menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

List Franchise di Bawah 10 Juta untuk Bisnis Anda di Tahun 2022

Monday, 25 Apr 2022

Read in 6 minutes

Franchise Makanan Modal di Bawah 10 Juta yang Bisa Jadi Ide Bisnis Anda

Yuk cek berbagai franchise makanan modal di bawah 10 juta yang bisa jadi inspirasi bisnis franchise kamu di tahun 2022

Kini Franchise makan tidak lagi perlu menggunakan modal yang besar. Kamu bisa membuka bisnis franchise makanan dibawah 10 juta . Apalagi di zaman sekarang bisnis franchise sedang marak digemari orang. Walaupun ada banyak pilihan investasi, mulai dari saham, hingga membuka usaha. Beberapa memutuskan memilih untuk membeli franchise karena lebih ringkas dan menjanjikan. 

Yuk simak disini Landx akan menjelaskan apa itu Franchise dan tips agar sukses membangun bisnis tersebut dan ada beberapa contoh franchise yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis ini. 

Apa Itu Bisnis Franchise?

Franchise adalah bisnis di mana pemiliknya melisensikan operasinya bersama dengan produk, merek, dan pengetahuannya dengan imbalan biaya waralaba. Sedangkan Franchisor adalah bisnis yang memberikan lisensi kepada franchisee.

Tips Agar Sukses Membangun Bisnis Franchise 

Franchise adalah bentuk usaha yang memberikan lisensi kepada pihak lain untuk menggunakan atau memanfaatkan hak kekayaan intelektual suatu produk. Pihak pemberi memberikan hak kepada individu maupun bisnis untuk memanfaatkan merek, prosedur, peralatan, dan bahan baku dalam jangka waktu tertentu. Secara sederhana, kita sebagai pembeli franchise tinggal menjalankan bisnisnya saja. Sebelum mengulas lebih jauh mengenai hal ini, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan agar bisnis franchise bisa berjalan sukses.

1. Memilih jenis usaha Franchise yang sesuai dengan minat 

Menjalankan suatu bisnis memang lebih menyenangkan saat sesuai dengan minat kita sendiri. Begitu pula dengan bisnis waralaba yang produknya cukup beragam. Kalau misalnya kamu suka kopi, ada sejumlah franchise minuman kopi yang bisa jadi pilihan, baik skala rumahan maupun coffee shop. Bila kita  melakukannya, maka bisnisnya akan berjalan dengan baik.

2. Pelajari bisnis yang akan dijalani 

Meski terkesan cukup mudah, bisnis franchise  juga memiliki sejumlah hambatan. Dari pihak franchisor, sering kali terkendala pengiriman bahan baku sehingga menghambat operasional. Belum lagi biaya franchise yang setelah dihitung-hitung bisa jadi cukup memberatkan. Karena itu, penting sebagai pembeli franchise untuk mempelajari bisnis waralaba yang akan dijalani secara menyeluruh.

3. Siapkan modal dengan menabung

Modal untuk dapat menjalankan bisnis franchise sudah cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Rata-rata modular yang dibutuhkan untuk sebuah franchise dimulai dari Rp5 juta. Bila kamu adalah seorang karyawan yang berniat membangun usaha franchise, tidak ada salahnya mulai menabung untuk mengumpulkan modal.

4. Kembangkan dengan strategi

Franchise sendiri pasti segala sesuatunya sudah direncanakan franchisor, tetap saja kesuksesan bisnis ada di tangan kamu sendiri sebagai pembeli franchise. Kamu bisa melakukan improvisasi pada bagian tertentu agar bisnis waralaba kamu lebih sukses. Membuat promo di awal-awal pendirian usaha misalnya, bisa menjadi strategi yang bisa kamu kembangkan sendiri. 

5. Cek profil dan riwayat usaha franchise pilihanmu serta cari tahu izinnya 

Didukung oleh artis terkenal di ibu kota memang bisa menjadi keunikan, tapi jangan langsung percaya juga ya. Cari tahu riwayat pemilik dan usahanya, apakah sejauh ini aman atau pernah terlibat kasus-kasus tertentu. Bakalan jadi kesalahan kalau kita membeli franchise yang sudah kena boikot oleh sebagian besar masyarakat, bukan? Selain itu, kamu bisa cari tahu juga mengenai izin usaha mereka. Kalau bidang usahanya di seputar makanan dan minuman, pastikan mereka sudah dilegalisir oleh BPOM sebagai produk konsumsi yang aman pada sisi kesehatan.

8 List Bisnis Franchise Makanan Dibawah 10 Juta 

Berikut daftar  franchise Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber bisa jadi pilihan kamu untuk memulai bisnis. Dengan modular finansial dan riset yang kuat, kamu bisa punya kesempatan untuk sukses dengan bisnis franchise dibawah ini. 

1. Bubble Drink

Sampai saat ini minuman bubble drink masih menjadi primadona sehingga tak aneh pula jika ada banyak orang yang berbondong-bondong membuka bisnis waralaba ini. Bubble drink sendiri merupakan minuman yang mempunyai banyak rasa seperti teh, kopi, cokelat, dan masih banyak lagi dengan butiran tapioka atau boba di dalamnya. Beberapa merek waralaba bubble drink yang populer dan terbaik adalah Chatime, Lup lup Bubble Milk Tea, Nyot Nyot Thai Tea, Fat Boba Drink, Dum Thai Tea, Mobo Thai Tea, dan masih banyak lagi.

Untuk membuka bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. Biayanya mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.500.000 saja. Dikarenakan banyak diminati maka untuk omzet bisnis waralaba ini juga cukup besar yaitu mulai dari Rp 3.000.000 per hari hingga Rp 120.000.000 per bulan.

  1. Donat

Donat adalah roti yang terbuat dari tepung terigu dan mempunyai lubang di tengahnya. Di Indonesia sendiri, donat bisa dengan mudahnya ditemui. Terdapat beberapa merek atau penjual donat yang populer.

Untuk bisa membuka bisnis waralaba donat kamu harus mengeluarkan modal mulai dari Rp 5.000.000 sampai Rp 80.000.000.

3. Es Cappucino Cincau

Es cappucino cincau atau capcin adalah salah satu minuman menyegarkan yang terbuat dari es cappucino dan cincau. Sudah ada banyak sekali penjual minuman ini salah satunya cappucinocincau.org yang juga menjual paket kemitraan atau waralaba.

Untuk membuka waralaba bersama merek tersebut kamu harus mengeluarkan modal sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 saja.

4. Es Cendol atau Dawet

Es cendol atau dawet adalah salah satu minuman asli Indonesia yang saat ini sedang naik daun. Bisa dikatakan minuman ini masuk dalam minuman tradisional khas pulau Jawa. Namun akhir-akhir ini terdapat banyak orang yang berinovasi untuk membuat es cendol yang kekinian. Salah satu usaha tersebut adalah Radja Cendol.

Untuk memulai bisnis waralaba tersebut kamu harus mengeluarkan modal mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 saja.

5. Es Juice

Es Juice merupakan minuman sehat yang digemari banyak orang dan cocok untuk semua kalangan. Untuk membuatnya pun sangat gampang termasuk membangun bisnis waralabanya. Hanya butuh modal awal sebesar Rp 5.000.000 saja kamu sudah bisa membuka bisnis waralaba es juice lho.

6. Es Sari Tebu

Sama seperti es cendol, es sari tebu juga merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia dengan banyak penggemar karena mempunyai rasa yang segar dan manis. Saat ini sudah ada beberapa orang yang menjadikan es sari tebu sebagai bisnis waralaba dan hal tersebut cukup menguntungkan.

7. Hotdog dan Burger

Hotdog dan burger merupakan makanan barat yang terkenal di Indonesia dan mempunyai banyak peminat. Oleh karena itu ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka bisnis ini. Hanya dengan modal mulai dari Rp 3.500.000 sampai Rp 5.500.000 kamu sudah bisa membuka usaha waralaba hotdog dan burger.

8. Jagung Susu Keju

Jagung susu keju adalah salah satu makanan atau camilan yang berbahan dasar jagung. Makanan ini bisa dengan mudahnya dijumpai di sekitaran sekolah. Untuk memulai bisnis waralaba jagung susu keju kamu hanya perlu mengeluarkan biaya modal sebesar Rp 2.700.000 saja dengan memakai booth yang diberikan oleh perusahaan.

Itulah mengenai franchise, ada beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan serta syarat dan contoh untuk dapat memiliki franchise di Indonesia, Indomaret. Apa Anda tertarik beli franchise?

Memperkecil Risiko dalam Investasi

Modal investasi tentu menjadi hal terpenting untuk dapat memiliki sebuah bisnis. Namun, Anda dapat memiliki bisnis secara mudah dengan menjadi investor di salah satu bisnis di platform equity crowdfunding LandX.

Di LandX, dengan modal sejutaan Anda dapat langsung berinvestasi pada bisnis potensial yang sudah melewati tahap evaluasi dengan standar tinggi dan mendapatkan keuntungan bagi hasil.

Keuntungan bagi hasil yang kemudian disebut dividen ini didapatkan setelah bisnis berjalan dan mendapat profit penjualan yang umumnya berkisar 10-30%. Dengan modal sejutaan tadi, keuntungan dapat Anda terima hanya dalam 3, 6 atau 9 bulan sesuai perjanjian yang ditawarkan kepada Anda.

Mendapat keuntungan dari bisnis potensial dan brand ternama #SekarangBisa dengan sejutaan.

Yuk, jadi bos bisnis dan terima keuntungan rutin di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga