Kopi KenanganUnicorn F&B pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Status ini diraih setelah Kopi Kenangan mendapat pendanaan Seri C tahap pertama senilai $96 juta atau setara Rp 1,3 triliun.

Mengusung konsep grab-and-go, Kopi Kenangan menjadi salah satu coffee-chain dengan pertumbuhan brand tercepat. Menghadirkan kopi lokal Indonesia dengan penyajian yang high-quality ke seluruh wilayah Indonesia dan jangkauan luar.

Kopi Kenangan menggunakan biji kopi asli dari Indonesia yang ditanam oleh petani lokal. Salah satu biji kopi yang digunakan berasal dari daerah Banjarnegara, hal ini dapat terlihat dari penjelasan singkat varian menunya di salah satu aplikasi pesan-antar makanan.

Kopi  Kenangan mengakhiri tahun ke-4 operasinya dengan gelar unicorn. Seluruh gerai dari Kopi Kenangan yang merupakan milik pribadi ini diakui sebagai brand yang memiliki inovasi disruptif, berteknologi tinggi, dan berfokusi pada konsumen.

Funfact: Unicorn adalah sebutan dalam dunia venture capital untuk perusahaan startup yang memiliki valuasi lebih dari $1 miliar.

Karena itu, yuk kita bahas lebih dalam tentang perkembangan bisnis satu ini dan bagaimana potensinya dalam jangka panjang.


Table of Content


Owner Kopi Kenangan

Pesatnya perkembangan Kopi Kenangan tidak lepas dari olahan tangan pendirinya, salah satunya Edward Tirtanata selaku CEO Kopi Kenangan. Edward Tirtanata adalah lulusan Northeastern University yang pernah mengembang kuliah di keuangan dan akuntansi.

Edward sempat bekerja di kantor konsultan Ernst & Young di Jakarta selama 6 bulan. Menyibukkan diri dengan bisnis pribadi, suatu saat Edward terpaku pada antrean panjang orang yang ingin membeli produk satu ini. Inilah awal Edward terpikirkan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

Bersama rekan-rekannya, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa selaku co-founder, mereka memulai langkah besar di tahun 2017.

Masih mengembangkan model bisnis secara bersama sampai hari ini, James Prananto bertindak sebagai Chief Business Development Officer. Serta secara strategis, Cynthia Chaerunnisa sebagai Chief Marketing Officer dari brand yang memiliki kantor headquarter di Jakarta Selatan ini.

Perkembangan Kopi Kenangan

  • 2017 – Perusahaan yang bergerak di bidang minuman ini telah hadir di tahun 2017 meramaikan tren kopi kekinian di Indonesia. Menyajikan menu berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau yang mampu menyaingi brand internasional serta brand lokal yang parkir di  warung-warung. Gerai pertama Kopi Kekinian awalnya terdapat di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.
  • 2018 – Kopi Kenangan pertama kali mendapat suntikan modal pada tahun 2018 dari JWC Ventures sebesar $1 juta.
  • 2019 – Kembali diterpa modal jumlah besar, pada tahun 2019 Kopi kenangan mendapat pendanaan dari venture capital Sequoia India. Bisnis F&B satu ini juga membuat berita geger dengan mendapatkan suntikan dana dari modal ventura rapper Amerika Jay-Z, serta berbagai atlet internasional.
  • 2020 – Khawatir dengan pandemi, pihak Kopi Kenangan sempat lesu mengatakan akan mengalami kerugian layaknya bisnis F&B di tahun tersebut. Namun, bisnis ini ternyata mampu menuangkan 30 juta gelas kopi yang terjual laris.
    Tips Kopi Kenangan bisa sukses di kala pandemi adalah dengan segera menyesuaikan dengan kondisi. Tidak semata menyosor ke pusat perbelanjaan lagi, gerai binsis ini pun dibuka di berbagai lokasi yang dekat dengan pemukiman. Serta, memaksimalkan kehadiran dan penawaran yang menarik secara online.
  • 2021 – Tumbuh melejit dengan segala ketenaran dan kelancaran dana, Kopi kenangan telah membuka gerai dengan total lebih dari 500 gerai di Indonesia. Seluruh gerai bisnis ini mampu menyerap lebih dari 3.000 tenaga kerja.

    Di tahun ini juga Kopi Kenangan meluncurkan brand makanan dan minuman terbaru di bawah naungannya yaitu, Cerita Roti. Cerita Roti yang menemani sajian minuman Kopi Kenangan menjadi langkah awal dari Kopi Kenangan memperluas jangkauannya.
  • Rencana Kopi Kenangan tahun 2022 – Berangkat dengan status unicorn, Kopi Kenangan kian agresif targetkan 1.000 gerai di tahun 2022 dan ekspansi ke berbagai negara di Asia Tenggara. Berkeinginan menjajal menjadi perusahaan publik, pihak Kopi Kenangan positif dapat melantai di bursa saham di tahun berikutnya.
Funfact: Istilah unicorn digunakan pertama kali di tahun 2013 oleh Aileen Lee dari Cowboy Ventura. (Investopedia)

Baca Juga:


Varian Kopi Kenangan

Apa saja varian menus dari bisnis satu ini? Pamor Kopi Kenangan sendiri sebenarnya juga tidak lepas dari kata unik dan viral. Tak ayal, penggunaan bahasa Indonesia pada pengenalan produknya membuat orang terkesan.

Seperti menu representatifnya, kombinasi kopi susu gula aren dengan nama Kopi Kenangan Mantan yang membuat orang kepikiran dengan kenangan pahit manis masa lalunya.

Vairan menu lainnya yang juga wajib coba ada avocado coffee, berbagai jenis latte dengan sirup spesial, kopi kelapa, serta salted caramel macchiato.

Selain kopi, sajian minuman lainnya juga ada berbagai jenis varian teh, teh susu, serta racikan coklat. Beberapa menu rekomendasi non-coffee yang bisa dicicipi ada hazelnut choco milk tea, milk tea, Marie Regal shake, Jasmine earl grey tea serta raspberry hibiscus lemon tea.

Kopi Kenangan juga beberapa kali melakukan gebrakan dengan berkolaborasi (co-branding) dengan tokoh dan brand populer:

  • Kolaborasi Kenangan yang luncurkan varian Sultan Boba dan gandeng Hotman Paris.
  • Bersama brand kecantikan lokal, Somethinc dan Kenangan rilis varian produk skin care yang menggunakan bahan dasar kopi. Produk tersebut ialah coffeeinc body scrub dan coffeeinc lip scrub.
Funfact: Kolaborasi  (co-branding) dari dua brand atau lebih memiliki tujuan memperkuat kehadiran brand dan meningkatkan pangsa pasar.

Siapa Investor Kopi Kenangan

Kopi Kenangan jadi unicorn di Indonesia, siapa investornya?

Perkembangan brand ini  semakin kuat karena mendapat suntikan dana dari berbagai pihak. Beberapa modal ventura yang mendanai Kopi Kenangan ialah Sequoia India, Arrive, Serena Ventures dan Alpha JWC Ventures.

Terdapat juga musisi sekaligus rapper Amerika Jay-Z yang merupakan suami dari penyanyi populer Beyoncé yang ikut mengguyurkan dananya lewat modal venturanya, Roc Capital.

Hal ini menjadi buntut baru rentetan startup bergelar unicorn di Indonesia. Bersama Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, OVO, J&T Express, Xendit, dan Ajaib.

Lihat kisah sukses bisnis F&B lokal satu ini jadi tertarik punya usaha FnB juga, nih. Apa Anda juga?

Ada caranya ga ya untuk bisa ikut investasi juga di kedai kopi potensial?

Hmm, kalau bisnisnya melakukan penawaran saham perdana (IPO) sih bisa, tapi mungkin butuh waktu yang cukup lama. Bisnis potensial yang menawarkan sahamnya dengan sistem crowdfunding sepertinya bisa jadi pilihan.

Crowdfunding adalah sistem urun dana untuk penggalangan modal sebuah bisnis yang dikumpulkan dari masyarakat. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah persentase dividen yang disetujui.

Pspspss.. Bakal ada project seru di LandX.id, nantikan kabarnya melalui website serta sosial media LandX juga, ya!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Informasi Menarik Lain Seputar Investasi? Yuk Kunjungi Instagram Kami di @landx.id


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis