Investor Penerbit
menu-mobile

Ekspansi Bisnis: Memahami Apa Itu Ekspansi Bisnis dan Caranya

10 January 2023

|

6 Min Read

|

Author: Vlora Riyandi
Ekspansi Bisnis dan cara ekspansi bisnis lewat crowdfunding

Ekspansi bisnis adalah aktivitas memperbesar atau memperluas jaringan usaha sebuah perusahaan. Beragam cara untuk dapatkan modal ekspansi.

Strategi bisnis adalah serangkaian rencana, tindakan, dan tujuan yang jelas yang menguraikan bagaimana bisnis akan bersaing di pasar tertentu, atau pasar, dengan produk atau sejumlah produk atau layanan.

Ragam cara pendekatan untuk memutuskan dan menjalankan suatu strategi bisnis. Hal ini bergantung pada tahap atau fase yang telah dicapai bisnis. Bisnis yang mencapai fase pertumbuhan yang stabil cenderung akan mempertimbangkan untuk melakukan strategi ekspansi bisnis. 

Ekspansi adalah fase sebuah bisnis telah mencapai growth yang diinginkan dan mencari celah baru untuk mendatangkan aliran profit tambahan. Ekspansi bisnis adalah aktivitas memperbesar atau memperluas jaringan usaha sebuah perusahaan.

Kenapa Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis dapat dipicu oleh banyak alasan, meskipun umumnya terjadi ketika bisnis Anda mencari opsi tambahan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. Beberapa contoh ekspansi bisnis yang dapat dilakukan:

  • Ekspansi dengan Menciptakan Produk Baru 

Strategi ekspansi ini melibatkan penelitian dan menciptakan produk atau layanan baru. Perusahaan akan berkonsentrasi mengembangkan produk baru dengan mempertimbangkan proporsi nilai yang ada. 

Keuntungan strategi ekspansi dengan menciptakan produk diversifikasi terbaru adalah dapat meningkatkan penjualan. Termasuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang ada maupun menjadi daya tarik bagi pelanggan baru.

  • Ekspansi dengan Perluasan ke Wilayah Baru

Melakukan ekspansi ke lokasi atau wilayah baru dapat menjadi strategi yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Membuka cabang di lokasi baru dapat menawarkan dorongan finansial positif untuk bisnis Anda

Dengan menambah cabang baru juga dapat meningkatkan kapasitas produksi dan memungkinkan bisnis Anda menjangkau pelanggan baru. Pilihlah lokasi dengan basis konsumen yang kuat dan layanan yang ada untuk produk Anda.

Melalui ekspansi ke lokasi strategis baru dapat membuat Anda miliki keunggulan kompetitif karena dapat menancapkan bendera lebih dahulu daripada pesaing.

  • Ekspansi dengan Jalin Kooperasi Bisnis

Strategi ini memerlukan kerja sama dengan pesaing yang berpotensi membangun bersaingan di pasar. Bekerja dengan pesaing memberikan keuntungan bagi kedua perusahaan yang saling berusaha dapatkan keuntungan di pasar yang sama. 

Bentuk kerja sama ini pada umumnya akan memberikan efisiensi operasional serta memperluas potensi pasar bagi kedua pesaing . Kerja sama dapat berupa konsolidasi unit bisnis (merger atau akuisisi), asosiasi atau aliansi strategis, dan kemitraan joint venture.

  • Ekspansi ke Pasar Internasional

Jika Anda melihat peluang ekspansi dirasa kecil di dalam negeri, melirik pasar luar negeri dapat menjadi hal yang menarik. Metode ini melibatkan penciptaan pasar baru untuk menawarkan nilai bisnis dengan melihat ke luar negara terdekat. 

Umumnya, untuk ekspansi ke pasar internasional dapat dilakukan melalui pendekatan strategis yang berfokus pada penawaran produk atau layanan di negara asing tanpa modifikasi diferensiasi.

Strategi lainnya terdapat strategi multidomestik dengan melibatkan modifikasi atau diferensiasi produk agar menarik atau lebih cocok untuk pasar luar negeri. Adapun global dengan melakukan ekspor produk dan mendapatkan lisensi resmi.

Manfaat Ekspansi Bisnis

Tentu motif mendapatkan keuntungan dengan ekspansi menjadi hal lumrah. Dengan ekspansi bisnis juga perusahaan Anda dapat menjaga tingkat persaingan dengan hadir di berbagai kota. Namun, ada banyak manfaat dan keuntungan melakukan ekspansi bisnis, di antara lain sebagai berikut:

  • Menarik Pelanggan Baru di Pasar Baru 

Basis pelanggan mungkin sudah besar sehingga banyak pelanggan dari luar kota yang berdatangan dan outlet Anda belum dapat menampung semua pelanggan secara nyaman. 

Oleh karena itu, kehadiran cabang bisnis Anda di lokasi atau pasar baru tentu akan menarik pelanggan yang lebih besar dan beragam. Serta melindungi bisnis dari ketergantungan berlebihan pada satu lokasi.

  • Kesempatan Meningkatkan Branding 

Salah satu keuntungan penting dari mengembangkan bisnis adalah membuat perusahaan Anda terlihat menarik karena memiliki lebih dari 1 cabang. Meningkatkan rasa penasaran pelanggan dan brand awareness perusahaan.

  • Diversifikasi Sebagai Bentuk Perlindungan 

Memasuki pasar baru menjadi bentuk perlindungan bisnis jika salah satu bagian dari bisnis Anda terkena dampak perubahan pasar. Rasa khawatir dapat dikendalikan karena dapat mengandalkan aliran pendapatan dari cabang lainnya.

  • Raih Competitive Advantage

Dengan menjalankan strategi rilis produk baru maupun ekspansi bisnis ke wilayah baru dapat menjadi keuntungan. Jika produk bisnis Anda belum pernah hadir sebelumnya di wilayah yang ditargetkan, Anda dapat memulai kompetisi lebih awal. 

Wilayah atau sebuah pasar baru memiliki peluang baru. Produk yang bisnis Anda tawarkan selaras dengan target pasar membuat Anda miliki keuntungan sebagai penggerak utama. Serta, menjadi destinasi utama dan memiliki ketenaran lebih dulu.

Kriteria Bisnis Dapat Melakukan Ekspansi

Data laporan keuangan perusahaan Anda sendiri dapat menunjukkan jawaban apakah bisnis Anda layak untuk ekspansi. Akankah menjadi keuntungan atau kerugian jika mengembangkan bisnis. 

Indikator berdasarkan data laporan keuangan yang menunjukkan laba tentu dapat mengindikasikan bahwa bisnis Anda berada di jalur pertumbuhan yang berkelanjutan. Dan menyatakan bahwa ‘sekarang’ adalah waktu yang tepat untuk menuai manfaat dari perluasan bisnis.

Berikut beberapa kriteria sebuah bisnis dapat melakukan ekspansi:

  • Produk dan layanan semakin diminati
  • Laporan keuangan menunjukkan posisi keuntungan telah kuat selama beberapa tahun
  • Biaya dan beban perusahaan terkendali secara konsisten
  • Perusahaan memiliki sumber daya yang tersedia (keuangan, personel, material)

Penting untuk memahami semua hal ini sebelum memutuskan ekspansi agar dapat menuai hasil yang diharapkan. 

Cara Mendapatkan Pendanaan Ekspansi Bisnis

Setelah mengetahui kenapa perusahaan perlu melakukan ekspansi, tentu yang dibutuhkan untuk dapat melanjutkan langkah selanjutnya adalah dana. Bagaimana cara mendapatkan modal ekspansi bisnis?

Perusahaan Anda dapat mendapatkan pendanaan bisnis dengan beberapa cara mulai dari modal sendiri hingga cari investor.

1. Bootstrapping 

Bootstrapping adalah situasi di mana seorang pengusaha memulai sebuah perusahaan dengan modal kecil, mengandalkan uang selain dari investasi luar. Bootstrapping juga mengacu pada proses pengusaha dalam menumbuhkan perusahaannya tanpa bantuan eksternal.

Hal ini berarti seluruh modal perusahaan berasal dari pemilik bisnis. Hal ini bertujuan agar semua kendali terhadap perusahaan ada ditangan pemilik tanpa pengaruh eksternal.

Contoh perusahaan yang melakukan bootstrapping cukup banyak seperti perusahaan manufaktur kamera dan software yaitu GoPro. GoPro juga melanjutkan menawarkan sahamnya secara publik di NASDAQ (bursa saham Amerika) untuk dapat lancarkan ekspansi lebih luas lagi.

2. Pendanaan Usaha Bank

Berbagai lembaga keuangan bank banyak yang memiliki program pendanaan usaha dengan tujuan ekspansi bisnis. Pendanaan yang akan didapat berbentuk program pinjaman modal atau kredit. Oleh karena itu, perusahaan yang boleh mengajukan telah berjalan, bukan akan memulai.

Bentuk program pendanaan bisnis yang disediakan bank yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Setiap bank memiliki produk KTA dengan ketentuan dan syarat masing-masing. Kunjungi laman setiap bank untuk dapat membandingkan lebih lanjut.

Baca juga: Cara mendapatkan modal usaha 2022

3. Mencari Investor

Anda dapat membuat presentasi terkait perusahaan Anda dan menawarkan porsi saham kepada pemilik modal. Anda dapat menjalin koneksi dengan sebuah komunitas atau mengirimkan email proposal kepada venture capital.

Dengan menawarkan value perusahaan Anda didampingi kinerja perusahaan selama ini akan dapat meningkatkan kesempatan perusahaan Anda dilirik untuk didanai. Cara ini tentu tidak mudah, karena Anda akan bersaing dengan pemilik bisnis lain dengan ide  inovatif lainnya.

4. Equity Crowdfunding

Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah dengan menawarkan saham perusahaan Anda kepada masyarakat melalui sistem equity crowdfunding. Equity crowdfunding adalah skema pendanaan usaha dari masyarakat luas dengan bentuk kepemilikan saham.

Anda dapat menawarkan saham perusahaan Anda kepada masyarakat melalui platform equity crowdfunding. Sebagai pemilik bisnis Anda bisa mendapatkan modal dengan mudah dengan waktu yang efisien (sekitar 45 hari) dan berkomunikasi dengan investor.

Investor equity crowdfunding dapat berinvestasi dengan modal kecil untuk membantu proyek perusahaan menjalankan strategi ekspansi dan mendapat imbal hasil berupa dividen. Dividen dibagikan oleh perusahaan dari profit operasional proyek yang dijalankan.

Setelah mengetahui alasan sebuah perusahaan melakukan bisnis, apakah perusahaan Anda sudah di tahap siap untuk menjalankan ekspansi bisnis? Dengan ekspansi bisnis, perusahaan Anda dapat menjangkau pasar lebih luas sembari meningkatkan value perusahaan.

Banyak cara untuk dapatkan modal untuk ekspansi bisnis Anda, mulai dari dana sendiri hingga mendapatkan pendanaan dari investor. Pertimbangkan dengan penuh tanggung jawab pilihan Anda nantinya, terutama jika menjalin kerja sama dengan investor yang mendanai perusahaan Anda.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menjalin kerja sama dengan para pemilik modal?

Dapatkan Modal Ekspansi Bisnis Mudah dan Efisien Lewat LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga