Kelebihan dan Kekurangan Memulai Bisnis Makanan dengan Sistem Franchise

Memulai bisnis makanan dengan sistem franchise menjadi salah satu cara memulai bisnis yang semakin populer belakangan ini.

Banyak pebisnis yang memilih untuk memulai bisnis makanan dengan sistem franchise karena dinilai lebih mudah daripada memulai suatu bisnis dari nol.

Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya bisnis makanan yang membuka kemitraan dengan sistem franchise.

Membuka franchise makanan menjadi salah satu cara membuka bisnis dengan lebih cepat karena tidak perlu repot melewati proses trial and error saat pengembangan produk.

Sistem ini juga banyak digemari karena dinilai proses memasuki pasarnya akan lebih mudah karena bisnis yang membuka kemitraan dengan sistem ini biasanya sudah memiliki branding yang kuat.

Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk memulai investasi dengan sistem ini, mari kita bahas dulu kelebihan dan kekurangan membuka bisnis makanan dengan sistem franchise.

Table of Content

Kelebihan Bisnis Makanan dengan Sistem Franchise

Manajemen Bisnis yang Teratur

Salah satu keunggulan dari sistem franchise yang membuat bisnis menjadi semakin mudah adalah kejelasan sistem manajemen dan SOP dari bisnis yang akan dijalankan.

Hal ini membuat proses bisnis menjadi lebih mudah proses menyusun SOP membutuhkan waktu yang cukup lama. Ketersediaan SOP ini menjadi sangat penting karena akan membantu anda menjalankan bisnis yang efektif dan efisien.

Memulai bisnis makanan dengan sistem franchise akan mempermudah proses bisnis terutama di proses produksi yang biasanya membutuhkan trial and error hingga menemukan formula terbaik. Oleh sebab itu, sistem ini sangat disukai pemula yang belum memiliki pengalaman dalam dalam membangun bisnis sebelumnya.

Oleh sebab itu, sebelum memilih franchise anda harus memperhatikan apakah bisnis franchise tersebut memiliki kualitas manajemen yang baik atau tidak.

Kemudahan Pemasaran

Bisnis yang membuka kemitraan dengan sistem franchise biasanya sudah memiliki branding yang kuat di mata konsumen sehingga mempermudah anda saat memasuki pasar.

Apabila anda memulai bisnis dengan sistem kemitraan ini, maka anda secara otomatis bisa menggunakan nama brand untuk bisnis yang anda mulai. Hal ini membuat proses bisnis menjadi lebih mudah karena membangun suatu brand yang dari nol bukanlah hal yang mudah.

Oleh sebab itu, sebelum membuka franchise makanan anda harus melihat apakah brand tersebut memiliki posisi yang kuat atau tidak di pasaran.

Berbagai Fasilitas Pendukung dari Franchisor

Apabila anda memulai bisnis dengan sistem franchise, biasanya pemilik franchise akan membekali mitra mereka dengan hal untuk mendukung proses operasional dan promosi mereka. Beberapa franchise bahkan menyediakan pegawai sekaligus untuk mendukung bisnis anda bisa berjalan secara optimal.

Akan tetapi, hal ini berbeda-beda tergantung kesepakatan anda saat membeli suatu franchise. Selain itu, pemilik franchise juga biasanya akan rutin melakukan promosi untuk memperbesar brand yang mereka miliki yang akan ikut berdampak terhadap bisnis franchise yang anda buka.

Sebagai pebisnis, anda harus memperhatikan perjanjian franchise yang akan anda jalankan sehingga anda paham apa saja hak anda sebagai mitra. Selain itu, hal ini juga membantu anda menilai apakah biaya yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang anda dapatkan sebagai pembeli franchise.

Selanjutnya. Mari kita bahas kekurangan dari memulai bisnis dengan sistem franchise

Kekurangan Bisnis Makanan dengan Sistem Franchise

Persaingan

Persaingan yang terkadang tidak terkendali menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi bisnis dengan sistem franchise. Banyak pemilik franchise yang tidak dapat mengendalikan persaingan dengan baik sehingga antar mitra harus bersaing.

Hal ini bisa menimbulkan persaingan yang tidak sehat sehingga dapat merugikan para mitra. Karena itu, sebagai pebisnis anda harus memastikan bahwa pemilik franchise memiliki sistem dan aturan yang jelas untuk mengatur agar persaingan antar mitra dapat berjalan dengan sehat.

Manajemen Suplai Bahan Baku

Hal ini merupakan keuntungan sekaligus kerugian dari memulai bisnis dengan sistem franchise, di satu sisi pebisnis akan sangat terbantu karena suplai bahan baku disuplai langsung oleh pemilik franchise.

Akan tetapi, di sisi lain hal ini terkadang menjadi masalah apabila rantai suplai tidak berjalan dengan baik sehingga menghambat proses bisnis. Banyak franchise melarang mitra mereka untuk menggunakan bahan baku yang bukan dari mereka sehingga apabila kehabisan bahan baku anda harus menunggu suplai dari pemilik franchise.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik bisnis anda harus bisa mengatur bagaimana manajemen suplai yang baik agar bisnis dapat terus berjalan.

Pembayaran Biaya Franchise

Semakin besar suatu brand, maka biaya franchise yang harus anda tanggung ikut meningkat pula. Karena anda kemitraan franchise harus anda perpanjang secara berkala sehingga membutuhkan biaya tambahan yang harus anda perhatikan.

Oleh sebab, sebelum memulai bisnis makanan dengan sistem ini harus memperhitungkan berbagai hal seperti biaya franchise, sewa tempat dan berbagai biaya lain untuk set up bisnis anda.  

Gimana, sekarang anda paham bukan bahwa membuka bisnis dengan sistem franchise bukanlah hal yang mudah dan tetap memiliki risiko kegagalan. Selain itu, berbisnis dengan sistem franchise juga membutuhkan modal yang tidak sedikit yang harus anda perhitungkan.

Namun, ada solusi bagi anda yang ingin memiliki bisnis dengan modal kecil yaitu dengan ikut patungan bisnis di platform equity crowdfunding yang memberikan anda terlibat patungan untuk membangun berbagai bisnis potensial.

Sistem ini memberikan anda memiliki bagian kepemilikan dari suatu bisnis dengan modal kecil dan risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan membangun bisnis sendiri.

LandX merupakan salah satu platform equity crowdfunding terpercaya yang dapat membantu anda ikut patungan membangun bisnis potensial dari berbagai macam sektor. Karena itu…

Yuk Ikut Patungan untuk Berbagai Bisnis Potensial di Sekitar Anda Bersama LandX

Mau Terus Update Info Seputar Bisnis dan Investasi? Yuk Follow @landx.id di Instagram

#LandX.id    #landx.id    #landx  #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: