Dalam investasi saham istilah agio merupakan hal yang akan sering muncul. Akan tetapi, banyak orang belum paham apa itu agio saham dan menganggap bahwa agio saham merupakan hal yang sama dengan capital gain.

Padahal agio saham dan capital gain merupakan hal yang berbeda, oleh sebab itu mari kita bahas lebih lanjut apa itu agio saham agar anda semakin paham dalam berinvestasi.

Table of Content

Apa Itu Agio Saham?

Agio saham adalah bagian penting yang harus anda lihat melakukan analisis keuangan suatu perusahaan. Singkatnya, agio saham adalah total kekayaan bersih yang dimiliki oleh perusahaan yang bersumber dari penjualan saham di atas nilai nominalnya.

Oleh sebab itu nilai agio saham didapatkan dengan mencari selisih antara nilai jual dan beli suatu saham.

Contohnya adalah saat suatu saham dengan harga nominal Rp 15.000 per lembar dijual dengan harga Rp 20.000 per lembar maka nilai agio saham adalah Rp 5.000. Agio saham ini akan masuk kepada emiten dan akan disertakan dalam laporan keuangan perusahaan nantinya.

Selain agio, saham juga mungkin mengalami disagio yang berlawanan dengan agio karena kondisi ini merupakan di mana harga jual saham berada di bawah nilai nominal sehingga emiten mengalami kerugian.

Agio saham bisa menjadi salah satu sumber dana yang bisa membantu perusahaan untuk melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis mereka. Oleh sebab itu agio saham merupakan istilah yang lebih sering didengarkan oleh emiten dibandingkan investor.  

Jenis-Jenis Agio Saham

Terdapat dua jenis agio saham yaitu agio treasury dan agio biasa, berikut penjelasan dari dua jenis agio ini:

Agio Biasa

Agio jenis ini merupakan selisih dari harga jual dan nominal dari suatu saham. Jenis ini merupakan hal yang umum ditemukan di pasar sekunder.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, perusahaan akan mendapatkan agio saat mereka menjual saham dengan harga lebih tinggi dibandingkan harga nominalnya seperti saat emiten A berhasil menjual saham dengan harga nominal Rp 5000 dengan harga Rp 7000 sehingga mereka mendapatkan nilai agio Rp 2000.

Agio Treasury

Jenis ini juga sering disebut dengan istilah buyback di mana suatu emiten membeli kembali saham yang sudah beredar di investor. Dalam saham treasury, emiten akan menyimpan saham yang telah mereka buyback untuk dijual kembali di masa mendatang dengan harga yang lebih tinggi.

Apabila saham yang disimpan bisa dijual dengan harga tinggi di masa mendatang maka keuntungan ini bisa disebut sebagai agio treasury.

Kesimpulan

Agio saham merupakan istilah yang berkaitan dengan selisih nilai jual dan nilai nominal dari suatu saham. Apabila jual lebih tinggi dibandingkan harga nominal maka hal ini disebut agio saham, namun apabila sebaliknya maka hal ini disebut disagio.

Agio saham dan dividen merupakan dua hal yang berbeda walaupun sama-sama terkait dengan selisih harga jual dari suatu saham karena agio akan masuk ke dalam kas emiten sedangkan capital gain merupakan sesuatu yang menguntungkan untuk investor atau pemegang saham.

Bagaimana? Sekarang anda lebih paham bukan apa itu agio dalam saham.

Selain berinvestasi ke dalam bisnis yang ada di pasar modal, anda sekarang juga bisa membeli saham dan berinvestasi ke dalam berbagai privat bisnis potensial yang berada di sekitar anda melalui platform equity crowdfunding.

LandX memberikan anda kesempatan untuk melakukan investasi bisnis ke dalam berbagai bisnis potensial dengan modal kecil.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Menguntungkan Bersama LandX

Hey!!! Follow @landx.id di Instagram untuk Info Terupdate Seputar Investasi Lainnya

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha