Berbicara tentang bisnis perkapalan, kapal tongkang merupakan salah satu bisnis yang tetap berjalan lancar walaupun di tengah pandemi dan malah semakin berkembang karena peningkatan produksi dan kebutuhan batubara selama proses pemulihan ekonomi.

Bahkan, bisnis kapal tongkang yang ada saat ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan ekspor batubara yang  terus tumbuh setiap tahunnya. Hal ini menjadikan bisnis ini sangat potensial dan menjanjikan dalam jangka panjang.

Karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut tentang bisnis kapal tongkang dan potensinya dalam jangka panjang.


Table of Content


Mengenal Seluk Beluk Bisnis Kapal Tongkang

Pertama, mari kita bahas dulu apa itu kapal tongkang agar kamu punya gambaran tentang bagaimana industri ini bergerak.

Kapal tongkang adalah salah satu jenis kapal pengangkut kargo yang memiliki bentuk seperti kotak besar yang mengapung dan berbahan dasar baja. Kapal ini juga dikenal sebagai barge atau disebut juga ponton. Kapal ini mengangkut barang bermuatan besar seperti batubara, kayu, pasir dan minyak.

Kapal tongkang biasanya melalui jalur sungai pedalaman, danau, dan ada juga yang di desain sebagai transportasi pembawa kargo melalui laut lepas. Kapal tongkang umumnya tidak bisa bergerak sendiri, sehingga mobilisasi kapal ini bergantung pada kapal pendorong atau disebut kapal tunda (tugboat).

Kapal tugboat adalah kapal yang berukuran kecil namun memiliki tenaga mesin yang besar untuk ukurannya. Kapal ini berfungsi untuk melakukan manuver, terutama untuk mendorong atau menarik kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas, atau melalui sungai. Kapal tugboat juga umum digunakan untuk menarik kapal tongkang, atau kapal yang rusak.

Jenis Kapal Tongkang

Dry bulk cargo barge

Sepertinya namanya, kapal ini digunakan untuk mengangkut kargo kering. Seperti biji-bijian, pasir, baja, batu bara dan komoditas kering lainnya yang dapat dipindahkan dengan sistem bongkar muat.

Liquid cargo barge

Kapal tongkang jenis ini berguna untuk membawa minyak, bahan kimia cair, juga pupuk kimia kebutuhan industri lainnya.

Split hopper barge

Split hopper barge dilengkapi alat bongkar muat karena membawa material kerukan seperti pasir, batu dan tanah. Kapal tongkang jenis ini biasanya digunakan dalam konstruksi kelautan. Split hopper barge akan terbelah untuk membongkar muatannya di lautan untuk proses reklamasi atau membuka daratan baru di kawasan pesisir.

Car-float barge

Jenis kapal tongkang yang melaju di lautan dan membawa kereta rel untuk dibawa ke lokasi lainnya pada abad 20-an. Dewasa ini, car-float barge masih digunakan di beberapa negara bagian di Amerika.

Other barger: power barge, barrack barge

Power barge adalah kapal tongkang yang membawa pembangkit listrik. Sedangkan barrage barge adalah jenis kapal tongkang yang dijadikan sebagai tempat tinggal penduduk di beberapa negara.

Pada era perang dunia, kapal berbentuk barak-barak ini digunakan sebagai tempat tinggal pelaut atau pedagang laut yang kapalnya telah rusak atau tenggelam. Juga difungsikan sebagai asrama militer laut serta sebagai kantor sementara.

Alasan Kapal Tongkang dan Tugboat Diminati Pengusaha

Kapal tongkang sangat dibutuhkan para pengusaha pada proses distribusi material dan memperlancar pekerjaan konstruksi. Seperti yang telah dibahas, kapal tongkang pada umumnya tidak memiliki mesin penggerak sendiri. Untuk mobilitas, kapal tongkang akan selalu bergantung pada kapal tunda/ tugboat.

Tapi, pengusaha lebih menyukai dua kapal ini daripada kapal tongkang yang memiliki mesin penggerak sendiri. Kapal tongkang yang memiliki mesin sendiri memiliki sebutan self propelled barge. Berikut alasan kenapa  kapal tongkang dan tugboat jadi pilihan pengusaha:

1. Responsif Terhadap Kendala di Lapangan

Kapal tunda (tugboat) pada standartnya harus memiliki dua mesin penggerak utama. Jika terjadi kerusakan mesin pada mesin, maka mesin kedua bisa diaktifkan sehingga pergerakan laju kapal tongkang tidak terhenti. Inilah alasan kapal tongkang dan kapal tunda lebih diminati daripada self propelled barge.

2. Efisiensi Waktu

Walaupun dalam satu kapal self propelled barge sudah termasuk mesin, namun ukuran kapal akan menjadi lebih dari 1500 GT (gross ton) yang artinya dokumen yang harus diproses menjadi lebih banyak.

Karena itu pengusaha lebih memiliki kapal tongkang dan tugboat, karena tugboat memiliki ukuran yang pada umumnya kecil. Sehingga dokumen yang perlu diproses pun lebih sedikit dan alur operasional berjalan lebih cepat.

3. Distribusi Lancar Hingga Pelosok Negeri

Akses lokasi sungai pedalaman lebih mudah dilalui oleh kapal tongkang karena ukurannya yang mampu membawa muatan besar. Walaupun lebih kecil dari kapal kargo yang melewati lautan antar benua, kapal ini lebih efektif dan cost-efficient, serta terdapat pilihan ukuran kapal sesuai kebutuhan.

Kapal tongkang mampu memuat 2000 hingga 8000 MT (metric tons) berdasarkan ukurannya yang dibagi sebagai berikut,

  • Kapal tongkang ukuran 180 feet: kapal tongkang ukuran terkecil yang mampu membawa 2000 MT kargo.
  • Kapal tongkang ukuran 230 feet: mampu membawa 4000 MT kargo.
  • Kapal tongkang ukuran 270 feet: kapal tongkang berukuran standar medium yang mampu membawa 6000 MT kargo sekali jalan.
  • Kapal tongkang ukuran 300 feet: kapasitas muatan kapal tongkang terbesar hingga 8000 MT kargo.

Potensi Bisnis Kapal Tongkang

Pandemi kemarin, operasional kapal tongkang tidak mengalami kemunduran signifikan. Dikabarkan proses produksi kapal tongkang malah tetap berjalan lancar karena permintaan walaupun biayanya cenderung naik.

Dapat disimpulkan kapal tongkang jumlahnya masih minim sehingga belum cukup memenuhi kebutuhan operasional para pengusaha, seperti pengusaha batubara.

Kebutuhan transportasi untuk proses distribusi material seperti batubara umumnya menggunakan kapal tongkang. Dilansir ekonomi bisnis, kapal tongkang batubara saat ini mengalami kenaikan permintaan namun jumlah kapal masih minim. Beberapa konsep kenapa bisnis kapal tongkang potensial:

1. Tetap profit kala pandemi

Laporan Gugus Tugas Covid-19 Kepulauan Riau yang terkenal dengan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas, pandemi tidak berpengaruh pada perdagangan kapal tongkang. Kapal tongkang batubara adalah salah satu permintaan dengan kebutuhan tertinggi.

2. Permintaan lebih besar dari ketersediaan

Minimnya ketersediaan kapal tongkang membuat harga naik namun tidak membuat surut permintaan. Pengusaha lebih menyukai kapal tongkang sebagai salah satu rantai distribusi usahanya.

3. Potensi nilai jual tinggi

Harga sebuah kapal tongkang bisa bernilai puluhan miliar, harga ini tetap dapat dijual kembali dengan nilai tinggi sehingga merupakan bentuk investasi yang baik. Berbisnis sekaligus sebagai instrumen investasi.

4. Peningkatan hasil produksi bumi

Kapal tongkang tentu identik dengan membawa muatan jumlah besar. Muatan ini umumnya melalui sungai-sungai pedalaman membawa material hasil bumi dari material kering  seperti batubara, pasir, hingga likuid seperti minyak.

Keberadaan kapal tongkang tentu membantu meningkatkan produksi dan distribusi hasil produksi bumi. Dengan berbisnis kapal tongkang, dapat memberi kontribusi pada negeri.

Permintaan yang tinggi serta tahan situasi pandemi tentu membuat bisnis kapal tongkang batubara menjadi hal yang memikat. Harga kapal tongkang sendiri berkisar milaran rupiah. Harga yang fantastis namun masih akan bernilai tinggi jika di jual kembali nantinya, sehingga merupakan bentuk investasi yang menjanjikan.

Jadi Pemilik Kapal Tongkang Hanya dengan Rp 1 Juta

SekarangBisa jadi pemilik kapal dengan cara investasi patungan bisnis di LandX, platform equity crowdfunding di Indonesia. Kapal-kapal ini akan segera listing di aplikasi LandX dan mengundang kamu untuk bisa jadi mengawasi pelayaran kapal ini. Kapan? Tunggu listingnya  segera di aplikasi LandX. Penawaran terbatas!

Yuk jadi owner bisnis kapal tongkang #SekarangBisa dengan Rp 1 juta saja!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Jangan Lupa Follow Instagram @landx.id Untuk Berbagai Tips Investasi Menguntungkan Lainnya


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis