menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Memahami Apa Itu Budgeting dan Cara Membuat Budget Plan

Wednesday, 7 Sep 2022

Read in 6 minutes

Author: Rafa Syawalia R
Budgeting Adalah, Cara Membuat Budget Plan

Budgeting adalah kegiatan penting dalam perencanaan keuangan supaya anggaran masuk dan keluar tercatat dengan jelas. Budgeting bisa menjadi acuan evaluasi keuangan untuk menjaga keuangan tetap stabil.

Kata budgeting sering kamu dengar jika menyangkut perencanaan keuangan. Budgeting adalah proses perencanaan mengelola keuangan yang disesuaikan kebutuhan masing-masing. Budgeting atau anggaran sangat diperlukan untuk siapapun baik individu atau perusahaan, karena dapat membantu kamu atau perusahaan mengontrol keuangannya.

Pada prosesnya juga, budgeting dapat membantumu membuat keputusan finansial lebih baik dan matang. Dengan mengelola dan menyusun budget plan, kamu dapat mempersiapkan keuangan untuk berbagai kebutuhan seperti belanja bulan, alokasi dana darurat, dan menghemat dana lebih baik lagi.

Apakah budgeting penting? Penting banget! Maka dari itu, yuk ketahui lebih jauh mengenai budgeting, manfaatnya dan cara membuat anggaran yang baik serta sesuai dengan kamu di artikel ini ya!

Apa Itu Budgeting

Budget adalah kata dari bahasa Inggris yang artinya anggaran belanja atau mengatur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata bujet adalah rencana anggaran terperinci sebagai pedoman untuk menjalankan operasional finansial pada masa yang akan datang dan dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan penilaian atas pelaksanaan.

Budgeting adalah proses dalam melakukan perencanaan, melaksanakan, dan mengelola anggaran yang masuk. Apa itu proses budgeting? Proses budgeting sendiri terdiri perkiraan alokasi dana, kemudian seseorang akan membuat budget plan. Dalam pelaksanaanya, seseorang perlu melakukan pengendalian dana seperti mengalokasikan dana untuk dana darurat, tabungan, asuransi atau investasi.

Dalam akuntansi, budgetingadalah rencana keuangan yang sudah disusun dan disesuaikan dengan tujuan perusahaan dalam periode waktu yang sudah ditentukan. Dalam melakukan bisnis, perencanaan keuangan yang terorganisir untuk menghindari, mengantisipasi dan memperkirakan kondisi yang akan terjadi dan menyesuaikan tren yang berlaku untuk mengambil keputusan.

Secara sederhana, budgeting adalah kegiatan menyusun dan merencanakan anggaran keuangan yang disesuaikan kebutuhan berdasarkan jangka waktu yang sudah dituju dengan perkiraan yang sudah diprediksi sebelumnya.

Manfaat Budgeting

Setelah mengetahui pengertian budgeting, maka kamu juga perlu tahu manfaat budgeting untuk keuangan kamu. Setelah membaca definisi budgeting, maka kamu bisa menggambarkan manfaat dari bagian perencanaan keuangan ini.

Kenapa harus budgeting? Karena proses budgeting memiliki fungsi yang akan memberikan manfaat seperti:

1. Mengatur Pengeluaran

Ketika kamu menerima pendapatan setiap bulan, kadang-kadang beberapa orang dan kemungkinan kamu tidak sadar mengenai pengeluaran bulanan atau mingguan yang dihabiskan untuk hal-hal yang tidak perlu. Dengan demikian, pendapatan kamu akan sia-sia habis karena untuk kebutuhan yang tidak perlu diutamakan.

Maka, fungsi budgeting untuk perencanaan keuangan di sini adalah membantu mengidentifikasikan pengeluaran tidak perlu.

Sebagai contoh, kamu memiliki dua akun langganan layanan TV premium. Pengeluaran seperti itu sebenarnya bisa dikendalikan, kamu dapat berganti-ganti setiap bulannya dan menyisihkan dana yang dipakai untuk melakukan pembayaran langganan tadi.

2. Membantu Mencapai Tujuan Finansial

Salah satu cara mencapai tujuan finansial adalah dengan membuat alokasi prioritas kebutuhan serta rutin membuat laporan keuangan pribadi. Dengan melakukan budgeting, kamu tentunya dapat membuat perencanaan dengan alokasi keuangan kamu melalui tabungan pribadi, asuransi, atau investasi. Menyisihkan uang dan menerapkan budgeting adalah langkah awal kamu untuk mencapai tujuan finansial kamu.

Selain itu juga, dengan membuat perencanaan keuangan yang baik, kamu juga dapat mengetahui utang yang perlu dibayar, dan mengalihkan uang kamu untuk menabung daripada membelanjakan hal-hal yang tidak diperlukan.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Dengan melakukan budgeting, maka kamu dapat mengatasi biaya atau tagihan tidak terduga. Hal-hal yang tidak terduga yang melibatkan finansial kadang-kadang dapat terjadi kapan saja. Perlunya untuk menyiapkan dana darurat sekitar 10-20% dari pendapatan kamu adalah hal yang penting, karena akan membantu kamu ketika berada di kondisi yang tidak terduga.

Cara Membuat Budget Plan

Untuk mencapai tujuan keuangan, maka perlu merealisasikan budgeting dengan efektif dan baik. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam cara membagi keuangan diantaranya:

1. Menentukan Tujuan Keuangan Berdasarkan Jangka Waktu

Cara membuat budget pribadi diawali dengan menentukan tujuan keuangan kamu dahulu. Kira-kira untuk merealisasikan capaian keuangan kamu diperlukan untuk berapa bulan? Atau untuk berapa tahun ke depan? Kamu perlu menentukan apa tujuan kamu terlebih dahulu dalam menyusun budget plan, misal liburan ke luar negeri, jalan-jalan keluarga, atau beli properti rumah.

Kamu bisa menulis hal tersebut dalam catatan keuangan kamu, memperkirakan budget uang yang akan ditabung atau dialokasikan untuk membeli kendaraan baru, mencicil untuk membangun rumah dan lain-lain. Jika tujuan kamu sudah jelas, maka kamu bisa menentukan budgeting kamu berdasarkan jangka waktu untuk meraih keinginan finansial kamu.

2. Mengenali Kondisi Keuangan

Ketika merencanakan keuangan kamu sudah menetapkan tujuan finansial yang ingin dicapai maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengenal kondisi keuangan kamu. Dengan begitu kamu dapat memperhatikan bagaimana kebutuhan kamu serta berapa banyak uang yang digunakan untuk kebutuhan primer dan sekunder. Hal ini perlu dipertimbangkan kembali, sehingga dalam melaksanakan proses budgeting kamu tidak akan terbebani.

3. Merekap Pendapatan Masuk dan Keluar

Agar perencanaan keuangan kamu semakin maksimal, kamu dapat membuat rekapan pendapatan dan biaya keluar dengan mencatat setiap transaksi pribadi kamu. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi pengeluaran mana yang paling besar dan dapat dialihkan pada tabungan atau investasi agar lebih hemat dan dapat lebih berprogres capai tujuan finansial.

4. Menerapkan Metode Budgeting 50 30 20

Metode budgeting 50 30 20 merupakan metode yang cukup familiar dan biasa digunakan dalam mengelola budgeting pribadi. Metode budgeting 50 30 20 adalah aturan yang menerapkan pengelolaan dana ke dalam tiga kategori yaitu, kebutuhan, keinginan dan masa depan atau utang.

Angka 50, 30, 20 merupakan salah satu contoh persentase dana yang akan dialokasikan ke tiga kategori, misalnya kamu dapat menerapkan:

  • 50% untuk kebutuhan sekunder dan primer
  • 30% untuk dana darurat, masa depan, dan membayar utang
  • 20% untuk keinginan kamu, misalnya membeli kendaraan dan lain-lain sebagainya

Metode budgeting ini tentunya disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kamu dahulu ya. Kamu perlu mengetahui proporsi pendapatan dan pengeluaran kamu dahulu, kemudian kamu menerapkan metode 50/30/20 seperti perumpamaan dan penjelasan sebelumnya.

5. Selalu Utamakan Menabung

Untuk memaksimalkan rutinitas budgeting, kamu perlu menanamkan pemikiran kembali ketika ingin membeli barang baru yang tidak diperlukan sekali atau urgen. Dengan menerapkan pemikiran menabung untuk kebutuhan nanti, kamu menjadi lebih hati-hati dalam menghabiskan anggaran.

Tetapi perlu diingat kembali, dalam melaksanakan budgeting tentunya membutuhkan waktu dan penyesuaian dalam waktu yang relatif lama atau mungkin sebentar. Hal ini karena setiap orang memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Berfokuslah untuk membuat keputusan harian dengan pertimbangan kamu dalam melakukan tujuan budgeting sendiri ya.

Penutup

Dalam melakukan perencanaan keuangan dengan budgeting maka kamu akan lebih mudah dalam mencapai keinginan dan tujuan dari keuangan kamu. Dengan demikian, budgeting adalah metode yang dapat membantu kamu melakukan perencanaan, eksekusi, evaluasi, dan monitoring keuangan kamu menjadi lebih baik.

Namun perlu diketahui juga bahwa setiap orang memiliki caranya masing-masing berdasarkan kebutuhan dan kondisi yang berbeda. Kamu juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kamu baik secara kebutuhan dan keuangan kamu ya.

Budgeting adalah keterampilan yang bisa digunakan oleh siapapun dalam melakukan financial planning, dengan membiasakan diri membuat budgeting maka kamu tidak perlu khawatir dalam pengelolaan keuangan di masa depan.

Selain itu juga, dalam budgeting kamu akan mengalokasikan dana kamu dengan menabung, membeli produk proteksi keuangan atau investasi sebagai kebutuhan di masa depan atau menambahkan keuntungan. Jika kamu tertarik dengan investasi modal minim, maka skema equity crowdfunding cocok untuk kamu sebagai pemula.

Melalui skema equity crowdfunding, kamu bersama investor lain bersama-sama mendanai bisnis potensial dan menjadi pemilik bisnis yang kamu danai dengan modal kecil dimulai Rp1 juta saja. Kamu akan mendapatkan keuntungan berupa dividen sesuai performa bisnis yang kamu danai. Selain itu, bisnis yang kamu danai tersebut dapat berkembang dan melakukan ekspansi bisnis.

Investasi crowdfunding merupakan investasi jangka panjang, tetapi perlu juga menentukan pilihan platform equity crowdfunding yang berpengalaman mendanai bisnis-bisnis di berbagai sektor industri dan sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan seperti LandX.

Karena itu…

Yuk, Maksimalkan Budgeting Kamu untuk Wujudkan Target Finansial Impian Melalui LandX!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

#Patungan Bisnis#Analisis Bisnis#Laporan Keuangan

Baca Juga