Dalam dunia investasi dividen pasti menjadi salah satu topik yang sering dibahas dan ditunggu oleh para investor terutama bagi investor yang berinvestasi melalui instrumen saham yang pasti menunggu pembagian dividen.

Hal ini karena dividen merupakan salah satu bentuk return/ keuntungan yang didapatkan dari investasi yang dilakukan.

Oleh sebab itu, dividen tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan sebelum melakukan investasi.

karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut tentang apa itu dividen dan bagaimana kebijakan pembagian dividen dalam investasi yang kita lakukan.


Table of Content


Apa Itu Dividen?

Dividen adalah pembagian keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan atau bisnis kepada para investor atau pemegang saham yang menanamkan modal mereka kepada proyek tersebut.

Apabila kamu berinvestasi ke dalam saham, dividen adalah salah satu sumber return utama dari saham yang kamu beli selain potensi capital gain yang bisa didapatkan. Dividen berasal dari laba bersih yang didapatkan dari kegiatan usaha yang dilakukan oleh suatu bisnis.

Simpelnya, dividen adalah pembagian keuntungan bersih yang didapatkan perusahaan kepada para investor yang telah mempercayakan modal mereka kepada perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, dividen merupakan salah satu bentuk pengembalian dari investasi yang telah dilakukan.

Kebijakan pembagian dividen sebelumnya dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan membahas berbagai kebijakan korporasi yang akan diambil kedepannya termasuk di dalamnya tentang pembagian dividen.

Karena itu, kebijakan terkait dividen seperti apakah akan dibagikan atau dijadikan laba ditahan untuk cadangan modal dan besar dividen dibagikan akan dibahas bersama-sama dalam RUPS. Karena itu, kebijakan dividen merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami oleh para investor karena setiap perusahaan bisa saja berbeda-beda.

Kapan Dividen Dibagikan?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, dividen dibagikan setelah persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)  yang dilakukan sekali setahun. Namun, ada juga dividen interim yang mungkin saja dibagikan lebih dari satu kali dalam setahun.

RUPS biasanya akan diadakan pada kuartal I/ II setiap tahunnya sehingga pembagian dividen juga akan tidak lama setelah itu.

Berbagai Jenis Dividen

Setelah paham apa itu dividen, berikutnya mari kita bahas berbagai jenis dividen:

1. Dividen Tunai

Dividen tunai bisa dibilang merupakan bentuk paling umum dari dividen yang sering dibagikan kepada para investor. Dividen tunai adalah dividen yang dibayarkan dalam bentuk dan akan dikenakan pajak sesuai dengan aturan.

Jenis dividen ini pasti sangat sering anda kita temukan karena biasanya kita bisa menemukan info ini diberbagai media dan portal keuangan.

2. Dividen Saham

Selain dividen tunai, saham juga merupakan  bentuk dividen yang cukup umum dibagikan kepada para investor. Dividen saham merupakan dividen yang diberikan dalam bentuk penambahan porsi saham yang dimiliki oleh investor. Hal menjadikan para investor memiliki jumlah saham yang lebih banyak dari sebelumnya.

3. Dividen Properti

Dividen properti adalah dividen yang dibayarkan dalam bentuk aset, jenis ini cukup jarang kita temukan karena perhitunganya bisa terbilang cukup sulit. Hal ini biasanya dilakukan perusahaan apabila uang mereka sudah terlanjur dimasukkan ke dalam investasi lain.

4. Dividen Skrip

Dividen skrip adalah dividen dengan bentuk surat hutang sehingga pembayaran dividen akan dilakukan di akhir periode sesuai dengan perjanjian dalam surat hutang. Dalam surat hutang ini perusahaan juga harus membayar bunga dari hutang ini kepada para investor.

Kebijakan pembagian dividen skrip ini biasanya dilakukan perusahaan karena keterbatasan uang tunai yang mereka miliki sehingga perusahaan memutuskan untuk mengambil hutang jangka pendek kepada perusahaan.

5. Dividen Likuidasi

Dividen likuadasi adalah dividen yang dibagikan kepada investor saat perusahaan mengalami kebangkrutan sehingga mereka mengembalikan modal investor dengan sisa aset yang mereka miliki. Oleh sebab itu, dividen ini bersifat optional dengan bagaimana kondisi perusahaan yang mengalami kebangkrutan.

Rumus dan Perhitungan dalam Dividen

Dalam menghitung dividen, terdapat beberapa perhitungan rasio keuangan yang digunakan, berikut beberapa rumus dan perhitungan penting dalam dividen:

1. Dividend Payout Ratio (DPR)

DPR atau dividend payout ratio adalah penghitungan untuk mengukur seberapa banyak laba bersih perusahaan yang akan dibagikan kepada para investor melalui dividen. Hal ini karena tidak semua laba bersih tidak semuanya akan dibagikan kepada investor karena bisa saja diputarkan kembali untuk pengembangan bisnis ke depan.

Contoh simpelnya seperti ini, apabila perusahaan A mendapatkan laba bersih Rp 1.000.000.000 dan memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 250.000.000 maka dividend payout rationya adalah 25% dengan perhitungan sebagao berikut:

250.000.000/1.000.000.000 *100%

= 25%

2. Dividend Per Share (DPS)

Dividend Per Share (DPS) adalah dividen per lembar saham. Angka ini didapat dari pembagian dividen perusahaan dengan jumlah total lembar saham. DPS menjelaskan berapa besar dividen yang dihasilkan oleh satu lembar yang dimiliki oleh investor.

Misalnya seperti ini, perusahaan C memiliki memiliki 100.000 lembar saham dan membagikan dividen sebesar Rp 100.000.000, maka DPS dihitung sebagai berikut:

DPS = 100.000.000/100.000 = 1000

maka DPS dari saham C adalah Rp 1.000

3. Dividend Yield

Dividend yield adalah perbandingan seberapa besar dividen yang dibagi perusahaan terhadap harga saham yang sedang beredar.[6]

Contoh sederhana:

  • Dividend Per Share (DPS) dari PT. ABC adalah Rp 500,-.
  • Harga saham PT. ABC adalah Rp 10.000,-.
  • Dividend yield = 500 / 10.000 * 100% = 5%.

Jadi, dividend yield dari PT. ABC adalah 5%.

Dividen Sebagai Passive Income

Dividen merupakan salah satu return investasi sehingga tentu saja bisa menjadi salah satu sumber passive income untuk membantu anda mencapai financial freedom.

Tapi tentu anda harus bisa menghitung berapa banyak investasi yang harus anda lakukan agar bisa menghasilkan dividen yang bisa memenuhi kebutuhan anda.

Selain itu, kamu harus paham bahwa dalam saham, dividen bukanlah sumber return utama karena return bisa saja berupa capital gain karena peningkatan harga saham dari waktu ke waktu.

Kalau kamu mau investasi dengan dividen rutin jangka panjang yang menjanjikan, maka kamu bisa coba investasi dengan skema equity crowdfunding untuk mempermudah anda ikut patungan ke berbagai bisnis dan UKM terbaik dan bisa menikmati dividen dari keuntungan bisnis tersebut.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang akan membantu kamu menemukan bisnis terbaik yang telah melewati kurasi ketat sehingga potensi anda bisa menemukan bisnis terbaik dengan lebih mudah.

karena itu...

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Berbagai info Terbaru Terkait Investasi? Yuk Follow @landx.id di Instagram


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis  #SecuritiesCrowdfunding   #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan     #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha