Baru-baru ini pemerintah Indonesia baru saja mengenalkan sistem investasi securities crowdfunding sebagai penyempurnaan sistem equity crowdfunding yang sudah terlebih dahulu dirilis sebelumnya.

Sistem ini memberikan kesempatan kepada anda untuk mulai berinvestasi bisnis secara online melalui platform penyelenggara yang akan mempertemukan pihak yang membutuhkan modal dengan investor.

Sistem ini merupakan sistem investasi baru yang sangat memudahkan investor melakukan investasi karena menggunakan sistem online.

Namun sebelum memulai investasi dengan sistem ini sudahkah anda berbagai istilah yang sering digunakan dalam sistem ini? Kalau belum yuk kita bahas beberapa istilah yang sering digunakan dalam investasi ini.


Table of Content


Penerbit

Penerbit merupakan pihak yang membutuhkan pendanaan dari para investor. Penerbit yang ingin melakukan listing bisnis mereka di platform crowdfunding akan mendaftarkan diri mereka melalui platform securities crowdfunding.

Dalam hal ini platform securities crowdfunding akan menyaring terlebih dahulu penerbit yang mendaftar sebelum akhirnya mereka listing kepada para investor.

Karena itu memilih platform securities crowdfunding terbaik akan membantu menemukan bisnis dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Diversifikasi

Diversifikasi merupakan istilah yang digunakan untuk pengalokasian dana yang anda miliki ke dalam beberapa jenis investasi untuk memperkecil risiko kerugian yang terjadi.

Dalam investasi bisnis dengan securities crowdfunding diversifikasi juga bisa dilakukan dengan melakukan investasi ke dalam sektor bisnis yang berbeda, sehingga apabila satu bisnis sedang rugi anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis lain.

Dividen

Dividen merupakan keuntungan yang akan dibagikan kepada para investor secara berkala yang nilainya akan menyesuaikan besar keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis.

Investor akan menerima dividen sesuai dengan besar saham yang mereka miliki. Pembagian dividen akan dilakukan setelah melaksanakan RUPS untuk memutuskan apakah keuntungan akan dibagikan kepada para investor atau digunakan untuk keperluan lain seperti ekspansi bisnis ke dalam pasar yang lebih luas.

Capital Gain

Capital gain merupakan jenis keuntungan lain yang bisa didapatkan investor selain dividen. Capital gain merupakan keuntungan yang akan anda dapatkan saat menjual saham yang anda miliki di pasar sekunder.

Keuntungan akan anda dapatkan dari selisih harga jual saat ini dengan harga beli awal yang anda keluarkan.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan rapat  secara berkala yang mempertemukan para pemegang saham untuk mengambil berbagai keputusan penting terkait dengan perkembangan bisnis.

Selain itu RUPS juga akan membahas akan digunakan untuk apa keuntungan yang telah didapatkan pada periode ini.  

Return on Investment (ROI)

Return on Investment atau ROI merupakan persentase besar keuntungan atau return yang bisa dihasilkan dari investasi yang anda lakukan.

Dalam sistem anda biasanya akan diberikan estimasi ROI dari bisnis yang akan danai.

Dengan melihat estimasi ROI anda jadi bisa memperkirakan berapa besar potensi keuntungan yang bisa anda dapatkan saat mendanai bisnis tersebut.

Listing

Listing merupakan tahap di mana pihak penyelenggara crowdfunding akan merilis pendanaan bisnis kepada publik.

Apabila penerbit yang telah mendaftar memenuhi syarat, maka pihak penyelenggara akan merilis bisnis tersebut kepada publik untuk didanai para investor.

Pihak penyelenggara akan menghimpun dana dari para investor yang nantinya akan disalurkan kepada penerbit agar bisnis dapat cepat beroperasi dan memberikan keuntungan kepada para investor yang sudah menginvestasikan dana mereka.

Pasar Sekunder (Secondary Market)

Saat berinvestasi di equity dan securities crowdfunding, anda akan mendengar istilah pasar sekunder atau secondary market.

Pasar sekunder merupakan tempat anda bisa menjual sekuritas yang anda miliki kepada investor lain di pasar sekunder.

Secondary market memberikan anda kesempatan untuk investor yang ingin berinvestasi pada bisnis tertentu tapi tidak berhasil mendapatkan saham pada listing sebelumnya.

Pasar sekunder ini juga memberikan potensi keuntungan berupa capital gain karena potensi harga jual yang lebih tinggi dibandingkan harga beli awal yang dikeluarkan oleh investor.

Mulai Kembangkan Uang Yang Anda Miliki Lewat Investasi Bisnis Bersama LandX

LandX memberikan anda kesempatan untuk memulai investasi bisnis dengan modal kecil.

Yuk Mulai kembangkan uang anda bersama LandX.


Baca Juga:


Follow Kami Yuk di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Update Terbaru Terkait Investasi

‌#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha