Apabila kamu merupakan investor pemula yang ingin masuk ke dunia saham, kamu harus paham dulu perbedaan antara trading dan investasi dalam seham sehingga kamu bisa menentukan apakah kamu ingin menjadi seorang investor atau trader saham.

Untuk pemula yang baru mau bermain tentu saja bertanya-tanya apa itu trading saham dan apa yang membedakan trading dengan investasi.

Konsep trading dan investasi seringkali kurang dipahami dengan baik oleh para investor terutama bagi mereka yang tidak menentukan tujuan dengan jelas sebelum mulai bermain di dunia saham.

Dalam dunia saham, baik trading maupun investasi sebenarnya sama-sama bertujuan untuk memberikan terbaik dari saham yang dipegang, namun dua hal ini memiliki perbedaan dari sisi bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari saham yang dipegang tersebut.

Supaya kamu tidak kebingungan lagi membedakan trading dan investasi, mari kita bahas tentang apa itu trading dan investasi agar kamu tau mau jadi investor atau trader saham.


Table of Content


Perbedaan Trading dan Investasi

Pada dasarnya, trading dan investasi sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memaksimalkan keuntungan saat berinvestasi ke dalam saham. Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan konsep dalam cara mendapatkan keuntungan dari saham yang dimiliki.

Pengertian Trading

Saat ingin mulai masuk ke dunia saham, kamu pasti sering mendengar istilah trading dan trader yang pasti membuat kamu bertanya-tanya apa itu trading saham.

Trading adalah kegiatan jual dan beli di pasar keuangan yang dilakukan dalam waktu singkat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh sebab itu, dalam trading mengambil keuntungan dari volatilitas atau naik turun dari harga suatu saham.

Berbeda dengan investasi, dalam trading anda tidak hanya menaruh uang anda ke dalam suatu instrumen lalu menunggu instrumen tersebut memberikan anda keuntungan. Dalam trading anda anda akan bertindak lebih aktif untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang anda lakukan.

Dalam trading, seorang trader atau pihak yang melakukan trading akan melakukan aktif melakukan analisis dan monitoring dari saham tersebut untuk mengetui kapan waktu membeli dan menjual suatu saham sehingga bisa mengambil keuntungan maksimal dari perubahan nilai tersebut.

Apabila anda memutuskan untuk menjadi seorang trader sahama maka anda harus bisa melakukan manajemen investasi yang baik untuk mencapai keuntungan yang optimal dalam setiap keputusan yang akan diambil.

Akan tetapi, hal ini tentu saja membutuhkan analisis yang mendalam karena hal ini bisa dibilang cukup berisiko dan agak sulit untuk pemula yang belum pernah terjun dan mendalami dunia saham sebelumnya.

Walaupun potensi keuntungannya sangat besar, kamu harus ingat bahwa keuntungan dan risiko yang berjalan beringan dalam investasi sehingga kamu juga harus sanggup menanggung risiko tersebut.

Pengertian Investasi

Investasi adalah kegiatan di mana anda menanamkan modal ke dalam suatu instrumen dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa mendatang dari instrumen tersebut.

Sehingga investasi bisa juga diartikan sebagai kegiatan menanamkan modal ke dalam suatu kegiatan ekonomi yang berpotensi menghasilkan keuntungan di masa mendatang. Artinya dalam investasi anda menaruh uang yang anda kepada suatu projek atau bisnis sehingga berhak mendapatkan keuntungan dari hasil kegiatan ekonomi tersebut.

Dalam investasi saham, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen atau capital gain karena adanya potensi kenaikan harga suatu saham dari waktu ke waktu.

Saham sendiri merupakan instrumen investasi yang bisa dijadikan invesasi jangka panjang maupun pendek tergantung dengan tujuan dari investasi anda. Oleh sebab itu, kamu perlu menentukan tujuan investasi di awal agar kamu bisa memilih saham seperti yang cocok untuk tujuan dan profil risiko yang kamu miliki.

Trading Vs Investasi

Dalam mengelola uang yang anda miliki, anda harus paham dahulu tujuan keuangan dan profil risiko yang anda miliki.

Apabila anda sanggup menanggung risiko yang besar dengan potensi keuntungan tinggi anda bisa melakukan trading agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam jangka pendek.

Namun apabila apabila sebaliknya, anda sebaiknya memilih untuk melakukan investasi dengan instrumen yang lebih stabil sehingga risiko yang anda hadapi pun lebih kecil.

Akan tetapi, anda bisa menjadi investor dan trader sekaligus dengan melakukan diversifikasi terhadap investasi yang anda lakukan.

Anda bisa menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk trading dan sisanya anda investasikan ke dalam instrumen investasi yang stabil sehingga anda bisa memperkecil risiko kerugian yang muncul.

Contohnya anda bisa memasukkan sebagian uang anda ke dalam saham yang stabil dan sisanya anda bisa masukkan ke dalam saham dengan harga yang lebih fluktuatif sehingga anda bisa mengoptimalkan keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Karena itu anda harus bisa mengatur aset yang anda miliki agar memberikan keuntungan yang maksimal.

Diversifikasi dalam Investasi

Dalam investasi, kamu harus menyusun strategi diversifikasi agar keuntungan yang kamu dapatkan menjadi maksimal. Karena itu, kamu perlu mengetahui berbagai instrumen investasi lain yang bisa memberikan kamu keuntungan.

Salah satu investasi yang cocok untuk pemula dan bisa anda coba investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding bersama LandX.

Melalui sistem ini kamu bisa membeli saham dari berbagai bisnis potensial yang ada disekitar kamu dengan modal kecil dan keuntungan yang menjanjikan.

Sistem ini hampir sama seperti membeli saham di pasar modal namun skala bisnisnya lebih kecil sehingga sebagai mempermudah investor untuk menganalisis peluang dari investasi yang dilakukan.

LandX merupakan salah satu platform equity crowdfunding yang bisa membantu anda menemukan bisnis terbaik untuk investasi jangka panjang anda.

Karena itu..

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

diversifikasi investasi anda dengan ikut patungan bisnis menguntungkan bareng LandX

Follow Juga Kami di Instagram @landx.id Supaya Anda Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi Lainnya


Baca Juga:

#YukPatungaBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha