Berdasarkan pengertiannya, investasi merupakan menanam modal di perusahaan tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya adalah investasi deposito, investasi emas, saham, maupun investasi properti. Dari beragam jenis investasi, masing-masing mempunyai keuntungan yang berbeda-beda. Dari beberapa jenis investasi, investasi properti termasuk yang paling menguntungkan. Tidak mengherankan jika masyarakat beralih ke investasi jenis ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Meskipun demikian, investasi properti membutuhkan dana yang besar karena harga properti pun sama besarnya.


Mengenal Lebih Jauh Investasi Properti Paling Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin investasi properti, diperlukan persiapan terlebih dahulu. Modal adalah persiapan pertama, kemudian pemahaman akan dunia investasi, dan pengelolaan properti yang akan diinvestasikan. Persiapan tersebut jika sudah Anda pahami sedetail mungkin akan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi properti, seperti poin-poin di bawah ini. Silakan disimak baik-baik.

• Rendah Risiko

Walaupun uang/dana yang digunakan lumayan besar untuk berinvestasi properti, tetapi risiko yang Anda peroleh nantinya cukup kecil. Investasi properti tidak mempunyai risiko sebesar investasi saham. Hal tersebut dikarenakan pergerakan nilai properti tidak secepat saham. Jika saham berpatokan dengan kondisi pasar yang pasti mengalami naik-turun, sedangkan investasi properti pergerakannya cenderung stabil. Dengan demikian investasi sektor properti sangat cocok untuk Anda lakukan.

• Mempunyai Nilai Plus

Properti menjadi nilai plus yang cenderung besar nominal yang didapatkan. Nilai plus berasal dari pengembangan bangunan, yang dibangun di atas tanah kosong. Lantas, bisa Anda gunakan untuk memperoleh keuntungan yang besar. Misalnya, Anda membangun sebuah café di tanah kosong yang mempunyai letak strategis dengan akses fasilitas. Selain itu, bangunan Anda desain dengan tampilan yang menawan, baik dari pemilihan cat, tata ruang, hingga arsitektur yang dibuat semenarik mungkin. Dengan begitu, usaha café akan memberikan keuntungan yang besar. Terlebih, letak properti (café) tersebut strategis, pasti harga sewa akan berbeda dengan properti yang terletak kurang strategis.

• Mempunyai Keuntungan yang Meningkat Setiap Tahunnya

Properti akan mempunyai nilai yang bertambah dari tahun ke tahun. Keuntungan itu Anda dapatkan dari biaya sewa/kontrak. Tidak bisa dipungkiri lagi jika setiap tahun properti, seperti bangunan, akan mengalami peningkatan harga sewa karena kelangkaan lahan. Tidak hanya itu, untuk penjualannya, properti akan terus merangkak naik saban tahun karena mengikuti pergerakan zaman dan nilai tukar rupiah. Keuntungan tersebut tidak berhenti di situ aja, investasi properti akan menjadi salah satu aset berharga di kala pensiun atau berusia senja. Ketika Anda mengalokasikan dana di masa muda melalui cara ini, maka di masa yang akan datang Anda bisa menuainya.


• Bisa Digunakan untuk Agunan

Bagi Anda yang sudah berinvestasi properti, maka bisa Anda jadikan sebagai pengajuan pinjaman (agunan). Keuntungan investasi ini akan lebih mudah memperoleh pinjaman. Melalui cara angunan ini, Anda bisa mengalokasikannya dengan berinvestasi lagi ke properti lainnya. Soal pengembalian uang, Anda tidak perlu khawatir karena dari investasi properti Anda bisa balik modal. Hanya saja, diperlukan perhitungan yang cermat, khususnya soal jumlah pinjaman dengan keuntungan yang Anda peroleh saban bulan.


• Bisa Dijadikan Pendapatan Tetap

Bahwa investasi properti bisa memberikan keuntungan besar. Dengan begitu, Anda mendapatkan pekerjaan tetap dengan mengalokasikan setiap properti berpenghasilan sewa yang ingin diinvestasikan.

Jika sudah membaca keuntungan di atas, rasanya Anda mulai tertarik tanam modal jenis ini. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau investasi properti paling menguntungkan dari jenis investasi lainnya. Keuntungan akan Anda peroleh jika mengunduh platform LandX. LandX hadir sebagai tempat terbaik mengalokasikan investasi properti sebaik-baiknya. Dengan begitu, keuntungan bisa didapatkan lebih mudah lagi.