menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Merah Putih Fund: Venture Capital Indonesia untuk Pendanaan Startup

Thursday, 9 Dec 2021

Read in 6 minutes

Author: Vlora Riyandi

Yuk pahami apa itu merah putih fund dan manfaatnya bagi bisnis Indonesia.

Beberapa waktu belakangan, rencana peluncuran venture capital Indonesia yaitu Merah Putih Fund menjadi salah satu hal yang banyak diperbincangkan banyak orang.

Kehadiran Merah Putih Fund sebagai venture capital ini tentu saja membawa harapan baru bagi sebagian orang terutama bagi bisnis-bisnis yang kekurangan modal untuk melakukan.

Venture Capital adalah pendanaan secara private pada yang biasanya dilakukan kepada perusahaan rintisan (startup) yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang. Dana venture capital umumnya berasal dari investor kaya, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya.

Supaya lebih paham tentang Merah Putih Fund dan apa perannya terhadap perekonomian Indonesia, yuk simak artikel ini sampai habis.


Mengenal Merah Putih Fund

Presiden Indonesia akan segera launching Merah Putih Fund sebagai salah satu VC Indonesia. Apa itu Merah Putih Fund? Benarkah Merah Putih Fund danai bisnis lokal?

Program Merah Putih Fund adalah program pendanaan startup teknologi dan digital di Indonesia yang akan diluncukan Presiden Joko Widodo. Program ini dikabarkan akan diluncurkan pada pertengahan Desember 2021 sebagai venture capital Indonesia.

Penggagas Erick Tohir yang melihat potensi perusahaan startup dalam negeri yang merasa belum dimaksimalkan. Menurutnya, melalui Merah Puith Fund nantinya perusahaan teknologi rintisan di Indonesia akan diberikan pendanaan, pendampingan, hingga penjaminan.

Program ini juga bentuk intervensi dari investasi asing yang umum pada perusahaan startup yang kini telah berstatus unicorn. Karena itu, pemerintah melakukan intervensi berbasis digital untuk mencegah pendanaan mayoritas yang berasal dari luar negeri dengan Merah Putih Fund.

Perusahaan berstatus unicorn seperti GoTo, Bukalapak, dan Traveloka yang pendirinya adalah orang Indonesia semuanya didanai oleh modal ventura asing. Perusahaan besar ini didukung oleh Softbank, Alibaba, GIC, dan Google pada awal pertumbuhannya.

Apa syarat perusahaan bisa mendapat pendanaan dari Merah Putih Fund? Pertama founder_nya adalah orang Indonesia, perusahaannya harus beroperasi di Indonesia dan _go public juga di Indonesia.

Menteri BUMN juga telah menugaskan lima BUMN untuk membangun Merah Putih Fund sebagai bentuk keseriusan pemerintah terhadap perusahaan lokal. BUMN terpilih ini ialah Bank Mandiri, BRI, BNI, Telkomsel, dan Telkom. Tugas utamanya adalah membidik perusaan startup yang memiliki potensi pertumbuhan.

Perusahaan-perusahaan startup yang dibidik akan diajak menjadi mitra binaan dan mitra konsorsium Merah Putih Fund. Sebagi informasi, konsorsium adalah pembiayaan bersama suatu perusahaan oleh dua atau lebih lembaga keuangan.

Hal ini tentunya mengundang perhatian para investor di Indonesia terkait bagaimana sistem pendanaanya nanti. Apakah masyarakat bisa ikut dalam pendanaan startup? Diharapkan ini menjadi pemicu munculnya startup unicorn baru di Indonesia. Startup di Indonesia sendiri seiring waktu jumlahnya semakin meningkat, sehingga hal ini menjadi hal menarik untuk dinanti.


Baca Juga:


Menanti Merah Putih Fund

Potensi ekonomi dan pasar digital Indonesia terbilang potensial, hal inilah yang membuat venture capital asing mendatangi dan mendukung perusahaan startup Indonesia. Merah Putih Fund dinantikan dapat mendorong munculnya perusahaan rintisan lokal yang berpotensi mejadi unicorn.

Merah Putih Fund perlu menciptakan ekosistem keseluruhan yang ideal untuk pendanaan startup lokal. Dengan potensi pasar yang besar maka diperlukan ketersedian manusia bertalenta digital. Pemerintah juga perlu menyiapkan infrastruktur, mekanisme, dan prinsip good governance untuk terciptanya regulasi yang kondusif.

Proses Pendanaan Venture Capital

Apakah kamu berkeinginan jadi CEO dari bisnis yang siap menguasai pasar nusantara? Ada beberapa tahap yang harus dilalui pemilik ide bisnis untuk dapat didanai oleh Venture Capital (VC).

Apa saja tahap setiap prosesnya? Berikut garis besar proses pendanaan venture capital beserta tips mempersiapkannya dari seorang venture capitalist, Evan Carmichael.

1. Screening

Proses screening adalah tahap para Venture Capitalist akan menyeleksi proposal business plan yang masuk. Proposal business plan umumnya diterima melalui email atau juga ada melalui coffee meeting jika mengenal para VC dengan baik.

Hal terpenting dari proposal business plan yang akan menentukan garis besar proposal bisnismu dibaca ialah bagian executive summary. Executive summary adalah ringkasan yang berisi rencana bisnismu secara keseluruhan yang dapat dimengerti dalam sekali baca.

Karena orang yang membaca bisa jadi adalah seorang generalis, bukan seorang spesialis. Misalkan kamu adalah seorang software specialist yang sedang mengajukan proposal business plan, diharapkan dapat menuliskannya dengan bahasa umum bukan __ bahasa pemograman.

Untuk membuat ringkasan yang baik bahkan terdapat kiasan harus melalui “grandmother test”. Artinya tulisan yang dibuat haruslah menggunakan bahasa umum yang dapat dimengerti oleh segala umur, bahkan seseorang yang berusia lanjut pun.

Dengan ringkasan yang mudah dimengerti serta ide bisnis yang potensial tentu proposalmu diprediksikan dapat lolos tahap screening.

2. The Team

Venture capitalist cenderung mempertimbangkan siapa saja orang-orang yang mendukung proyekmu. Board of Advisor, orang-orang yang akan menjadi penasihat bisnismu sehingga pihak ini memiliki bagian penting dalam proses pendanaan di venture capital.

Berbeda dengan Board of Directo_r yang langsung terjun dalam bisnismu, seorang _advisor tidak secara langsung menjadi bagian dari proses bisnis. Namun, dapat membantu meyakinkan para venture capitaslist sebagai gambaran seberapa kompeten tim yang akan menjadi guide proses bisnismu.

3. Finansial

Tahap finansial pemilik ide bisnis juga diperhitungkan, namun bukan menjadi titik utama. Venture capitalist tidak berharap kamu memiliki sejumlah finansial dalam jumlah besar, tentu karena inilah kamu mendatangi sebuah perusahaan venture capital.

Finansial yang kamu miliki menjadi bukti bahwa kamu way ahead dari pada yang lain. Membuktikan kamu paham bagaimana membangun sebuah finansial yang baik dalam berbisnis.

4. The Project

Venture capitalist selanjutnya akan membaca apakah proyek ide bisnismu bisa menghasilkan return. Sebuah ide yang terlihat amazing tetapi tidak berpotensi menghasilkan setidaknya 30% return dalam satu tahun tentu tidak membuat para VC akan tertarik.

Seorang investor tentu mengharapkan return terhadap modal yang ditanamkan.

5. The Rest of The Plan

Ide hanya segelintir hasil pemikiran, dibutuhkan rencana aksi nyata untuk dapat mengeksekusi ide ini menjadi bisnis yang menguntungkan.

6. Pitch

Setelah melewati rangkaian di atas, kamu akan dihubungi untuk diajak meeting jika proposalmu menarik perhatian para venture capitalist. Perlu menyiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan dilemparkan. Wajib memahami semua angka yang tertulis dalam proposal yang telah diajukan.

Berikan sebuah jawaban berkualitas _ di setiap pertanyaan dan tinggalkan _impression yang meyakinkan. Serta berikan pernyataan revenue momentum atau angka yang bisa kamu tawarkan pada VC.

7. Go Dive

Venture capital akan go dive mengevaluasi keseluruhan bisnismu. Mencari tahu lebih dalam untuk memutuskan yes or no terhadap pendanaan bisnismu.

Yuk Ikut Mendanai Bisnis Lokal

Bisnis lokal dengan pancaran potensi yang dimiliki menjadi peluang menjanjikan. Berandai-andai dapat ikut berpartisipasi pada bisnis yang sedang berjalan dan arus kas terlihat cuan tentu pernah terlintas di pikiran.

Tidak lagi hanya jadi angan, kini kamu bisa ikut mendanai bisnis lokal dengan investasi dengan sistem equity crowdfunding. Pilih sendiri bisnis yang ingin didanai, otomatis jadi bagian pemilik bisnis dan dapat cuan tambahan.

Berinvestasi patungan bisnis atau crowdfunding, kamu bisa jadi investor sekaligus pemilik bisnis tanpa repot kelola bisnis. Bersama LandX yang selalu menyeleksi bisnis terbaik, kamu bisa kebagian cuan dan berkontribusi pada perkembangan bisnis lokal.

#SekarangBisa investasi sekaligus jadi pemilik bisnis hanya di LandX!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Jangan Lupa Follow Instagram @landx.id Untuk Berbagai Tips Investasi Menguntungkan Lainnya


Baca Juga:


#SekarangBisa

Baca Juga