Manfaat dan Keuntungan Investasi Properti atau Real Estat

Keuntungan investasi properti. Investasi properti adalah salah satu dari banyak jenis instrumen investasi yang terus diminati oleh masyarakat Indonesia. Alasannya adalah bahwa investasi properti dianggap lebih stabil dan aman dan menghasilkan keuntungan yang sangat signifikan dalam jangka panjang.

Namun, masih ada orang yang tidak begitu yakin dengan industri investasi properti atau real estat. Sekalipun diperdalam, sektor real estat, terutama apartemen, menjadi peluang yang sangat menguntungkan, baik secara finansial maupun riil, seperti kemungkinan untuk investasi lebih lama.

Jika Anda masih enggan berinvestasi di properti atau real estat pada tahun 2019, berikut adalah keuntungan investasi properti yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memulai.

Manfaat dan Keuntungan Investasi Properti

Cenderung berisiko rendah

Alasan pertama mengapa investasi properti begitu menjanjikan, terutama pada 2019, adalah risiko rendah. Banyak yang mengatakan bahwa jika investasi properti melibatkan risiko tinggi, tidak demikian halnya jika Anda mengelolanya dengan baik. Bahkan, tingkat risiko investasi properti rendah karena pergerakannya tidak terlalu sensitif, seperti yang ditemukan dalam investasi ekuitas.

Jika ada penurunan, harganya tidak sedrastis mata uang dan instrumen investasi lainnya. Itu sebabnya investasi properti atau real estat sangat cocok untuk investor yang ingin berinvestasi dengan tingkat risiko rendah. Terutama untuk investor pemula. Di sini Anda dapat berinvestasi dalam properti seperti rumah dan apartemen di kota-kota besar yang semakin diminati oleh banyak orang.

Memiliki nilai tambah

Keuntungan kedua dari investasi properti, tidak seperti investasi lainnya, adalah memiliki nilai tambah yang menguntungkan. Misalnya, jika properti itu terletak di lokasi yang strategis, harga jelas akan meningkat. Jika Anda memiliki properti di lokasi yang strategis ini, harga pembeli atau penyewa tidak akan menjadi satu-satunya yang mempertimbangkan pilihan properti Anda.

Saat ini, banyak apartemen dibangun yang mengutamakan konsep Transit Oreinted Development (TOD). Konsep ini menggabungkan akomodasi yang strategis dan nyaman dengan kehadiran akses angkutan umum yang dekat dan memadai.

Selain konsep apartemen yang dekat dengan transportasi umum dan layanan publik, desain yang diusulkan adalah nilai tambah lain dari apartemen atau pekerjaan lainnya. Banyak pembeli dan penyewa, terutama ribuan tahun, masih mempertimbangkan untuk merancang apartemen dengan fitur modern dan elegan. Kehadiran elemen modern, selain meningkatkan nilai tambah, juga menghadirkan kenyamanan dan kehangatan bagi penghuni apartemen.

Produk keuangan

Jika Anda memilih investasi properti, keuntungan investasi properti Anda akan mendapatkan penghasilan finansial dari penjualan atau sewa properti. Investasi properti dapat berupa rumah, tanah, toko, apartemen, bangunan butik / kios dan banyak jenis investasi properti lainnya. Harga sewa atau harga jual properti ditentukan oleh harga pasar.

Bandingkan dengan investasi keuangan. Penghasilan yang Anda peroleh sebagai investor adalah dalam bentuk bunga. Sedangkan jika bentuk investasi finansial Anda adalah saham, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan adalah dividen yang akan dibayarkan setiap tahun. Sebagai kesimpulan, manfaat dan keuntungan investasi properti yang diperoleh jauh lebih pasti dan lebih penting karena setiap kali nilai properti meningkat. Apalagi mengingat semakin banyaknya aplikasi dan situs properti setiap saat.

Memiliki potensi peningkatan investasi

Karena sifatnya yang langka atau terbatas, harga proiperti, seperti tanah dan bangunan, tentu akan terus meningkat relatif terhadap harga properti lainnya. Sesuatu yang langka akan mempengaruhi nilai ekonomi dari produk itu sendiri. Anda membandingkannya dengan investasi keuangan seperti saham. Nilai harga saham akan meningkat jika kinerja perusahaan dianggap baik. Tetapi jika kinerja perusahaan buruk, nilai harga saham akan menurun.

Ada perlindungan terhadap inflasi

Tingkat kenaikan harga properti setiap tahun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat inflasi.

Mudah diamankan di bank

Jika Anda membutuhkan dana baru dari bank, Anda dapat mendaftar dengan menjamin properti yang Anda miliki. Kepemilikan adalah jaminan utama yang dapat memfasilitasi pengajuan dana pinjaman karena dianggap sebagai aset yang menguntungkan.

Pengumpulan aset lebih cepat

Dengan perhitungan yang tepat dan didukung dengan kemampuan finansial yang memadai, Anda dapat memiliki banyak properti secara bersamaan dengan modal minimal. Dengan menggunakan fasilitas pinjaman hipotek, Anda dapat membeli beberapa properti dengan menyediakan dana hanya 20%.

Investasi jangka panjang

Dibandingkan dengan deposito, emas, atau investasi lainnya, properti ini berkelanjutan. Bisnis properti memiliki rata-rata investasi 3 hingga 5 tahun. Yaitu, setelah 3 sampai 5 tahun, perubahan nilainya cukup untuk menghasilkan capital gain (perbedaan antara harga beli dan harga jual).

Dalam mempertimbangkan peluang keuntungan investasi properti ini, kita harus memikirkan tentang investasi non-fatal ini. Terutama jika Anda dapat melihat area yang cenderung mengalami perkembangan pesat di bidang ekonomi dan komersial. Area yang siap berkembang dalam waktu dekat mungkin menjadi pilihan terbaik untuk investasi properti Anda.