Dalam dunia bisnis, kamu pasti pernah mendengar istilah joint venture atau perusahaan patungan yang dilakukan merupakan kebijakan yang diambil beberapa perusahaan belakangan ini.

Joint venture adalah kerja sama yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahaan untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati oleh semua pihak yang terlibat dalam kerja sama ini.

Joint venture adalah strategi yang dilakukan untuk berbagai tujuan seperti ekspansi pasar baru atau pengembangan produk baru yang dilakukan dengan kolaborasi sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak.

Istilah joint venture juga sering disebut perusahaan patungan karena suatu perusahaan atau proyek yang dijalankan merupakan hasil kolabolasi dari dua perusahaan.

Supaya lebih paham lagi tentang apa yang dimaksud dengan joint venture dan bagaimana  contoh joint venture, yuk simak penjelasan di bawah ini.


Table of Content


Joint Venture Adalah

Pertama, mari kita bahas pengertian joint venture.

Joint venture adalah suatu perusahaan patungan yang terbentuk dari kerja sama antara dua atau lebih entitas bisnis untuk menyatukan sumber daya yang mereka miliki dalam rangka mencapai suatu tujuan yang bisa berbentuk suatu proyek atau bisnis baru.

Karena joint venture merupakan perusahaan yang terbentuk dari patungan dua bisnis, maka strategi ini dilakukan berbagai risiko dan kerugian akan ditanggung bersama-sama oleh pihak yang terlibat.

Perusahaan yang terlibat dalam joint venture akan memberikan kontribusi terbaik mereka untuk agar tujuan bersama dapat tercapai dan menghasilkan keuntungan untuk semua pihak.

Perjanjian kerja sama ini biasanya memilki jangka waktu tertentu dan akan selesai apabila tujuan spesifik yang diinginkan sudah tercapai.

Perbedaan Joint Venture dengan Partnership

Walaupun sekilias terlihat sama, joint venture dan partnership merupakan dua konsep kerja sama berbeda. Dalam partnership, entitas bisnis yang terlibat bersifat tunggal yang melibatkan dua pihak atau lebih.

Joint venture memiliki sistem yang lebih komplek karena kerja sama ini merupakan penggabungan dua atau lebih entitas bisnis yang akhirnya membentuk suatu entitas bisnis baru. Jadi bisa dipastikan bahwa joint venture pasti menghasilkan suatu entitas bisnis baru yang merupakan hasil dari kolaborasi beberapa perusahaan.

Alasan Kenapa Joint Venture Dilakukan

1. Pengoptimalan Sumber Daya

Joint venture membantu pemanfaatan sumber daya menjadi lebih optimal melalui penggabungan sumber daya dari berbagai pihak yang membuat pencapaian tujuan menjadi lebih cepat. Contohnya, satu pihak memiliki kemampuan riset dan pengembangan sedangkan satu pihak lain memiliki kemampuan manufaktur yang baik lalu mereka berkolaborasi untuk menciptakan suatu produk yang unggul di pasaran.

2. Kombinasi Keahlian

Perusahaan-perusahaan yang terlibat joint venture memiliki spefikasi dan keahlian yang berbeda-beda sehingga saat melakukan joint venture keahlian tersebut dapat dikombinasikan. Karena itu, dalam perjanjian joint venture biasa akan dijelaskan kontribusi seperti apa yang harus diberikan oleh semua pihak terkait.

3. Menghemat Biaya

Perusahaan patungan biasanya juga dibentuk dengan tujuan menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai suatu tujuan. Joint venture membantu perusahaan meningkatkan economic scale sehingga dapat menekan berbagai biaya dalam bisnis.

4. Menciptakan Inovasi Produk Baru

Join venture biasanya menghasilkan produk dengan inovasi terbaru yang dihasilkan dari kolaborasi berbagai pihak. Karena itu JV menjadi salah satu cara perusahaan untuk menghasilkan produk dengan inovasi baru yang dibutuhkan oleh pasar.

5. Memasuki Pasar yang Lebih Luas

Kolaborasi dan kombinasi dari perusahaan membuat perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam joint venture dapat memasuki pasar dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan jaringan-jaringan yang mereka miliki.

Karena itu, joint venture seling digunakan oleh saat suatu perusahaan ingin memasuki pasar internasional dengan membangun kolaborasi dengan perusahaan lokal yang sudah memiliki jaringan bisnis yang baik sebelumnya. Oleh sebab itu, banyak bisnis melakukan joint venture pada proses awal mereka melakukan ekspansi ke pasar global.

Perjanjian Joint Venture

Setiap entitas bisnis atau perusahaan yang terlibat dalam suatu joint venture biasanya akan terikat dalam suatu kontrak atau perjanjian yang isinya menyesuaikan dengan kesekapatan dan tujuan dari dibentuknya suatu perusahaan patungan tersebut.  

Karena itu, perjanjian ini akan berbeda-beda menyesuaikan tujuan yang ingin dicapai oleh pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian.

Umumnya perjanjian berisikan hal-hal penting seperti siapa saja yang terlibat dan bagaimana peran dari pihak-pihak tersebut, pembagian kepemilikan dan keuntungan dari hasil kolaborasi, penggunaan sumber daya, dan status hukum dari perusahaan patungan yang dibentuk.

Kesimpulan

Joint venture merupakan bentuk kolaborasi dari dua atau lebih entitas bisnis/ perusahaan untuk menghasilkan suatu perusahaan baru. Sistem ini memberikan banyak keuntungan karena perusahaan dapat mengkombinasikan keahlian yang mereka miliki satu sama lain sehingga menghasilkan suatu produk baru yang sedang dibutuhkan pasar.

Berbicara tentang patungan, LandX merupakan platform equity crowdfunding yang memberikan kamu kesempatan untuk ikut patungan membangun bisnis dengan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang anda.

Bersama LandX, kamu akan menemukan bisnis-bisnis terbaik yang sudah diseleksi ketat oleh pihak LandX sebelumnya sehingga investasi bisnis kamu menjadi jauh lebih mudah.

Karena itu,,,,

Yuk Temukan Bisnis Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang Kamu di LandX

patungan bisnis melalui skema equity crowdfunding bareng landx

Mau Berbagai Informasi Menarik Seputar Keuangan Lainnya? Yuk Follow Instagram Kami @landx.id


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha