menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Usaha Laundry Kiloan Terbaik yang Bisa Kamu Buka dengan Modal Kecil

Friday, 16 Jul 2021

Read in 8 minutes

Author: Abdul Wahhab
Modal buka laundry kiloan cuma dengan modal 1 jutaan

Yuk simak potensi jangka panjang bisnis laundry yang bisa kamu buka dengan modal 1 juta

Usaha laundry kiloan menjadi salah satu bisnis dengan potensi keuntungan yang sangat besar belakangan ini. Karena selain segmen pasar yang luas, bisnis ini juga dinilai mudah untuk dimulai. Hal ini karena bisnis laundry kiloan sudah menjadi salah bagian penting untuk kehidupan masyarakat terutama untuk orang-orang di kota besar yang tidak memiliki waktu untuk menata dan membersihkan pakaian mereka.

Selain itu, kisaran modal awal untuk membuka usaha laundry tergolong modal kecil. Bisnis laundry kiloan ini juga semakin mudah dimulai karena teknologi pencucian yang semakin maju, sehingga membangun bisnis laundry dapat memiliki proyeksi yang menguntungkan.

Bagaimana cara membuka usaha laundry? serta berapa modal usaha laundry?

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui cara membuka usaha laundry, tips serta modal usaha laundry yang dibutuhkan.

Yuk, scroll lebih lanjut!

Apa Itu Bisnis Laundry

Bisnis laundry di Indonesia adalah usaha yang menawarkan jasa mencuci, mengeringkan dan menyetrika pakaian dan tekstil lainnya. Usaha laundry membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang cukup beragam.

Tidak hanya mesin cuci dan alat setrika, peralatan dan perlengkapan usaha laundry mencakup deterjen, pewangi, timbangan, hingga kantong plastik. Selain itu, area menjemur atau mengeringkan yang cukup luas dibutuhkan untuk menampung cucian pelanggan.

Di Indonesia, usaha laundry nampak menjanjikan terlihat dari banyaknya bisnis laundry yang buka. Karena itu, Anda berkesempatan juga membuka usaha laundry pemula yang sukses dengan menerapkan strategi dan cara yang baik.

Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Sebelum memutuskan membangun bisnis laundry kiloan berikut langkah yang penting untuk Anda ketahui.

Menentukan Lokasi Terbaik

Lokasi merupakan hal yang sangat penting dalam membangun bisnis, karena itu anda perlu menentukan lokasi terbaik untuk bisnis laundry yang akan anda buka. Oleh sebab itu, anda harus memastikan anda membuka bisnis di lokasi strategis seperti di area kos-kos, aparten, atau lingkungan kampus sehingga bisnis laundry yang anda buka dapat dengan mudah diakses oleh konsumen.

Oleh sebab itu, anda harus bisa membaca potensi pasar dari lingkungan bisnis yang akan anda buka. Salah satu lokasi yang paling potensial adalah kawasan perkantoran karena biasanya para karyawan menggunakan jasa laundry karena kesibukan yang mereka miliki.

Selain itu, biasanya mahasiswa juga pasar yang sangat potensial karena banyak dari mereka memilih menggunakan jasa laundry agar kehidupan mereka menjadi lebih praktis, apalagi bagi mahasiswa perantau yang jauh dari orang tua mereka.

Menentukan Jenis Laundry

Saat ini, tersedia banyak jenis bisnis laundry yang bisa jadi pilihan anda, berikut beberapa jenis laundry yang bisa anda buka.

  • Laundry Kiloan

Laundry kiloan merupakan jenis yang paling umum kita temukan pada saat ini. Jenis laundry ini biasanya akan menyediakan layanan mulai dari proses pencucian hingga setrika sehingga konsumen akan menerima baju mereka dalam kondisi bersih dan wangi. Oleh sebab itu, laundry kiloan bisa menjadi salah satu jenis laundry yang paling banyak diminati.

  • Laundry Koin

Belakangan laundry jenis ini juga semakin populer di Indonesia. Laundry jenis pada dasarnya anda hanya menyewakan mesin cuci anda untuk digunakan konsumen di tempat anda. Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci dan peralatan lain seperti sabun dan pewangi dan sisanya akan dikerjakan sendiri oleh konsumen.

Akan tetapi, laundry jenis ini dapat berjalan dengan baik maka anda membutuhkan banyak mesin cuci, agar konsumen anda tidak perlu menunggu lama. Bisnis laundry jenis ini biasanya memang lebih murah sehingga banyak diminati konsumen.

  • Laundry Sepatu

Selain pakaian, kini sepatu juga merupakan menjadi salah satu produk yang sering dibersihkan dengan jasa laundry. Oleh sebab itu, kini banyak sekali laundry khusus sepatu bermunculan. Biasanya layanan ini sekaligus menawarkan jasa perawatan sepatu sehingga dapat seperti baru lagi.

Namun, anda tidak harus memilih salah satu karena anda bisa saja menggabungkan ketiga konsep ini ke dalam satu bisnis sehingga anda bisa memberikan one-stop solution kepada konsumen.

Ketersediaan Sumber Daya

Apabila anda ingin memulai laundry, anda harus memperhatikan ketersediaan dari beberapa sumber daya yang membantu kesuksesan bisnis anda. Dalam bisnis laundry, ketersediaan air dengan kualitas baik merupakan hal yang sangat penting anda perhatikan.

Oleh sebab itu, anda harus memastikan hal ini sebelum membuka bisnis laundry. Hal ini penting untuk menjadi perhatian lokasi sebagus apapun akan percuma apabila tidak didukung dengan ketersediaan air yang cukup.

Kesiapan Peralatan

Selain air, menyiapkan peralatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda juga merupakan hal yang sangat penting. Karena itu, pastikan anda sudah memilih mesin cuci terbaik yang menunjang performa bisnis anda. Selain mesin cuci, jangan lupa anda juga harus menyiapkan deterjen dan pewangi terbaik agar anda bisnis memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

Franchise Laundry

Apabila anda ingin memulai bisnis dengan sistem franchise, maka anda perlu memperhatikan kualitas sistem dan seberapa kuat brand franchise yang akan anda beli.

Hal ini merupakan salah satu cara yang memudahkan dalam memulai bisnis laundry karena anda tidak perlu kesulitan membangun brand dan sistem manajemen bisnis yang baik. Akan tetapi, anda harus selalu ingat bahwa menggunakan franchise bukan berarti bisnis anda pasti berhasil, oleh sebab itu anda harus tetap berusaha bagaimana meraih konsumen dalam cakupan yang luas.

Sistem Monitoring dan Quality Control

Apabila anda memulai bisnis dalam bidang jasa, menjaga kualitas merupakan hal penting yang tidak boleh anda lupakan.

Hal ini agar anda bisa menjaga kualitas layanan dan bisa mengetahui apa saja perbaikan yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman konsumen di masa depan. Oleh sebab itu, anda harus memiliki sistem monitoring kualitas yang baik sehingga anda bisa mengontrol kualitas dari layanan yang anda berikan.

Menyusun Manajemen Keuangan

Saat memulai bisnis anda tidak boleh lupa untuk menyusun manajemen keuangan dengan baik. Hal ini akan memudahkan anda menghitung berapa besar keuntungan atau kerugian saat menjalankan bisnis.

Hal ini membantu anda membuat proyeksi keuangan tentang berapa lama anda akan mencapai titik impas atau break even point berdasarkan analisis pendapatan saat ini.

Cara Membuka Usaha Laundry

Sobat LandX sudah lebih yakin untuk buka usaha laundry?

Potensi bisnis ini cukup menjanjikan jika dijalankan dengan strategi yang tepat. Yuk, ketahui cara membuka usaha laundry tahun 2022.

  1. Menghitung Modal Awal Usaha Laundry Kiloan

Untuk membuka suatu usaha, tentu Anda harus tahu dulu berapa modalnya. Modal usaha laundry kiloan berkisar Rp 5 juta hingga Ro 10 juta. Mengingat harga mesin cuci yang terbilang tidak murah dan butuh lebih dari 1.

  1. Memilih Lokasi Strategis Terbaik

Lokasi menjadi hal krusial untuk menentukan apakah sebaiknya menjalankan usaha laundry atau tidak sama sekali. Penting untuk meninjau lokasi terbaik yang ramai penduduk. Contoh lokasi terbaik usaha laundry adalah sekitar rumah sakit, perumahan, pabrik, dan sekitar area perkuliahan yang biasanya ramai anak indekos.

  1. Menentukan Aturan Usaha Laundry

Tentukan paket laundry kiloan yang ingin ditawarkan kepada pelanggan. Paket laundry pakaian dengan hitungan paket laundry bahan tebal seperti selimut perlu dibedakan. Berikan juga kepastian kepada pelanggan tentang kapan cucian yang mereka titipkan dapat diambil kembali. Serta apakah perlu pengadaan paket ekspres seperti laundry jadi dalam 1 hari atau hitungan jam.

  1. Amati Kompetitor

Lihat lokasi pilihan Anda dan amati kompetitor yang ada. Bandingkan paket usaha laundry Anda dengan bisnis laundry milik kompetitor. Sebaiknya jangan memberi harga di atas harga paket kompetitor. Namun, tidak disarankan juga menawarkan harga yang super murah mengingat Anda adalah bisnis yang membutuhkan keuntungan kembali. 

  1. Jangan Takut Memberi Promosi Laundry

Strategi promosi bagi usaha laundry pemula sangat perlu diperhitungkan. Pelanggan akan lebih cepat tertarik pada layanan yang Anda tawarkan dengan strategi yang tepat. Di awal buka usaha laundry, berikan promosi gratis paket mencuci bagi 10 pelanggan pertama.

Terdapat juga opsi promosi lanjutan untuk mempertahankan pelanggan seperti gratis 1 kg cucian jika menitipkan cucian laundry hingga 5 kg. Pertimbangkan juga layanan laundry gratis biaya antar jemput jika memesan paket minimal 3 kg. 

Tips Membuka Usaha Laundry Terbaik

Sampainya Anda pada tulisan ini menandakan keseriusan Anda dalam membuka usaha laundry yang sukses. Oleh karena itu, berikut tips membuka usaha laundry agar dapat meraih keuntungan.

  • Pilih lokasi strategis dan perhatikan bisnis serupa yang ada
  • Logo dan nama brand laundry yang mudah diingat
  • Sediakan layanan antar jemput – usaha laundry dibutuhkan pelanggan karena tidak memiliki waktu mencuci. Karena itu, perlu mempertimbangkan menyediakan layanan antar jemput laundry agar membuat bisnis Anda semakin dilirik.
  • Temukan supplier atau pemasok perlengkapan seperti deterjen dengan harga efisien
  • Buatlah rincian harga paket dan aturan kelola laundry seperti jam operasional
  • Siapkan strategi promosi awal buka usaha laundry dari hasil analisis kompetitor

Dengan tips yang ada, kini Anda dapat mempraktikkan cara membuka usaha laundry kiloan modal kecil. Anda juga dapat mengumpulkan modal sekaligus berinvestasi modal kecil untuk menambah pendapatan melalui investasi bisnis.

Tantangan dalam Bisnis Laundry Kiloan

Dalam memulai bisnis anda akan menghadapi banyak sekali tantangan dan kelemahan usaha laundry yang menguji kemampuan anda dalam pengambilan keputusan dan mengelola suatu bisnis. Untuk itu anda harus menyusun perencanaan bisnis dengan baik agar tidak gulung tikar saat dihadapkan berbagai tantangan.

Disamping kemampuan mengelola bisnis, modal merupakan faktor penting yang harus anda perhatikan selama membangun bisnis. Untuk laundry kiloan sendiri anda membutuhkan modal yang cukup besar seperti membeli mesin cuci, sewa tempat, dan karyawan.

Oleh sebab itu anda harus menyiapkan modal yang cukup agar bisnis bisa beroperasi secara optimal. Akan tetapi, apabila anda tidak memiliki keduanya, investasi bisnis dengan equity crowdfunding merupakan solusi terbaik untuk anda.

Equity crowdfunding merupakan cara investasi bisnis terbaik untuk anda yang ingin memiliki bisnis tapi memiliki keterbatasan modal dan kemampuan mengelola bisnis karena skema ini memberikan anda kesempatan investasi dengan modal kecil.

Apabila anda tertarik berinvestasi dengan skema ini, anda perlu mencari platform equity crowdfunding terbaik yang akan membantu anda menemukan bisnis terbaik untuk investasi jangka panjang anda.

LandX merupakan platform crowdfunding terbaik yang akan membantu anda menemukan bisnis terbaik yang memiliki potensi keuntungan jangka panjang.

LandX akan membantu anda menemukan bisnis terbaik yang akan membantu mengembangkan uang anda. Karena itu, tunggu apalagi….

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Mau Informasi Terupdate Seputar Investasi Lainnya? Yuk Follow Instagram @landx.id

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga:

Baca Juga