Investor Penerbit
menu-mobile

Memahami Apa Itu Valuta Asing: Pengertian, Fungsi dan Transaksi Valas

22 July 2022

|

9 Min Read

|

Author: Rafa Syawalia S
Arti valuta asing dan apa saja jenis-jenis valuta asing

Valuta asing adalah mata uang yang digunakan dalam perdagangan internasional. Alat tukar ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu valuta asing fisik dan valuta asing non fisik.

Dalam dunia bisnis kamu pasti pernah mendengar apa itu valuta asing. Valuta asing atau valas adalah mata uang yang digunakan ketika melakukan perdagangan atau transaksi dengan skala internasional. Arti valas merujuk ke indikator atau parameter yang digunakan oleh perorangan, badan, dan negara dalam melakukan transaksi ekonomi. 

Selain digunakan untuk melakukan perdagangan, valuta asing bisa digunakan sebagai salah satu bentuk investasi. Adanya pergerakan harga yang cepat pada valas seringkali membuat valas menjadi bentuk investasi yang cukup diminati oleh kalangan masyarakat. Ini karena valuta asing adalah salah satu instrumen investasi dengan tingkat pengembalian investasi dan labanya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan nilai rata-rata perdagangan lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk kita bahas apa itu valuta asing, fungsi dan transaksi kurs valuta asing.

Apa itu Valuta Asing?

Valuta asing adalah suatu istilah dalam dunia ekonomi yang erat kaitannya dengan perdagangan internasional. Secara sederhana, apa itu valuta asing berarti mata uang yang digunakan dalam perdagangan internasional. 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, valuta asing adalah mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional Sementara itu mengutip berkas.dpr.go.id, valuta asing merupakan mata uang yang diakui, digunakan, dipakai dan diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. 

Syarat utama sebuah mata uang asing bisa menjadi valuta asing atau digunakan dalam perdagangan internasional, yaitu mata uang asing yang termasuk dalam hard currency atau mata uang yang memiliki nilai tukar kuat terhadap mata uang lain.

Biasanya, mata uang yang termasuk dalam hard currency yaitu mata uang yang berasal dari negara maju dengan pengaruh ekonomi yang cukup kuat di dunia. Contohnya, Euro, Dollar Amerika Serikat, atau Yen Jepang.

Valas termasuk devisa bagi sebuah negara. Dalam hal ini, semakin sering suatu mata uang tertentu digunakan, akan semakin menguntungkan untuk negara pemilik mata uang tersebut. 

Sementara itu, mata uang Indonesia masih terbilang lemah dan jarang digunakan sebagai alat pembayaran berskala internasional. Sehingga, rupiah masih tercatat sebagai soft currency.

Fungsi Valuta Asing

Semua transaksi membutuhkan alat tukar seperti uang. Pada perdagangan internasional, baik berupa barang atau jasa, alat tukar menukar yang digunakan adalah valuta asing. Dalam penggunaanya, fungsi valuta asing akan dibahas sebagai berikut:

1. Alat Pembayaran dan Tukar Skala Internasional

Dalam transaksi internasional, apa itu valuta asing merupakan alat pembayaran yang sah dan diakui semua negara. Selain sebagai alat pembayaran pada transaksi perdagangan, dalam kegiatan transaksi valas bisa menjadi alat pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar utang satu negara dengan negara lainnya.

Penggunaan valuta asing tidak terbatas hanya pada perdagangan internasional, namun penggunaan valas bisa digunakan ketika melakukan pembayaran jasa. Setiap transaksi jasa yang terjadi antar negara bisa dibayar dengan menggunakan valuta asing.

2. Alat Pengendali Kurs Mata Uang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurs mata uang adalah nilai tukar satu mata uang terhadap mata uang lainnya. Dalam hal ini, kurs mata uang merupakan sesuatu yang perlu dikendalikan karena kurs mata uang cukup fluktuatif.

Nilai mata uang yang terlalu sering naik turun dengan rentang yang jauh bisa mengakibatkan kondisi ekonomi menjadi goyah dan tidak stabil. Peran pemerintah di sini akan menggunakan valuta asing untuk mengendalikan kurs mata uang supaya tetap stabil. 

Misalnya dengan adanya kurs Rupiah ke Dolar Amerika Serikat, maka nilai tukar Rupiah bisa diketahui apakah sedang mengalami kenaikan atau penurunan. Dengan kata lain, kurs bisa menjadi tolak ukur menjaga kestabilan nilai mata uang suatu negara.

3. Alat Memperlancar Perdagangan Internasional

Fungsi valas selanjutnya adalah melancarkan perdagangan internasional yang supaya tidak memerlukan waktu yang banyak. Dengan menggunakan valas, setiap negara bisa melakukan kegiatan jual beli antar negara tanpa terkendala mata uang. 

Sebagai contoh, Dolar Amerika Serikat bisa digunakan dalam perdagangan internasional karena mata uang tersebut mudah ditukarkan ke dalam mata uang negara lain (yang melakukan interaksi) sehingga proses transaksi pun berjalan dengan mudah.

Jenis-jenis Valuta Asing

Pada penggunaanya, valuta asing yang digunakan akan terbagi menjadi dua jenis. Apa saja jenis-jenis valuta asing? Berikut merupakan jenis-jenis valuta asing yang sering digunakan:

1. Valas Fisik

Jenis pertama valas adalah valas fisik. Jenis ini adalah uang yang digunakan dalam arti dan bentuk sebenarnya. Biasanya dikenal dengan uang kartal atau uang logam yang digunakan dalam perdagangan internasional.

2. Valas Non-Fisik

Jenis yang kedua adalah valas non-fisik. Pada jenis ini, maka transaksi valas terjadi tidak menggunakan uang fisik, namun menggunakan surat berharga, atau uang giral. Bisa juga menggunakkan wesel, cek, atau surat berharga lainnya yang bisa menggantikan uang.  

Jenis-jenis Transaksi Valuta Asing

Jenis-jenis transaksi valas dibagi menjadi empat yang akan dibahas sebagai berikut ini:

1. Transaksi Spot

Transaksi spot adalah transaksi yang berupa pembelian dan penjualan valas atau mata uang asing dengan cara serah terima dan pembayaran antar bank segera diselesaikan dalam waktu dua hari kerja.

Di dalam transaksi ini ada tiga jenis transaksi turunannya. Transaksi yang pertama adalah value today yang penyerahan dana hasil transaksi dilakukan di hari yang sama. Transaksi kedua adalah transaksi spot, value tomorrow yang penyerahannya dana hasil transaksi valas dilakukan keesokan harinya (harus hari kerja).

Transaksi yang terakhir adalah value spot yang penyerahan dana akan dilakukan dua hari setelah kontrak dibuat.

2. Transaksi Forward

Kontrak transaksi jenis ini ditandatangani pada hari yang sama dan dalam waktu yang cepat, serta pembayarannya dilakukan sesuai dengan tanggal yang ditetapkan. Transaksi ini disebut transaksi berjangka.

3. Transaksi Swap

Transaksi ini melibatkan kontrak pembelian dan penjualan valas dengan menggunakan harga spot yang sudah dikombinasikan dengan transaksi pembelian dan penjualan valas dengan harga forward. Transaksi ini adalah kombinasi transaksi spot dan transaksi forward. 

4. Transaksi Option

Transaksi ini biasanya ada untuk mereka yang melakukan trading valas. Transaksinya berupa kontrak yang akan dipakai untuk mendapatkan hak dalam upaya membeli atau menjual valuta asing pada harga, rentang waktu, dan tanggal akhir tertentu.

Apa Itu Kurs Valuta Asing?

Jika mendengar kata valas, biasanya sering dikaitkan dengan kurs. Kurs salah satu istilah yang sering digunakan dalam bidang keuangan dan dikenal sebagai nilai tukar (exchange rate). Secara umum, kurs dapat diartikan sebagai harga nilai mata uang yang dapat diukur dengan nilai mata uang luar negeri serta bisa dibeli atau ditukar dengan mata uang lain. 

Kurs valuta asing adalah rasio nilai antara mata uang domestik dengan mata uang lainnya. Kurs valuta asing ini dengan kata lain menunjukkan perbandingan nilai antara dua mata uang yang berbeda dalam perdagangan internasional. 

Sistem Kurs Valuta Asing

Kurs valuta asing adalah perbandingan antara nilai mata uang dalam negeri dengan mata uang luar negeri. Penggunaan ini biasa ditemukan dalam transaksi perdagangan internasional. Dalam penerapannya, sistem kurs valuta asing terbagi menjadi tiga, yaitu:

1. Sistem Kurs Tetap

Sistem kurs tetap kerap dikenal sebagai fixed exchange rate. Dalam sistem ini, nilai tukar mata uang akan bersifat tetap. Maka dari itu, nilai tukar mata uang mengikuti aturan yang dibuat oleh bank sentral.

Pemerintah melalui bank sentral memainkan perannya dalam sistem kurs tetap. Kemudian pemerintah melalui bank sentral dapat membeli atau menjual valas, jika nilai tukar tidak sesuai dengan standar atau aturan yang mereka terapkan.

2. Sistem Kurs Mengambang

Selanjutnya adalah sistem kurs mengambang atau biasa dikenal floating exchange rate, beberapa orang menyebutkan sistem kurs bebas. Pada sistem ini, nilai tukar dari mata uang dipengaruhi oleh kekuatan pasar valuta asing. Nantinya, setiap penawaran dan juga permintaan terhadap suatu mata uang asing akan menentukan nilai mata uang itu sendiri.

Dalam sistem ini, nilai tukar dari mata uang akan terus berubah bagi peserta pasar valuta asing. 

3. Sistem Kurs Mengambang Terkendali

Sistem ketiga adalah sistem yang menggabungkan antara sistem kurs tetap dan sistem kurs bebas. Pada jenis ini, pemerintah melalui bank sentral dan juga pasar valuta asing sama-sama memiliki hak dan kemampuan untuk menentukan nilai tukar valas.

Mekanisme dari penentu nilai tukar valas akan diserahkan ke pasar. Namun, setiap pergerakan harga tersebut dikontrol oleh pemerintah yang bertujuan menghindari kenaikan ataupun penurunan yang ekstrem.

Jenis Kurs Valuta Asing

1. Kurs Jual

Jenis kurs pertama adalah kurs jual. Kurs Jual adalah harga mata uang asing yang diberikan oleh bank atau money changer yang menjual valuta asing. Kurs ini digunakan sebagai contoh, ketika kita menukar rupiah dengan mata uang asing.

2. Kurs Beli

Selain kurs jual tentunya ada kurs beli. Kurs beli merupakan nilai yang digunakan oleh bank atau money changer ketika akan membeli mata uang asing dari kita. Kurs ini digunakan sebagai contoh, ketika kita ingin menukar mata uang asing ke rupiah.

Investasi Valuta Asing

Investasi valas sering disebut juga dengan Foreign Exchange atau Forex. Hal ini merupakan tempat di mana mata uang asing dipertukarkan dan pertukarkan ini terjadi di internet. Sebagai pemula, Forex tidak dianjurkan karena memiliki risiko yang tinggi.

Risiko yang tinggi disebabkan karena adanya pengaruh naik turun kurs valas. Jika volatilitas tinggi maka harga naik pun tinggi dengan cepat, namun hal tersebut juga bisa turun secara tiba-tiba dan memunculkan selisih sangat besar antara harga terendah dan harga tertinggi dalam suatu waktu.

Jika kamu tertarik dengan investasi valas, kamu harus mengantisipasi risiko jika memilih valuta asing sebagai instrumen investasi. 

Pertama, tentunya semua investasi memiliki tingkat risikonya masing-masing, begitu juga dalam investasi valuta asing. Kedua, pergerakan mata uang sulit diprediksi, karena nilai mata uang bisa dibilang fluktuatif. Adanya faktor yang mempengaruhi mata uang asing di pasar. Nilai mata uang pun bisa berubah-ubah berdasarkan faktor ekonomi, geopolitik, bahkan karena faktor transaksi yang dilakukan. 

Jika banyaknya transaksi dalam pembelian, maka akan membuat mata uang tersebut memiliki kenaikan. Sebaliknya, jika banyak orang mulai menjual mata uang yang dimiliki, kemungkinan nilainya akan turun.

Ketiga, perlu memilih mata uang yang cenderung tetap dan stabil terhadap rupiah. Jika tidak memilih mata uang yang seperti ini, mungkin akan mempengaruhi nilai jual dan nilai beli dari faktor yang sebelumnya dibahas. Hal ini tidak tentu juga karena kondisi negara bisa berubah-ubah. 

Terakhir, kita perlu mengikuti perkembangan dan informasi pergerakan kurs. Valas memiliki sifat fluktuatif dan dapat dipengaruhi berbagai macam sentimen. Selain itu juga, sering terjadinya penipuan di internet pada investasi valuta asing membuat kita perlu menghindari broker penipu serta mengawasi investasi kita dengan hati-hati. 

Setelah mengetahui valuta asing sebagai instrumen investasi, kita sekarang bisa memilih instrumen investasi yang menawarkan keamanan dan risiko yang bisa disesuaikan dengan profil risiko dan tujuan finansial kita loh. 

Jika kamu adalah seorang yang lebih memilih investasi minim risiko, kamu bisa memilih berinvestasi dengan skema securities crowdfunding.

Securities crowdfunding merupakan skema pendanaan untuk bisnis UMKM dengan cara patungan masyarakat luas. Melalui securities crowdfunding, kalian bisa menjadi salah satu pemilik bisnis potensial dimulai dengan modal kecil.

Selain mendapatkan keuntungan berupa dividen, kalian juga mendanai bisnis potensial yang berpotensi bertahan dalam waktu jangka panjang juga. Tentunya, dengan memilih platform securities crowdfunding yang tepat, bisnis yang kalian danai memiliki prospek yang bagus dan berpotensi.

LandX merupakan salah satu platform securities crowdfunding yang telah berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berpengalaman dalam membantu perkembangan bisnis potensial.

Yuk Patungan Bisnis Potensial Lewat LandX Sekarang!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

#Instrumen Investasi#Cara Investasi#Investasi untuk Pemula#Tips Investasi#Diversifikasi Investasi

Baca Juga