Lembaga pembiayaan merupakan salah satu lembaga yang memiliki peran penting terhadap perkembangan ekonomi. Hal ini dikarenakan lembaga pembiayaan merupakan badan usaha yang membantu menyalurkan dana melalui pembiayaan dan pendanaan kepada berbagai investasi dan proyek pengembangan ekonomi.

Lembaga ini sedikit berbeda dengan lembaga keuangan yang selain menyalurkan dana, mereka juga memiliki izin untuk melakukan penghimpunan dana.

Oleh sebab itu, lembaga pembiayaan memiliki peran penting untuk pembangunan ekonomi karena merupakan lembaga yang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan modal.

Kehadiran lembaga pembiayaan membuat bisnis menjadi lebih mudah mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan bisnis sehingga membantu pergerakan ekonomi. Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu lembaga pembiayaan dan jenis-jenis dari lembaga ini.

Table of Content

Lembaga Pembiayaan

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009, lembaga pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan aktivitas pembiayaan dengan menyediakan dana atau modal.

Apabila dibandingkan dengan lembaga keuangan, lembaga ini memiliki tugas yang lebih spesifik yaitu membantu menyalurkan dana untuk berbagai kegiatan ekonomi seperti bisnis yang membutuhkan modal untuk pengembangan kegiatan bisnis mereka.

Lembaga ini membantu ekonomi bergerak dengan lebih baik melalui menyiapkan modal untuk membantu bisnis berjalan secara optimal. Berbeda dengan lembaga keuangan, lembaga pembiayaan tidak memiliki wewenang untuk melakukan penghimpunan dana sehingga mereka fokus pada penyaluran dana untuk mendukung kegiatan ekonomi.

Selanjutnya, mari kita bahas berbagai jenis lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia.

Jenis-Jenis Lembaga Pembiayaan

Perusahaan Pembiayaan

Jenis ini merupakan badan usaha yang khusus dibentuk untuk sewa guna usaha, anjak piutang, pembiayaan konsumen, dan usaha kartu kredit. Lebih lanjut, mari kita bahas satu persatu:

  • Sewa guna usaha, jenis ini sering juga disebut dengan istilah leasing di mana perusahaan lembaga ini membantu perusahaan mendapatkan finance lease untuk mendapatkan suatu barang untuk mendukung proses bisnis mereka. Kehadiran perusahaan jenis ini membantu perusahaan meningkatkan produktivitas mereka dengan membantu pengadaan barang yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis.
  • Unjuk piutang, jenis sering disebut factoring di mana perusahaan jenis ini membantu pembiayaan melalui pembelian, penagihan, dan pengaturan piutang jangka pendek yang berasal dari transaksi perdagangan yang dilakukan bisnis sebelumnya.
  • Pembiayaan konsumen, jenis ini memberikan pembiayaan dengan membantu konsumen mendapatkan suatu barang seperti kendaraan, elektronik, dan berbagai barang kebutuhan lainnya dan konsumen akan melakukan pembayaran kembali dengan cara dicicil.
  • Usaha kartu kredit, perusahaan ini merupakan perusahaan yang membantu pembiayaan untuk pembelian barang atau jasa dengan media kartu kredit. Perusahaan ini memberikan layanan kartu kredit kepada berbagai pihak yang proses pendanaan berjalan berdasarkan aturan Bank Indonesia.

Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura atau venture capital company adalah perusahaan yang melakukan usaha pembiayaan atau penanaman modal ke dalam suatu perusahaan yang akan menerima bantuan pembiayaan (investee company) dalam jangka waktu tertentu.

Pendanaan dilakukan dalam berbagai bentuk seperti penyertaan saham, pembelian obligasi konversi, atau pendanaan berdasarkan pembagian hasil usaha atau profit sharing.

Artikel Terkait:

Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur

Perusahaan pembiayaan infrastruktur merupakan badan usaha yang didirikan dengan tujuan pendanaan yang berfokus pada proyek-proyek infrastruktur. Pembiayaan ini dilakukan melalui beberapa aktivitas yaitu, direct lending (pinjaman langsung), refinancing, dan subordinated loans.

Apabila anda sudah mengenal berbagai jenis lembaga pembiayaan, selanjutnya mari kita lihat peran penting dari lembaga ini.

Peran Penting Lembaga Pembiayaan

Berikut peran penting dari lembaga pembiayaan bagi masyarakat luas:

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lembaga ini membantu masyarakat mendapatkan pendanaan dengan lebih mudah sehingga bisa terhindar dari rentenir yang biasanya mematok bunga tinggi.
  • Membantu pengembangan bisnis, akses pembiayaan yang semakin mudah membuat pembangunan bisnis menjadi lebih mudah karena mereka bisa mendapatkan berbagai hal untuk menunjang bisnis dengan bunga yang cenderung kecil.
  • Pengembangan infrastruktur, adanya lembaga pembiayaan membuat infrastruktur dapat berkembang dengan lebih optimal. Hal ini karena banyak pembangunan infrastruktur membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga lembaga pembiayaan menjadi solusi untuk pengembangan infrastruktur.

Kesimpulan

Lembaga pendanaan merupakan badan usaha yang membantu masalah krusial dari usaha atau bisnis yaitu masalah permodalan. Munculnya lembaga ini diharapkan menjadi solusi untuk membantu pergerakan ekonomi yang sering terhambat karena keterbatasan modal.

Selain kepada bisnis, lembaga ini juga membantu masyarakat luas untuk mendapatkan pendanaan sehingga mereka bisa terhindar dari rentenir atau berbagai pihak yang menerapkan bunga besar untuk setiap pinjaman.

Akan tetapi, sebagai masyarakat yang baik anda harus bijak mengendalikan kredit agar keuangan anda dapat terkendali dengan baik. Karena daripada menjadi pihak peminjam, anda bisa menjadi pihak yang mendanai suatu bisnis atau usaha melalui pendanaan bisnis patungan atau equity crowdfunding.

Sistem ini memberikan anda kesempatan untuk ikut patungan mendanai suatu bisnis sehingga anda memiliki saham dari suatu bisnis dan akan mendapatkan dividen yang dibagikan berdasarkan besar keuntungan yang didapatkan.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang membantu menghimpun dan menyalurkan dana untuk membangun suatu bisnis.

LandX memberikan anda pilihan berbagai bisnis potensial yang bisa anda jadikan pilihan investasi jangka panjang.

Yuk Temukan Bisnis Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang Anda Bersama LandX

Agar Gak Kelewatan Berbagai Info Seputar Bisnis dan Investasi Lainnya Follow Instagram Kami di @landx.id Ya..

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding  #SecuritiesCrowdfunding  #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: