Manajemen Keuangan – manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana suatu bisnis atau perusahaan mendapatkan, menggunakan, serta mengelola dana dan aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Saat ini, manajemen keuangan adalah bagian penting yang perlu dipahami oleh semua orang baik perusahaan maupun individu karena keuangan merupakan bagian penting yang harus direncanakan dengan baik.

Karena itu, setiap orang butuh memahami bagaimana manajemen keuangan yang baik untuk mempermudah mereka mencapai berbagai tujuan.

Supaya lebih paham, yuk kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana menyusun manajemen keuangan yang baik untuk bisnis dan individu.


Table of Content


Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah usaha yang dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan dana yang dimiliki untuk mencapai suatu tujuan.

Apabila dalam bisnis, tujuan ini tentu saja berkaitan dengan bagaimana uang yang digunakan bisa memberikan keuntungan yang optimal.

Dalam konteks individu, tujuan ini bisa berbeda-beda tergantung dengan seperti apa tujuan keuangan jangka panjang yang ingin kamu capai. Apabila kamu ingin bebas secara finansial, maka kamu perlu menyusun strategi agar memiliki aset dengan passive income yang bisa menutupi kebutuhan kamu.

Karena itu, manajemen keuangan digambarkan sebagai proses merencanakan, mengatur, mengevaluasi keputusan keuangan yang diambil dalam rangka mempermudah pencapaian tujuan keuangan tersebut.

Fungsi Manajemen Keuangan

Apabila kamu masih bingung kenapa manajemen keuangan sangat penting, berikut beberapa fungsi dasar dari manajemen keuangan:

1. Planning ( Perencanaan Keuangan)

Perencanaan bisa dibilang sebagai salah satu fungsi dasar dari manajemen keuangan yang sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan keuangan jangka panjang. Membuat perencanaan membantu perusahaan untuk menggambarkan proyeksi keuangan jangka panjang mereka.

Karena itu, mulai merencanakan keuangan dengan baik menjadi pondasi awal membangun manajemen keuangan yang baik.

2. Budgeting (Menyusun Anggaran)

Menyusun anggaran untuk setiap kegiatan menjadi bagian penting agar dana yang dimiliki dapat dialokasikan dengan optimal. Dalam manajemen keuangan, menyusun anggaran membuat berbagai keputusan keuangan dapat lebih terarah dan memberikan hasil yang optimal.

3. Controlling (Mengendalikan Keuangan)

Dalam manajemen keuangan yang baik, kamu butuh mengevaluasi berbagai kebijakan keuangan yang diambil agar bisa mengambil keputusan keuangan yang lebih optimal di masa mendatang. Evaluasi ini membantu anda membangun manajemen keuangan yang lebih optimal dari waktu ke waktu.

4. Auditing (Memeriksa Keuangan)

Audit adalah proses pemeriksaan keuangan yang akan membantu anda menemukan berbagai kesalahan yang dapat menyebabkan kerugian, biasanya perusahaan melakukan hal ini untuk menghindari adanya penyalahgunaan dari dana yang telah dialokasikan.

5. Reporting (Pelaporan Keuangan)

Pelaporan keuangan merupakan salah satu cara kita memahami bagaimana kondisi dan performa dari suatu perusahaan. Melalui laporan keuangan, kita bisa melihat kinerja dari perusahaan dalam mengelola dana yang mereka miliki.

Oleh sebab itu, laporan keuangan menjadi salah satu acuan menilai apakah suatu bisnis atau perusahaan potensial sebagai ladang investasi.

Tujuan Manajemen Keuangan

1. Mengoptimalkan Cash Flow

Dengan manajemen keuangan yang baik, cash flow atau arus kas menjadi lebih mudah untuk untuk diatur dan diawasi. Melalui cash flow yang baik proses pelacakan pengeluaran dan pemasukan menjadi lebih mudah sehingga hal-hal yang perlu dioptimalkan semakin mudah untuk diketahui.

2. Memaksimalkan Keuntungan

Manajemen keuangan membantu kita membuat keputusan keuangan yang lebih optimal sehingga memberikan return atau keuntungan yang lebih optimal pula. Karena itu, manajemen keuangan menjadi bagian penting yang harus diperhatikan apabila ingin mendapatkan keuntungan yang lebih optimal.

3. Efisiensi Keputusan Keuangan

Apabila keputusan keuangan tidak direncanakan dengan baik, maka hal ini sering kali akan menimbulkan masalah baik dalam jangka panjang maupun pendek. Karena itu dibutuhkan manajemen keuangan yang baik agar keputusan keuangan menjadi lebih efisien dan memberikan pengaruh baik dalam jangka panjang.

4. Mempermudah Evaluasi Keuangan

Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting agar manajemen keuangan dapat lebih baik dan keuntungan bisa terus meningkat. Hal ini karena terkadang beberapa keputusan keuangan tidak berdampak baik sehingga menjadi bahan evaluasi untuk keputusan keuangan berikutnya.

Apabila manajemen keuangan tidak disusun dengan baik, maka hal ini sering kali menjadi hal yang menyebabkah perusahaan mengalami masalah di masa mendatang.

5. Menurunkan Biaya Modal

Keuangan yang disusun dan diatur dengan baik akan membuat biaya modal menjadi lebih kecil karena alokasi dana menjadi jauh lebih optimal dan modal yang dikeluarkan pun menjadi lebih minim.

6. Investasi Dana Secara Optimal

Investasi juga merupakan bagian penting yang tidak boleh dilupakan dalam menyusun rencana keuangan yang baik. Melalui manajemen keuangan yang baik, maka rencana investasi dapat lebih matang dan memberikan hasil yang lebih optimal.

Dalam rencana keuangan biasanya alokasi dana/ budget investasi sudah disusun dengan baik sehingga bisa memberikan return atau keuntungan yang optimal.

Kesimpulan

Manajemen keuangan merupakan bagian penting yang harus disiapkan agar mempermudah tujuan keuangan yang diinginkan tercapai. Manajemen keuangan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan apakah suatu bisnis dapat menghasilkan keuntungan yang optimal atau tidak.

Akan tetapi, sebenarnya manajemen keuangan tidak hanya berlaku untuk perusahaan saja tapi juga perlu diterapkan dalam keuangan pribadi.

Kamu bisa mulai dengan pencatatan cash flow dengan baik, menyusun budget, dan mengevaluasi berbagai keputusan keuangan yang diambil. Selain itu, kamu juga butuh menyusun rencana investasi untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang anda.

Berbicara terkait investasi, equity crowdfunding bisa jadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang bisa memberikan anda keuntungan yang optimal.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang membantu anda menemukan  bisnis-bisnis terbaik untuk investasi jangka panjang anda.

Karena itu..

Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Berbagai info Terbaru Terkait Investasi? Yuk Follow @landx.id di Instagram

Baca Juga:

#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis  #SecuritiesCrowdfunding   #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan     #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha