menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Kesehatan Keuangan: Apa yang Dimaksud Financial Checkup dan Manfaatnya

Monday, 19 Sep 2022

Read in 5 minutes

Author: Rafa Syawalia R
Financial Checkup: Manfaat Cek Kesehatan Keuangan

Kesehatan keuangan yang baik seperti apa sih? Financial health adalah kondisi di mana uang atau aset lebih besar dari jumlah pengeluaran. Yuk, simak artikel ini untuk melakukan financial checkup kamu.

Berbicara mengenai literasi keuangan yang baik, dalam meningkatkan pengetahuan seputar keuangan kita perlu loh untuk melakukan financial check up sebagai bagian dari kondisi kesehatan finansial kita. Secara ringkas kesehatan finansial adalah kondisi di mana jumlah aset lebih banyak daripada utang.

Nah, untuk itu kita perlu melakukan financial check up agar kebugaran uang kita terjaga.

Sebenarnya, apa yang dimaksud kesehatan finansial? Bagaimana pentingnya melakukan financial check up dalam kegiatan yang berkaitan dengan keuangan? Maka dari itu, simak artikel ini baik-baik yuk!

Pengertian Financial Health

Sibuknya era modern ini, kadang-kadang membuat sebagian orang atau diri kita sendiri lupa untuk berhenti sejenak untuk melakukan peninjauan dalam melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Pasalnya, memiliki siklus finansial yang ideal sangat disayangkan jika tidak melakukan financial check up secara berkala.

Kita perlu tahu bahwa kesehatan merupakan hak untuk semua orang, begitu pula dengan kesehatan keuangan. Kesehatan finansial seseorang akan memengaruhi semua aspek dalam kehidupannya. Jika hal tersebut dibiarkan, maka perencanaan keuangan yang sudah terbentuk akan terganggu juga.

Financial health atau kesehatan keuangan adalah kondisi keuangan seseorang yang mampu mengelola pendapatannya dengan baik atau memiliki aset yang lebih besar daripada jumlah utang yang dimilikinya. Maka dari itu, kita perlu mengetahui atau sekadar mengecek kembali kondisi finansial kita.

Apa yang Dimaksud dengan Financial Check Up?

Mengutip dari laman The Balance, pengertian financial check up adalah kesempatan seseorang untuk melakukan pemeriksaan kembali kondisi keuangan selama 12 bulan terakhir dan memastikan dana yang dikeluarkan berada dalam track yang sesuai pada financial planning orang tersebut.

Dalam melakukan financial check up juga, ada hal-hal yang perlu diperiksa ketika melakukan cek kesehatan keuangan seperti utang, aset yang dimiliki, aset lancar, cashflow, dan tabungan. Namun sebelumnya, perlu dipastikan kembali bahwa dana darurat yang kamu miliki juga masih aman ya. 

Cara Cek Kesehatan Keuangan

Untuk menentukan keuangan kamu sehat atau tidak, ada beberapa komponen dalam finansial yang menentukan keuangan seseorang tidak sehat diantaranya, 

1. Selisih jumlah utang dan aset

Kamu bisa menentukannya dengan membagi jumlah utang, seperti cicilan kendaraan, atau kartu kredit. Lalu, berapa banyak aset yang kamu miliki? Aset adalah harta kekayaan yang kamu punya saat ini seperti tabungan, investasi, logam mulia, properti dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki jumlah utang yang lebih banyak, ditampah pinjaman online dari mana saja, kemudian tidak memiliki tabungan sama sekali maka perlu dievaluasi lagi. 

2. Menghitung cash flow

Selain menghitung dengan menentukan seberapa banyak jumlah aset dan utang, kamu bisa mengukur kesehatan keuangan kamu dengan menghitung cash flow.

Apa itu cash flow? Cash flow adalah laporan keuangan mengenai keluar dan masuknya uang. Seseorang yang melakukan perencanaan keuangan memerlukan laporan khusus untuk mencatat keluar dan masuknya uang. Kamu bisa mencobanya dengan menggunakan aplikasi catatan di gawai masing-masing.

Dengan demikian, kamu dapat mengidentifikasi apakah pengeluaran kamu lebih besar dari pemasukan atau pengeluaran kamu tidak begitu banyak? Berapa banyak dana darurat yang kamu miliki dari pendapatan kamu? Perlu diketahui bahwa jumlah dana darurat akan dianggap cukup apabila nominalnya lebih dari 6 kali pendapatan kamu. Jika dana darurat yang alokasikan tidak mengganggu kebutuhan kamu, maka kamu bisa menentukan bagaimana kesehatan finansial kamu sendiri.

Manfaat Financial Check Up

Sejatinya, financial check up adalah kegiatan untuk memantau kesehatan finansial seseorang secara berkala. Memeriksa finansial secara berkala ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keuangan tersebut sehat atau dalam kondisi yang perlu evaluasi dan perencanaan keuangan yang baik.

Berikut merupakan manfaat financial check up diantaranya:

  • Dengan melakukan financial check up secara rutin, kamu dapat mengetahui pengeluaran kamu secara detail. Kamu bisa meninjau ulang kembali pengeluaran kamu apakah uang yang dikeluarkan untuk membeli hal-hal berguna atau tidak?
  • Selain itu kamu bisa mencapai tujuan finansial kamu dengan melakukan perencanaan dan perhitungan ketika melakukan alokasi pendapatan kamu. Peninjauan ulang kembali ini bisa menjadi cara untuk melakukan strategi meraih tujuan finansial kamu. 
  • Selain itu juga, manfaat financial check up adalah membatasi pengeluaran kamu. Dengan perhitungan selama setahun terakhir, kamu bisa membuat komitmen dengan diri sendiri untuk supaya lebih hemat dan keuangan terkendali dengan baik.
  • Melakukan financial check up dapat membantu kamu dalam pengelolaan dana darurat. Level minimal mengalokasikan dana darurat sebanyak 6 kali gaji, untuk level aman dalam dana darurat adalah 12 kali gaji.

Tips untuk Memastikan Kondisi Keuangan Sehat

Kesehatan keuangan merupakan indikator seseorang ketika mengelola harta dan uangnya. Ketika seseorang berada di kondisi sehat secara finansial, maka tujuan finansialnya akan mudah dicapai, keterampilan mengelola keuangan pun menjadi lebih baik, serta mendapatkan kesempatan untuk merambah potensi kehidupan dengan aman dan tenang.

Berbagai cara dan rumus kesehatan keuangan tersedia untuk mengetahui ke mana saja dana yang kita gunakan dan mengidentifikasikan kebutuhan yang tidak terlalu penting. Misalnya kamu bisa menggunakan rumus keuangan sehat dengan metode budgeting 50/30/20 atau metode piramida keuangan untuk mencapai tujuan finansial kamu.

Namun secara umum dalam melakukan perencanaan keuangan, tips utama untuk mengetahui kesehatan keuangan sendiri, kurang lebih terdapat tiga komponen utama yaitu, melakukan pencatatan masuk dan keluarnya dana yang kamu miliki, memperhatikan alokasi uang kamu, termasuk dengan dana darurat dan menentukan tabungan atau melakukan investasi.

Dengan berinvestasi, kamu akan memiliki aset serta keuntungan dari investasi tersebut. Namun, kegiatan investasi sendiri adalah kegiatan yang memiliki risiko. Maka dari itu kamu perlu menyesuaikan kemampuan kamu dan kondisi keuangan kamu ketika memilih instrumen investasi.

Jika Anda ingin berinvestasi minim risiko, maka skema equity crowdfunding cocok untuk kamu yang masih pemula dan ingin mendapatkan passive income. Equity crowdfunding adalah kegiatan menghimpun dana dari sejumlah orang untuk mendanai bisnis potensial dan mendapatkan keuntungan bagi hasil atau dividen.

Investasi crowdfunding sendiri merupakan investasi jangka panjang juga loh, selain itu dengan sistem crowdfunding, kamu menjadi pemilik bisnis yang kamu danai tadi tanpa perlu terlibat dalam pengelolaan bisnis juga.

Perlunya platform crowdfunding yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan, terpercaya dan berpengalaman mendanai bisnis potensial di berbagai sektor industri seperti LandX sehingga investasi kamu dijamin aman.

Yuk, Kelola Finansial Kamu dengan Miliki Bisnis Potensial Sekarang Juga!