Investor Penerbit
menu-mobile

5 Cara Bisnis untuk Pemula dan Tips Membangun Bisnis Menguntungkan

19 August 2022

|

7 Min Read

|

Author: Abdul Wahhab

Yuk simak cara memulai bisnis untuk pemula yang bisa memberikan Anda potensi keuntungan jangka panjang.

Membangun bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah karena berbisnis bukan hanya tentang memiliki modal besar tapi juga tentang bagaimana kemampuan kita dalam manajemen segala aspek dalam bisnis dengan baik.

Karena usaha yang dibangun dari nol pun tetap saja bisa saja mengalami kegagalan di tengah perjalanannya apabila tidak dikelola dengan baik.

Dalam membangun bisnis, banyak orang tidak paham bagaimana cara mengelola suatu bisnis dengan baik serta persiapan apa saja yang harus dimiliki dalam membangun bisnis tersebut.

Hal ini sangat penting karena banyak sekali bisnis yang gagal pada tahun-tahun pertama karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola bisnis.

Karena itu, yuk kita bahas bagaimana cara membangun bisnis agar bisa memberikan anda keuntungan dalam jangka panjang.


Persiapan Penting dalam Membangun Bisnis

Saat kamu memulai bisnis, kamu harus paham bahwa bisnis merupakan sesuatu yang penuh risiko sehingga anda harus mempertimbangkan hal tersebut dengan baik.

Karena itu, mari kita bahas persiapan apa saja yang dibutuhkan saat membangun suatu bisnis.

1. Kesiapan Modal

Modal merupakan hal penting yang harus anda disiapkan saat membangun suatu bisnis. Hal ini sangat penting agar proses pembangunan bisnis bisa berjalan dengan optimal dan tidak tersendat di tengah jalan. Ketidaksiapan modal menjadi salah satu faktor yang sering menyebabkan bisnis tumbang di tengah jalan karena berbagai operasional bisnis berjalan dengan tidak optimal.

Karena itu, sebelum anda membangun bisnis anda harus menghitung berapa modal yang harus anda siapkan sampai suatu bisnis bisa berjalan dengan optimal.

2. Kesiapan Keterampilan

Modal bukanlah faktor tunggal yang menentukan keberhasilan membangun suatu bisnis. Sebagai pebisnis yang baik anda juga harus memiliki keterampilan dalam mengelola bisnis agar bisa menghadapi berbagai kondisi tidak terduga di masa mendatang.

Karena itu, kamu butuh trial and error sebelumnya akhirnya memiliki keterampilan dalam membangun suatu bisnis.

Seperti yang kita tahu, banyak sekali bisnis bagus harus gulung tikar di tahun pertama karena tidak dikelola dengan optimal. Karena itu hal ini harus menjadi perhatian penting sebelum memutuskan membangun suatu bisnis.

3. Kesiapan Pengetahuan

Banyak sekali orang terjun ke bisnis tanpa pengetahuan yang cukup tentang bagaimana suatu bisnis berjalan. Karena itu anda harus paham bagaiamana seluk beluk suatu industri sebelum akhirnya membangun suatu bisnis.

Hal ini berkaitan dengan mengenal kompetisi yang terjadi di pasaran dan bagaimana trend di kalangan calon konsumen anda.

Hal ini ibarat mengenal bagaimana medan perang yang akan anda hadapi di masa mendatang karena dalam bisnis anda harus mempersiapkan strategi agar bisa bertahan dan memenangkan kompetisi tersebut.

4. Koneksi

Koneksi merupakan bagian penting yang sering dilupakan dalam membangun suatu bisnis, padahal poin ini sangat penting karena akan sangat membantu proses pengembangan bisnis dalam jangka panjang.

Apabila anda memiliki koneksi yang baik dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan bisnis, maka bisnis proses perkembangan bisnis anda akan menjadi lebih mudah.

Karena itu, anda harus berusaha membangun koneksi yang baik untuk mendukung berbagai proses dalam bisnis anda.

Cara Membangun Bisnis dari Nol

Sebelum membahas ini lebih dalam, yuk simak dulu video di bawah ini supaya kamu punya gambaran jelas tentang bagaimana membangun bisnis dari nol:

Watch This Video

Setelah memiliki berbagai komponen di atas, maka anda bisa mulai memikirkan bagaimana konsep bisnis yang akan anda jalankan. Anda bisa mulai dengan model bisnis yang akan dijalakan sehingga konsep bisnis anda menjadi lebih matang lagi.

Selain itu, anda tidak boleh lupa menyusun rencana pemasaran jitu untuk menembus pasar yang sudah terdapat beberapa kompetitor di dalamnya.

Hal ini sangat penting karena strategi pemasaran ibarat senjata yang harus anda siapkan saat terjun ke medan perang.

Penyusunan strategi yang baik dan kemampuan dalam mengelola bisnis tentu saja bisa membantu bisnis anda berjalan dengan lebih baik dan optimal.

Namun, anda tidak boleh lupa bahwa dalam bisnis kita mungkin saja menghadapi berbagai kondisi tidak terduga yang bisa merugikan anda.

Cara Berbisnis yang Benar dan Menguntungkan

Bisnis skala besar maupun kecil memiliki tujuan sama, yaitu mendapatkan keuntungan atau laba. Ini dia cara membangun bisnis untuk pemula yang harus Anda terapkan:

Memahami Finansial Perusahaan

Saat baru merintis usaha, mengelola keuangan perusahaan adalah hal yang harus diperhatikan. Karena mendapatkan keuntungan yang dapat diandalkan untuk pengembangan perusahaan sangatlah penting untuk keberlangsungan.

Anda perlu memiliki pengetahuan dasar tentang istilah keuangan dan kemampuan membaca laporan keuangan. Mampu membaca neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas mengartikan Anda akan dapat berpartisipasi penuh dalam percakapan tentang bagaimana menghasilkan keuntungan.

Membuat Business Map

Business map adalah peta visual dari cara kerja bisnis atau alur proses bisnis dari awal hingga tahap akhir. Mengetahui business map atau memetakan perusahaan Anda akan membantu mengidentifikasi posisi perusahaan di mata konsumen, kompetitor, dan pasar.

Membuat business map membantu melihat keunggulan apa yang dimiliki bisnis dibanding pesaing serta membantu menentukan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai.

Buatlah SMART Goals

Memiliki tujuan (goals) yang realistis dengan metode SMART: Specific, Measurable, Achievable, Realistic dan ada Time Frame. Contoh tujuan tidak realistis adalah ketika perusahaan baru didirikan hari ini tapi minggu depan menginginkan pendapatan Rp 10 miliar, caranya gimana??

Jadi cara menentukan tujuan dengan SMART goal yaitu menentukan tujuan yang spesifik serta dapat dicapai dan diukur atau ditrack hasilnya berkala dalam frame waktu yang ditentukan dan sesuai dengan visi perusahaan. 

Mengetahui Celah untuk Meningkatkan Perusahaan

Ketahui apa hambatan atau kekurangan dari internal perusahaan Anda. Misal leadership dari suatu tim kurang baik atau ada masalah dari suatu divisi? Selain itu, lihat juga diri Anda apakah emosi dan preferensi Anda menghambat perusahaan berkembang?

Memiliki Tim yang Tepat

Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda dalam mengelola bisnis. Kemudian tentukan siapa yang perlu Anda pekerjakan untuk mengisi celah tersebut. Mungkin Anda membutuhkan seorang akuntan atau tim sales yang proaktif. Maka kata hire right atau memiliki dan memiliki tim yang tepat harus diterapkan.

Bisnis yang Bagus untuk Pemula

Bagi pemula, bisnis yang bagus sebenarnya adalah berbisnis dengan sistem kemitraan franchise. Hal ini karena sistem ini bisa mempermudah kamu dalam proses persiapan bisnis yang akan sangat sulit untuk disiapkan sendiri apabila kamu tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Bisnis ini bagus untuk pemula karena selain produk yang sudah tersedia kemitraan ini juga memberikan kamu sistem bisnis yang sudah jelas sehingga mudah untuk kamu jalankan. Pembangunan ini tentu saja membutuhkan trial dan error terutama untuk kamu yang pemula.

Selain itu, cara ini membuat usaha anda memakan biaya yang lebih kecil karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasaran yang biasanya akan memakan biaya besar karena biasanya pemilik franchise akan memberikan anda banyak support dalam hal ini.

Akan tetapi, sistem ini tidak menjadi jaminan kesuksesan dari bisnis anda karena pasti ada berbagai risiko tidak terduga dalam bisnis yang penting untuk kamu waspadai. Karena itu, mari kita bahas berbagai risiko yang harus anda perhatikan saat membangun suatu bisnis.

Tips Bisnis Bagi Pemula

Untuk Anda yang baru memulai bisnis, ada beberapa pertimbangan tips tambahan saat membangun fondasi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis agar berkelanjutan. Berikut saran Forbes bagi Anda yang ingin mengetahui cara membangun usaha yang tepat:

  • Sempurnakan Ide Bisnis Anda
  • Kenali Pesaing dan Pasar Anda
  • Buat Rencana Bisnis Anda
  • Pilih Struktur Bisnis Anda
  • Daftarkan Bisnis Anda dan Urus Dokumen Legalnya
  • Atur Keuangan Perusahaan Anda
  • Atur Pendanaan Bisnis Anda
  • Mendaftar Asuransi Bisnis
  • Pilih Alat Bisnis yang Tepat
  • Promosikan Bisnis Anda
  • Tingkatkan Skala Bisnis Anda

Risiko dalam Membangun Bisnis

Dibalik potensi keuntungan yang besar, membangun bisnis juga memiliki risiko yang besar sehingga anda harus berhati-hati dalam membangun bisnis.

Tingginya risiko kerugian ini juga disebabkan oleh masih kurangnya pengalaman anda sebagai pemula dalam mengelola bisnis. Oleh sebab itu, anda harus melakukan analisis dengan baik sebelum memulai suatu bisnis.

Apabila anda belum sanggup untuk menanggung risiko yang besar, ada cara yang lebih mudah yaitu investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding.

Sistem ini membuat risiko kerugian anda menjadi lebih kecil karena bisnis yang anda danai akan dikelola oleh pihak yang sudah berpengalaman. Selain itu, cara ini sangat cocok untuk pemula karena investasi ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Karena itu, tunggu apalagi yuk…

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga