Bisnis Food and Beverages (F&B) merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya karena makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap orang. Hal ini membuat bisnis ini memiliki potensi pasar yang luas sehingga bisnis terus berkembang dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan teknologi, model bisnis F&B pun mulai berubah mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan berbagai sistem digital yang ada.

Salah satu yang paling populer belakangan ini adalah model bisnis cloud kitchen yang muncul karena semakin berkembangnya layanan pemesanan makanan online. Kemajuan ini mendorong pemilik bisnis untuk bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal agar bisa mencakup pasar yang luas.

Produk yang ditawarkan pun kini kian beragam mulai dari makanan lokal, aneka ragam kopi, boba, dan berbagai jenis cemilan yang terinspirasi dari dalam dan luar negeri.

Oleh sebab itu, apabila anda ingin memulai bisnis ini anda harus memperhatikan potensi pasar dan persaingan dalam industri F&B yang kini semakin beragam jenisnya. Karena itu, mari simak beberapa tips mengembangkan bisnis F&B yang bisa anda ikuti.

Table of Content

  1. Memberikan Pengalaman Terbaik
  2. Membangun Branding yang Baik di Media Sosial
  3. Mengoptimalkan Berbagai Platform Digital
  4. Membangun Hubungan Baik Jangka Panjang
  5. Rajin Berinovasi
  6. Diferensiasi
  7. Menyiapkan Sistem Manajemen dan Evaluasi
  8. Risiko dalam Bisnis F&B

Tips Membangun Bisnis F&B

1. Memberikan Pengalaman Terbaik

Dalam berbisnis anda tidak hanya bisa berfokus pada produk tanpa memikirkan kualitas layanan yang akan anda  berikan. Karena bisnis F&B pada dasarnya merupakan jenis produk hybrid yang merupakan perpaduan antara barang dan jasa.

Oleh sebab itu, selain menyiapkan produk terbaik yang sesuai selera masyarakat anda juga harus menyiapkan pelayanan terbaik agar konsumen mendapatkan pengalaman terbaik selama transaksi.

Pengalaman yang baik merupakan bagian penting yang bisa mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap bisnis anda. Maka dari itu anda harus menyiapkan layanan dan produk terbaik agar konsumen merasakan pengalaman terbaik saat membeli produk anda.

Hal ini perlu dilakukan mengingat persaingan antar bisnis yang semakin ketat sehingga menjual makanan yang enak saja tidak cukup untuk membuat anda unggul dibandingkan kompetitor.

2. Membangun Branding yang Baik di Media Sosial

Perkembangan dunia digital membuat anda perlu menyiapkan branding yang baik di media sosial. Hal ini sangat penting pada saat ini karena media sosial merupakan salah satu platform yang memberikan anda kemudahan untuk meraup audiens yang luas dengan waktu singkat.

Membangun branding yang baik di media sosial akan membuat bisnis anda dikenal lebih banyak orang yang sangat penting untuk perkembangan bisnis anda dalam jangka panjang.

Membangun branding yang baik bisa anda mulai dengan membuat akun media sosial resmi dan mulai memberikan konten yang sesuai dengan target konsumen anda. Hal ini akan mempermudah anda untuk berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan konsumen anda.

3. Mengoptimalkan Berbagai Platform Digital

Saat ini mengembangkan bisnis membutuhkan berbagai strategi agar bisa bersaing. Salah satu langkah yang bisa anda coba adalah pengoptimalan platform digital untuk membantu pertumbuhan bisnis anda. Anda harus memanfaatkan berbagai platform digital yang tersedia agar bisnis anda bisa bertahan dalam jangka panjang.

Saat ini salah satu hal yang perlu dimiliki oleh suatu bisnis F&B adalah terdaftar di platform pemesanan makanan daring sehingga konsumen dapat dengan lebih mudah mengakses produk anda.

Selain itu, terdaftar di layanan pesan antar membuat bisnis F&B anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Selain itu, anda sebaiknya juga mendaftarkan produk anda ke google my business agar bisnis anda menjadi lebih mudah ditemukan konsumen di mesin pencari.

4. Membangun Hubungan Baik Jangka Panjang

Anda perlu membangun hubungan baik jangka panjang dengan konsumen agar anda memiliki konsumen loyal yang bisa memberikan anda keuntungan jangka panjang.

Untuk melakukan hal ini, anda bisa menggunakan berbagai cara agar konsumen kembali lagi untuk membeli produk anda. Salah satu hal yang bisa anda coba adalah dengan memberikan member card untuk menyimpan poin yang bisa digunakan untuk transaksi berikutnya.

Hal ini sangat penting untuk membuat konsumen kembali lagi dan selalu ingat tentang bisnis anda. Selain itu mengoptimalkan media sosial juga membantu anda memiliki ikatan lebih baik dengan audiens anda di media sosial.

5. Rajin Berinovasi

Bisnis F&B merupakan salah satu bisnis yang sangat pesat perkembangannya dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu anda membutuhkan inovasi agar bisnis anda tetap bisa bertahan  di tengah persaingan pasar.

Selain itu berinovasi juga penting agar konsumen tidak bosan dengan produk yang anda tawarkan karena itu anda butuh inovasi untuk menarik konsumen. Dalam berinovasi anda harus melihat bagaimana pergerakan pasar sehingga anda bisa menemukan celah untuk produk yang akan anda keluarkan.

Akan tetapi berinovasi bukan melulu tentang produk varian baru, inovasi bisa juga dalam bentuk packaging atau pembaruan sistem layanan di bisnis untuk mempermudah konsumen.

6. Diferensiasi

Diferensiasi merupakan hal yang sangat penting untuk anda siapkan dalam bisnis agar bisnis anda memiliki keunikan dibandingkan kompetitor. Memiliki diferensiasi sangat penting agar bisnis anda lebih mudah dikenali dari sekian banyak produk sejenis.

Diferensiasi bisa dalam berbagai bentuk yang berkaitan dengan bisnis anda. Apabila anda memulai bisnis makanan, mungkin anda butuh menu signature yang membedakan anda dibandingkan dengan kompetitor, atau anda bisa membedakan dari segi sistem order yang menggunakan aplikasi sehingga pemesanan produk menjadi lebih mudah.

Hal ini seringkali terlupakan terutama bagi produk-produk F&B yang sedang populer sehingga banyak muncul bisnis serupa tanpa keunikan tersendiri yang membuat mereka sangat mudah untuk dilupakan konsumen.

7. Menyiapkan Sistem Manajemen dan Evaluasi

Bagian ini merupakan hal yang tidak boleh anda lupakan saat memulai bisnis F&B karena manajemen yang baik akan sangat menentukan apakah bisnis yang anda jalankan dapat bertahan dalam jangka panjang atau tidak.

Oleh sebab anda perlu menyusun manajemen yang baik mulai dari bagaimana mengatur stok hingga menyusun SOP pelayanan kepada konsumen agar anda bisa memberikan produk dan layanan yang stabil.

Selain itu anda harus rutin melakukan evaluasi agar bisnis anda bisa tahu apa saja kekurangan yang perlu anda perbaiki dalam bisnis yang anda miliki.

Hal bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti survey rutin agar anda bisa mendapatkan feedback dari konsumen untuk perbaikan bisnis anda kedepannya.

Risiko dalam Bisnis F&B

Dalam memulai bisnis anda akan menghadapi berbagai risiko kerugian karena mengelola bisnis membutuhkan pengalaman dan pengetahuan agar anda bisa menghadapi berbagai kondisi dan tantangan dalam bisnis.

Oleh sebab itu anda harus berhati-hati saat memutuskan untuk memulai bisnis karena besarnya uang yang harus anda korbankan.

Namun ada solusi untuk anda yang ingin memulai bisnis tapi masih memiliki keterbatasan dana dan kemampuan anda bisa mulai dengan investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding.

Sistem ini memberikan anda kesempatan untuk berinvestasi ke dalam bisnis potensial dengan modal kecil sehingga dana anda bisa dikelola oleh pihak yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis.

LandX merupakan platform equity crowdfunding yang bisa anda gunakan sebagai platform investasi bisnis.

LandX memberikan anda pilihan berbagai potensial yang bisa anda danai dan memberikan anda keuntungan jangka panjang. Karena itu….

Yuk Mulai Investasi Bisnis Bersama LandX

Mau Info Seputar Bisnis dan Investasi Lainnya? Yuk Follow Instagram Kami di @landx.id

#LandX.id    #landx     #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: