menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Memahami Naik Turun Harga Bitcoin dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Sunday, 26 Dec 2021

Read in 5 minutes

Author: Abdul Wahhab

Bagi kamu yang mendalami dunia cryptocurrency, harga Bitcoin tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan karena merupakan salah satu aset kripto dengan market capital terbesar.

Harga Bitcoin **** memang menjadi perhatian banyak orang terutama para trader yang menggunakan aset kripto satu ini untuk trading mereka karena harganya fluktuatif.

Fluktuasi harga yang cukup tinggi ini menjadi daya tarik sendiri sehingga banyak orang menjadikan bitcoin sebagai aset investasinya walaupun harganya terbilang tidak stabil.

Karena itu, untuk apabila kamu ingin berinvestasi ke dalam aset satu ini kamu harus memahami dengan baik tentang naik turun harga Bitcoin dan faktor penyebabnya.

Lebih lengkapnya, yuk kita bahas bagaimana perubahan harga Bitcoin dan faktor penyebabnya.


Table of Content


Naik Turun Harga Aset Kripto

Berbicara tentang berinvestasi ke Bitcoin, aset kripto merupakan salah satu aset fluktuatif sehingga akan sering kali mengalami naik turun. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan diri apabila berinvestasi ke dalam aset jenis ini.

Berbeda dengan sistem saham di pasar modal yang ada aturan ARB dan ARA, harga kripto seperti Bitcoin bisa mengalami naik dan turun secara drastis kapan saja sehingga kamu harus siap mental apabila kamu memilih instrumen ini untuk berinvestasi.

Akan tetapi, kita harus paham bahwa high risk membawa potensi high return karena dalam setahun saja Bitcoin bisa mengalami kenaikan harga hingga 100%. Namun yang menjadi poin penting adalah kesiapan kita dalam menerima risiko dari keputusan investasi yang telah kita ambil karena selama prosesnya Bitcoin mengalami beberapa kali penurunan yang cukup dalam.

Sebenarnya, naik turun harga sebuah kripto dipengaruhi oleh banyak faktor untuk dipahami agar kamu bisa memprediksi pergerakan harga kripto dan mengambil keputusan investasi terbaik.


Baca Juga:


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Aset Kripto

Supaya kamu bisa mengambil keputusan investasi dengan lebih bijak, yuk simak berbagai faktor yang mempengaruhi harga suatu aset kripto.

1. Permintaan dan Penawaran

Hampir sama seperti saham dan instrumen pasar modal lainnya, hukum permintaan dan penawaran menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi fluktuasi harga aset yang kamu miliki.

Apabila permintaan pasar mengalami kenaikan dan penawaran terbatas, maka harga tentu saja akan naik karena banyak orang menginginkan aset tersebut dan begitu juga sebaliknya.

Karena itu, kamu harus paham dengan baik tentang bagaiman kondisi pasar agar paham kapan harus menjual dan membeli suatu aset.

2. Pemberitaan dan Persebaran Informasi

Persebaran berbagai informasi melalui pemberitaan media massa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap harga kripto karena mempengaruhi permintaan dan penawaran dari para investor.

Apabila pemberitaan yang muncul merupakan sesuatu yang buruk, maka investor biasanya khawatir sehingga banyak dari mereka memutuskan untuk menjual aset mereka sehingga permintaan pasar turun dan harga pun ikut turun serta sebaliknya.

3. Regulasi

Regulasi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan naik turun harga suatu mata uang kripto. Walaupun mata uang ini tidak bisa diintervensi karena menggunakan sistem blockchain yang sudah terdesentralisasi tapi aturan pemerintah sering kali mempengaruhi permintaan Bitcoin di suatu negara.

Dalam beberapa waktu belakangan, kita bisa melihat beberapa negara mendukung penggunaan Bitcoin dan sebagian juga melarang yang mempengaruhi naik turun harga Bitcoin.

Fluktuasi akibat regulasi ini terjadi beberapa kali tahun ini karena ada beberapa negara yang melegalkan Bitcoin dan di sisi lain ada juga yang melarang Bitcoin di negara mereka.

4. Penggunaan Aset Cryptocurrency

Setiap kripto biasanya memiliki proyek yang berbeda-beda dan menggunakan koin yang mereka kembangkan sebagai alat tukar. Beberapa proyek seperti game biasa menggunakan koin yang mereka kembangkan sebagai alat tukar sehingga fluktuasi harga juga bergantung dengan penggunaan aset tersebut.

Semakin banyak penggunaan suatu aset, maka semakin biasanya harga akan cenderung naik dan begitu juga sebaliknya.

5. Market Capital/ Kapitalisasi Pasar

Kapitalisasi pasar adalah ukuran yang menggambarkan nilai pasar dari suatu aset kripto. Kapitalitasi dihitung dengan mengalikan jumlah token yang beredar dengan harga dari koin tersebut.

Market cap menjadi acuan untuk melihat seberapa besar cakupan suatu aset berdasarkan harga dan peredarannya di tengah masyarakat. Market capital sering dijadikan acuan di berbagai instrumen investasi seperti saham yang menjadikan market capital sebagai salah satu indikator penilaian.

Bagaimana? Kamu sekarang sudah cukup paham bukan apa saja faktor yang menyebabkan fluktuasi cryptocurrency sehingga kamu bisa menyusun rencana investasi dengan lebih baik.

Berinvestasi Kripto dengan Aman

Dalam berinvestasi, kamu harus paham bahwa setiap instrumen memiliki risikonya masing-masing sehingga kamu perlu menyusun strategi untuk menghadapi berbagai risiko yang mungkin akan terjadi selama proses investasi.

Apabila kamu memilih kripto seperti Bitcoin sebagai instrumen investasi kamu, maka kamu perlu menyiapkan diri untuk menghadapi harga Bitcoin yang sangat fluktuatif.

Maka dari itu, kamu harus menyusun tujuan investasi dalam jangka panjang dan pendek agar kamu paham kapan kamu harus membeli dan menjual aset kripto tersebut. Selain itu, hal ini sangat penting agar kita bisa mengendalikan diri saat menghadapi fluktuasi pasar yang terkadang membuat orang-orang membuat keputusan investasi yang tidak rasional.

Selain itu, kamu butuh diversifikasi **** sebagai cara untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan keuntungan dari investasi kamu. Kamu perlu membagi investasi kamu ke instrumen yang berbeda-beda sehingga kamu tidak bergantung kepada satu instrumen investasi saja yang mungkin terkadang tidak berjalan dengan baik.

Salah satu pilihan **diversifikasi ** yang bisa kamu coba adalah **investasi bisnis ** dengan **skema equity crowdfunding ** yang bisa memberikan kamu kesempatan untuk jadi pemilik bisnis dan menikmati passive income dari keuntungan bisnis tersebut dengan 1 jutaan saja.

Karena itu….

Yuk Temukan Bisnis Terbaik untuk Investasi Jangka Panjang Kamu di LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Berbagai info Terbaru Terkait Investasi? Yuk Follow @landx.id di Instagram


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id #landx #landx.id #InvestasiBisnis #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga