menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Memahami Konsep Investasi Melalui Equity Crowdfunding (ECF)

Thursday, 9 Sep 2021

Read in 4 minutes

Author: Abdul Wahhab

Equity crowdfunding adalah skema pendanaan kepada suatu bisnis/ UKM dengan skema patungan dari masyarakat luas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital Yuk pelajari lebih lanjut tentang berinvestasi lewat skema satu i


Dalam berinvestasi, anda tentu saja membutuhkan diversifikasi agar investasi anda menjadi lebih menguntungkan. Equity crowdfunding merupakan salah satu instrumen investasi yang cocok untuk mewarnai diversifikasi investasi anda.

Equity crowdfunding adalah skema pendanaan kepada suatu bisnis/ UKM dengan skema patungan dari masyarakat luas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Para investor yang terlibat patungan akan mendapatkan bagian kepemilikan berupa saham sehingga akan mendapatkan return berupa dividen dan capital gain.

Equity crowdfunding pada dasarnya hampir sama seperti penawaran umum saham di pasar modal, namun dalam ECF skala bisnisnya lebih kecil sehingga sistem ini menjadi alternatif permodalan bagi bisnis dan UKM.

Sistem ini sangat memudahkan investor dengan modal kecil untuk mengakses sektor bisnis privat yang biasanya cukup sulit diakses. Selain itu, akses investasi melalui sistem ini sangatlah mudah karena segala sesuatunya diakomodir secara online.

Supaya lebih paham, mari kita bahas seluk beluk dari sistem ini.


Apa Itu Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding adalah sebuah sistem pendanaan kepada pihak atau bisnis yang membutuhkan dana untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka.

Sistem Pendanaan ini bisa dilakukan secara kolektif oleh beberapa orang melalui platform equity crowdfunding yang pada saat ini bisa diakses secara online.

Penggunaan platform equity crowdfunding akan mempermudah UKM untuk mengakses modal mengembangkan bisnis mereka. Dari sisi investor, platform ini akan mempermudah investasi bisnis dengan modal kecil.

Sistem ini sangat aman dan terpercaya karena telah resmi diatur OJK sehingga investasi bisnis anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Bagaimana Cara Kerja Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding pada dasarnya proses pengumpulan dana investor secara online melalui platform penyelenggara untuk pendanaan suatu proyek atau bisnis.

Bisnis yang membutuhkan investor biasanya akan mengajukan diri kepada _ * _platform equity crowdfunding* dengan memberikan proposal dan prospek bisnis kedepan.

Memamahami cara kerja instrumen investasi equity crowdfunding

Prinsip crowdfunding memiliki tiga komponen utama yaitu pencari Modal, investor dan pihak penyedia platform crowdfunding sebagai wadah bagi investor dan pencari modal.

Platform penyelenggara akan melakukan listing kepada publik sehingga pendanaan dapat mulai dilakukan. Setelah bisnis mulai berjalan, maka keuntungan kepada investor akan dibagikan melalui platfrom penyelenggara.

Simpelnya, skema ini hampir sama seperti membeli saham di pasar modal namun dalam skala bisnis kecil dan menengah.

Keuntungan Investasi Melalui Equity Crowdfunding

Sistem pengumpulan modal dengan equity crowdfunding ini sangat menguntungkan baik dari sisi pengusaha atau pencari modal maupun investor.

Bisnis dan UKM menjadi lebih mudah mengakses pendanaan untuk pengembangan bisnis sehingga perkembangan bisnis menjadi lebih cepat.

Di sisi lain, sistem ini mempermudah investor untuk berinvestasi ke berbagai bisnis menguntungkan dengan modal kecil. Selain itu, Berikut beberapa keuntungan lain berinvestasi dari sistem ini:

  • Memiliki resiko dengan cenderung rendahInvestasi melalui sistem crowdfunding memperkecil resiko investasi yang akan timbul. Hal ini dikarenakan pihak investor memiliki akses untuk membagi modalnya ke beberapa bisnis yang memiliki potensi besar sekaligus sehingga memperkecil resiko.
  • Kemudahan akses sektor privat dengan modal kecilSebelum ada platform equity crowdfunding, akses investasi kepada sektor privat seperti bisnis/ UKM agak sulit terutama untuk investor modal kecil. Namun, dengan adanya skema ini investasi bisnis menjadi jauh lebih mudah dan cakupan investornya pun jauh lebih besar.
  • Kemudahan melakukan investasi bisnis secara onlinePlatform crowdfunding memberikan akses lebih mudah kepada investor untuk menanamkan modal mereka ke dalam berbagai jenis bisnis potensial yang memiliki potensi keuntungan jangka panjang untuk mereka. Akses investasi secara online juga membuat proses investasi menjadi lebih cepat dan mudah.
  • Memahami dengan jelas aliran dana investasiCrowdfunding memiliki sistem yang terbuka sehingga investor memahami dengan spesifik kemana modal mereka akan digunakan. Keterbukaan ini menjadikan investor dapat lebih mudah memutuskan bisnis mana yang memiliki potensi keuntungan lebih besar.

Patungan Bisnis Menguntungkan Bersama LandX

Bersama LandX kamu bisa ikut patungan untuk membangun bisnis dengan potensi terbaik yang telah dikurasi dengan ketat oleh tim LandX.

Hal ini akan sangat membantu anda menemukan bisnis terbaik untuk investasi jangka panjang terbaik anda.

Yuk Cek Berbagai Bisnis Terbaik untuk Investasi Anda di LandX

Yuk Follow Instagram Kami @landx.id Supaya Anda Tidak Ketinggalan Informasi Terbaru Seputar Investasi dan Bisnis


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga