Perjalan LandX Selama Tahun 2021 

Perjalanan LandX membangun fintech platform investasi online demi kemudahan UMKM Indonesia berkembang dan akses investasi semudah berbelanja online.

Walaupun krisis pandemi masih berkembang, fenomena ini tidak membuat geliat bisnis teknologi redam. Khususnya industri finansial teknologi (fintech) menunjukkan perkembangan dan secara historis terus tumbuh sejak 5 tahun ke belakang.

Fintech adalah penggunaan sebutan untuk berbagai layanan keuangan yang digitalisasi. Infrastruktur digital memungkinkan prosedur baru yang lebih singkat di bidang perbankan klasik seperti pinjaman, investasi, dan pembayaran.

Laporan State of Finance App Marketing edisi 2021 melalui Appsflyer, Indonesia dinyatakan menempati posisi ketiga dari 15 negara lainnya dengan instalasi aplikasi keuangan terbanyak. Terlihat masyarakat Indonesia telah mulai menyerap penggunaan teknologi pada bidang keuangan mereka.

Berbagai aturan era new normal yang membuat masyarakat harus mengadopsi dan menyesuaikan diri. Salah satunya dengan aturan contactless dan cashless. Pemain fintech yang telah mengadopsi dan mengaplikasi teknologi ini semakin diuntungkan di kala pandemi.

Ekosistem fintech di Indonesia terbagi dalam berbagai sektor, yaitu sektor keuangan, non-keuangan, serta di pasar modal dengan equity crowdfunding, security crowdfunding, dan berbagai platform penjualan instrumen pasar modal.

Fintech yang berjalan di sektor pasar modal dan memberi akses lebih mudah untuk masyarakat berinvestasi adalah dengan melalui sistem crowdfunding. Crowdfunding adalah kegiatan penggalangan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu atau masyarakat untuk membiayai suatu usaha bisnis.

Perjanalan LandX Selama 2021

LandX menjadi pemimpin industry pendanaan equity crowdfunding di Indonesia

LandX mengakhiri tahun 2021 dan merayakan 1 tahun LandX berlisensi equity crowdfunding dengan capai posisi terdepan di industri crowdfunding.

Crowdfunding adalah sistem urun dana berbasis teknologi sebagai modal suatu bisnis dari sejumlah besar orang atau masyarakat. Keuntungan dari berinvetasi crowdfunding adalah imbal hasil berupa dividen. Di LandX, sistem urun dana ini dikenal dengan patungan bisnis.

Pada awal tahun 2022 ini LandX muncul sebagai salah satu penyelenggara crowdfunding terpopuler di Indonesia. Hal ini terlihat pada logo LandX yang muncul pada acara Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2022 oleh Ketua Dewan Komisaris OJK, Wimboh Santoso.

LandX merupakan platform Equity Crowdfunding yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). LandX.id bertindak sebagai penyelenggara layanan urun dana (crowdfunding) yang mempertemukan pengusaha dengan pemodal.

LandX hadir dalam rangka mendukung program pemerintah untuk membangun dan mengembangkan UMKM di Indonesia. Melalui LandX, para pengusaha UMKM mampu menjawab permasalahan utama yaitu kendala modal dalam mengembangkan usahanya.

Bersama LandX, para UMKM dan pemilik berbagai sektor bisnis mampu merealisasikan ide dan tujuan bisnisnya lebih efisien.

Melalui platform crowdfunding yang ditawarkan LandX, seluruh masyarakat Indonesia berkesempatan menjadi investor. Berinvestasi yang dulunya hanya bisa diakses kalangan tertentu, kini dapat dengan mudah hadir di smartphone masing-masing.

Berangkat dengan tema pertama yaitu “Investasi Semudah Belanja Online”, LandX menginginkan setiap pengguna internet Indonesia dapat memahami skema investasi lebih mudah.

Selayaknya belanja online yang rutin dilakukan, diharapkan masyarakat Indonesia mulai menabung dalam bentuk investasi secara rutin juga. Karena manfaat berinvestasi yang lebih menguntungkan daripada menabung.

Funfact: Didominasi milenial, investor di Indonesia tumbuh hingga 6,43 juta.

Menghadirkan layanan investasi patungan, LandX juga berperan memberikan literasi dan memperluas pemahaman masyarakat terkait investasi. Edukasi terkait investasi ini sering dituangkan dalam bentuk video di channel YouTube LandX.id serta melalui event kolaborasi.

Melalui channel YouTube, LandX memberi info pengertian terkait pentingnya berinvestasi, langkah aman dan cara menilai keuangan diri sebelum berinvestasi, serta informasi berita terkait industri yang booming dalam dunia pasar saham.

Apa Saja yang Dilakukan LandX Sewaktu 2021?

Berapa dana yang telah dikumpulkan selama 1 tahun bekerja di LandX 

LandX telah berkembang bersama Sobat LandX yang tumbuh lebih baik yang sudah berani mulai menabung investasi demi sambut segera kebebasan finansialnya.

Mendukung program inklusi keuangan, investor di LandX yang ikut #YukPatunganBisnis meningkat hingga 405.20% sewaktu 2021. Jumlah download aplikasi mencapai 100.000++ di Play Store dan App Store.

Menyalurkan Rp 153,18 M dana modal segar kepada 26 bisnis potensial di Indonesia. Total keuntungan imbal hasil bagi investor berupa dividen yang telah dibagikan LandX mencapai Rp 2,5 M.

Berbagai kategori bisnis yang telah listing di LandX selama 2021

Setiap bisnis di LandX telah melalui proses seleksi dengan standar aset yang tinggi. Memahami minat dan keinginan para investor, LandX telah menghadirkan beragam sektor favorit bisnis pilihan.

10 Pendanaan Terbesar di LandX Sewaktu 2021

Sewaktu 2021, LandX telah sukses melaksanakan urun dana dengan pendanaan terbesar hingga Rp 10 M. LandX telah membantu mengumpulkan pendanaan untuk berbagai bisnis potensial seperti Dragon Hot Pot, Ximivague, NMW Clinic, Byurger, Yellow Car Wash, SnappIn, Okinawa Sushi, Hong Tang, dan PT Casagro Futura Pratama.

Pendanaan terbesar LandX selam tahun 2021

10 Pendanaan Tercepat Sewaktu 2021

Pertumbuhan minat investor Indonesia yang meningkat juga terlihat dari saham-saham bisnis di platform crowdfunding kami diminati. Saham bisnis F&B menjadi yang tercepat dalam sold out kuota lot dengan tercepat Project OKIN dalam 26 menit saja, diikuti oleh bisnis properti.

Bisnis dengan Pendanaan Tercepat Selama 2021

Outlet Terbanyak Sewaktu 2021

Investasi #YukPatunganBisnis di LandX memungkinkan setiap investor menjadi pemilik cabang baru dari bisnis potensial cuan. Tidak hanya memekarkan cabangnya pada satu tempat saja, terdapat bisnis yang memperluas jangkauannya hingga 7 outlet yang bisa dimiliki oleh pemegang sahamnya.

Project dengan cabang terbanyak selama 2021

10 Bisnis dengan Jumlah Investor Terbanyak

10 bisnis dengan jumlah investor terbanyak selama 2021

Selama 2021, LandX telah membuka kesempatan ribuan investor untuk berinvestasi ke berbagai bisnis terbaik dengan potensi keuntungan jangka panjang. Di tahun 2021, LandX berhasil mengajak 1802 investor untuk mendanai project Byurger  dan 1432 investor untuk mendanai NMW Clinic.

Hal ini menunjukkan antusiasme para investor Indonesia untuk bersama-sama membangun pergerakan ekononomi.

Kontribusi LandX Sewaktu 2021

Tidak hanya bisnis dan investor saja yang diuntungkan, setiap bisnis dengan cabang baru tentu membutuhkan tenaga kerja tambahan untuk kelancaran operasionalnya. Seluruh bisnis yang berkolaborasi bersama LandX mampu menciptakan 1500 lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia.

LandX mendukung program pemerintah dalam membangun iklim bisnis yang subur. Meningkatkan nilai ekonomi serta meningkatkan inklusi keuangan Indonesia.

LandX Blog of The Year

Selalu berusaha memberikan informasi dan edukasi terkait keuangan, investasi, dan berbagai sektor bisnis. Melalui situs blog, LandX selalu menghadirkan warta menarik untuk dibaca secara ringan. Penjelasan terhadap berbagai istilah dalam dunia investasi agar mantap saat mengambil langkah.

Berikut adalah tiga artikel blog of the year dari LandX.id untuk investor Indonesia:

  1. Memahami Konsep Time Value of Money (TVM) yang Sangat Penting untuk Investasi
  2. Memulai Investasi: Pahami Apa Itu Price to Book Value (PBV) Dalam Investasi Saham
  3. Memahami dengan Lebih Baik Tentang Apa Itu IPO dalam Dunia Saham

Terima Kasih Sobat LandX.....

Terima kasih sudah memilih LandX.id menjadi bagian mencapai tujuan bebas finansialmu. Kami senang dapat menjadi bagian perjalananmu dalam segera capai angka bebas finansialmu.

Jalani tahun yang baru bersama LandX, let your money work for you in 2022!

miliki berbagai bisnis paling potensial di 2022 cuma dengan modal 1 jutaan aja bareng landx agar potensi keuangan kamu semakin baik

Mau Terus Update Info Seputar Investasi? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id untuk Berbagai Info Terupdate Seputar Investasi


Baca Juga:


#SekarangBisa