menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Laporan Perubahan Modal Adalah: Pengertian, Komponen, dan Contoh

Tuesday, 21 Jun 2022

Read in 5 minutes

Author: Nadya A. Faatihah
Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan ekuitas atau laporan perubahan modal adalah suatu laporan mengenai perubahan modal suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Laporan ini akan menyajikan informasi tentang peningkatan atau penurunan aktiva (aset) bersih dan kekayaan perusahaan selama periode tertentu.

Laporan perubahan modal adalah salah satu jenis pencatatan transaksi atau pergerakan keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Unsur-unsur yang terdapat dalam laporan perubahan modal adalah modal awal, pengambilan dana dari periode yang diinginkan, dan total laba rugi bersih yang diperoleh.

Memiliki fungsi yang krusial, laporan perubahan modal adalah salah satu jenis laporan keuangan yang paling berpengaruh pada pengelolaan dan pengambilan kebijakan untuk kondisi finansial bisnis. Oleh karena itu, kalau kamu ingin memulai bisnis atau tertarik untuk berivestasi pada bisnis tertentu, penting untuk mengetahui konsep dasar dari laporan perubahan modal.

Untuk untuk, ketahui tentang penjelasan tentang pengertian, fungsi, isi penting, komponen, rumus, dan contoh dari laporan perubahan modal lewat artikel berikut ini ya!

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Dikenal juga dengan sebutan ekuitas, laporan perubahan modal adalah suatu laporan mengenai perubahan modal suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Laporan ini dikeluarkan untuk menjelaskan adanya peningkatan atau penurunan aktiva (aset) bersih dan kekayaan selama periode yang ditentukan perusahaan, misalnya dalam periode bulan atau tahun.

Laporan ini akan menyajikan perhitungan fluktuasi modal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong perkembangan modal selama periode akuntansi.Umumnya laporan perubahan modal digunakan oleh pemangku kepentingan baik pemangku kepentingan internal maupun eksternal untuk merubah, menyesuaikan, atau memperbaiki kinerja perusahaan.

Namun secara sederhana, laporan perubahan modal wajib dibuat oleh perusahaan jika ingin mengetahui gambaran peningkatan atau penurunan keuntungan bisnis dengan pengukuran yang akurat.

Fungsi Laporan Perubahan Modal

Sebagai salah satu indikator berkembang atau tidaknya perusahaan, laporan perubahan modal adalah tolak ukur atas selisih antara penambahan jumlah modal awal dan laba atau rugi, dengan jumlah penarikan modal. Beberapa fungsi lain dari laporan perubahan modal adalah sebagai berikut.

  • Laporan perubahan modal adalah catatan informasi secara sistematis tentang penyebab bertambah dan berkurangnya modal selama kurun waktu tertentu.
  • Melengkapi Informasi dalam laporan keuangan lain seperti laporan laba-rugi dan neraca
  • Laporan perubahan modal adalah dokumen yang berisi seluruh transaksi pembiayaan serta investasi yang masuk ke perusahaan, 
  • Laporan ini berisi dana yang berhasil dihasilkan oleh bisnis perusahaan dalam kurun waktu atau periode tertentu.
  • Sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen perusahaan atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya, termasuk bagi investor.
  • Memberikan informasi yang membantu para investor untuk memperkirakan jumlah waktu dan penerimaan kas dari pembagian dividen.
  • Sebagai bahan evaluasi perusahaan dalam proses pengambilan kebijakan atau penyusunan strategi bisnis di masa depan.

Isi Penting dan Unsur Laporan Perubahan Modal

Sebuah laporan perubahan modal wajib menunjukkan beberapa unsur informasi. Unsur penting yang harus ada dalam laporan perubahan modal adalah sebagai berikut.

  • Laba dan rugi bersih pada periode yang berkaitan
  • Hasil dari penjualan saham
  • Catatan pembayaran dividen
  • Pembelian saham treasury
  • Laba yang tidak dibagi pada akhir periode akuntansi
  • Nominal dividen yang diumumkan

Komponen Dalam Laporan Perubahan Modal

1. Modal Awal (Pembukaan)

Modal awal dalam laporan perubahan modal adalah saldo akhir dari laporan keuangan periode sebelumnya. Semua penambahan dan pengurangan berikutnya dilakukan pada saldo awal laporan ekuitas.

2. Keuntungan dan Kerugian Lain

Pendapatan bisnis setelah semua operasi dan pengeluaran non-operasional yang dikurangkan selama periode akuntansi. Setelah ada laporan laba-rugi dari pencatatan keuangan pada periode tertentu, seluruh keuntungan dan kerugian lain yang tidak diakui pada laporan laba rugi, dapat disajikan dalam laporan perubahan modal. Termasuk juga keuntungan serta kerugian aktuarial akibat penerapan nilai tukar, pajak biaya masuk, dan sebagainya.

3.  Pengaruh dari Kebijakan Akuntansi

Komponen ini dalam laporan perubahan modal adalah penyesuaian pada cadangan pemegang saham pada awal periode laporan. Ini dilakukan untuk menyajikan ekuitas awal ke jumlah yang ditentukan pada kebijakan akuntansi baru.

4. Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Efek koreksi kesalahan periode sebelumnya harus disajikan secara terpisah sebagai bentuk penyesuaian. 

5. Modal Investasi dari Pemilik

Dalam sebuah periode, modal investasi perlu ditambahkan di dalam laporan perubahan modal. Efek penerbitan serta pelunasan saham perlu disajikan terpisah sebagai cadangan modal saham serta cadangan premi saham.

6. Dividen

Dividen dalam laporan perubahan modal adalah catatan keuntungan rutin bagi pemilik saham yang harus diambil dari modal.

7. Withdrawal atau Prive (Penarikan Modal)

Withdrawal atau prive dalam laporan perubahan modal adalah pengambilan dana yang dilakukan pihak pemilik bisnis untuk kebutuhan pribadinya.

8. Saldo yang Ditampilkan Kembali

Nominal modal yang didapatkan dari pemegang saham pada awal periode disajikan setelah dilakukan penyesuaian.

9. Perubahan pada Cadangan Revaluasi

Perubahan ini dalam laporan perubahan modal adalah kerugian atau keuntungan yang didapat dari revaluasi (penyesuaian) dan diakui pada periode tertentu.

10. Modal Akhir

Saldo cadangan ekuitas dari pemegang saham di akhir periode pelaporan seperti yang terlihat pada laporan posisi keuangan.

Rumus Laporan Perubahan Modal

Penentu rumus untuk laporan perubahan modal adalah hasil saldo dari laporan laba-rugi. Jika, saldo laba, maka rumus yang digunakan adalah rumus modal akhir. Sementara jika saldo menunjukkan rugi, maka rumusnya akan disesuaikan.

Contoh Laporan Perubahan Modal

Seperti disebutkan di atas, penentu penyusunan laporan perubahan modal adalah laporan laba-rugi. Karena itu, contoh ilustrasi penyusunan laporan perubahan modal adalah sebagai berikut ini.

Berdasarkan tabel laporan laba rugi di atas, telah diketahui bahwa saldonya adalah untung. Maka, selanjutnya penyusunan laporan perubahan modal adalah sebagai berikut.

>

Contoh laporan perubahan modal di atas tentu tidak menggambarkan secara detail tentang seluruh komponen yang seharusnya ada dalam laporan perubahan modal. Karena pada dasarnya, isi komponen dari laporan perubahan modal setiap perusahaan pasti berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bisnis yang dijalankan. Karena itu, tabel di atas berfungsi sebagai ilustrasi yang bisa dijadikan untuk referensi.

Itu dia penjelasan mengenai seluruh informasi penting yang ada di dalam laporan perubahan modal. Kalau kamu tertarik untuk mulai investasi atau membangun bisnis yang menarik bagi investor, maka laporan perubahan modal harus ada di daftar pembelajaran kamu ya!

Jadi Bos Bisnis Cuan Menjanjikan Cuma Butuh Modal 1 Juta, Mulai Investasi di LandX Sekarang!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga