi bisnis yang telah mereka lakukan.

Mulai Patungan Bisnis Bersama LandX

LandX sebagai platform equity crowdfunding memberikan anda kesempatan untuk berinvestasi ke dalam berbagai bisnis dan UKM potensial yang ada di sekitar anda.


Jangan Lupa Follow Juga Instagram Kami @landx.id Supaya Terus Update Info Investasi Lainnya

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha