Pemerintah Indonesia baru saja mengeluarkan kebijakan baru yang mempermudah anda untuk berinvestasi properti karena pemerintah memberikan insentif berupa penggratisan PPN untuk rumah dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar dan subsidi PPN sebanyak 50% untuk rumah dengan harga di atas Rp 2 hingga Rp 5 miliar.  Hal ini dilakukan untuk mendorong bangkitnya sektor industri properti yang sempat turun karena efek pandemi.

Kebijakan baru pemerintah ini membuka kesempatan untuk anda yang ingin mulai investasi rumah. Momentum ini membuat investasi rumah yang anda lakukan menjadi lebih mudah karena modal untuk berinvestasi rumah menjadi lebih kecil. Tapi sebelum itu, yuk ikuti beberapa tips jitu investasi rumah yang bisa anda coba.

Table of Content

Memahami Investasi Rumah

Salah satu properti populer yang sering dijadikan instrumen investasi adalah rumah. Selain dijadikan hunian, rumah sangat potensial untuk dijadikan aset investasi jangka panjang karena bisa memberikan anda keuntungan melalui banyak cara seperti penyewaan properti yang bisa memberikan keuntungan jangka panjang.

Besarnya potensi dari instrumen ini membuat banyak orang memilih untuk terjun ke dalam sektor properti baik rumah maupun berbagai jenis properti komersial lainnya.

Pemilihan rumah sebagai lahan investasi ini digemari karena properti dinilai aset yang stabil sehingga risiko investasi pun menjadi lebih kecil.

Akan tetapi, sebelum menanamkan modal yang anda miliki ke dalam properti anda harus melihat dahulu potensi keuntungan seperti apa saja yang bisa diberikan oleh properti yang anda beli.

Apakah properti tersebut akan disewakan atau akan anda perbaiki sehingga bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Semua ini tergantung dengan seperti apa tujuan investasi yang ingin anda jalankan.

Investasi rumah sering dianggap sebagai cara mudah berinvestasi karena anggapan bahwa harga properti selalu naik, padahal ini merupakan konsep yang tidak sepenuhnya benar karena untuk membangun investasi rumah yang menguntungkan anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Lebih jelasnya mari ikuti pembahasan tips investasi rumah menguntungkan di bawah ini.

Tips Investasi Rumah

Berikut beberapa tips investasi rumah yang bisa anda terapkan agar investasi yang anda lakukan bisa memberikan keuntungan.

Lokasi Strategis

Apabila anda membeli rumah untuk tujuan investasi, lokasi yang strategis merupakan suatu hal harus sangat anda perhatikan. Apalagi rumah yang anda beli akan dijadikan properti sewaan yang besar permintaannya tergantung dengan lokasi rumah yang anda miliki.

Karena salah satu tujuan orang menyewa suatu properti adalah untuk mempermudah akses mereka terhadap suatu lokasi seperti sekolah, tempat kerja, atau pusat perbelanjaan.

Lokasi yang strategis juga membuat harga properti anda menjadi meningkat semakin cepat karena permintaan properti akan kawasan tersebut menjadi lebih tinggi.

Apabila anda membeli properti saat kawasan sudah berkembang, maka harganya akan sangat tinggi oleh sebab itu dalam investasi properti dibutuhkan kejelian anda untuk menilai apakah suatu kawasan memiliki potensi perkembangan yang baik atau tidak.

Menentukan Momentum yang Tepat untuk Membeli Rumah

Momentum merupakan hal penting yang harus anda perhatikan saat memulai investasi rumah. Oleh sebab itu anda harus bisa memanfaatkan momen dengan baik agar investasi yang anda lakukan bisa memberikan anda keuntungan yang optimal.

Hal ini karena biasanya suatu kawasan yang masih dalam proses pembangunan masih menawarkan banyak diskon dan potongan harga sehingga anda bisa memiliki properti di kawasan tersebut dengan harga yang lebih murah.

Akan tetapi, anda harus berhati-hati dan tidak mudah termakan dengan berbagai fasilitas pendukung yang dijanjikan developer. Oleh sebab itu anda perlu memastikan kredibilitas dari developer untuk memastikan prospek jangka panjang dari properti yang anda beli.

Metode Pembelian Rumah

Apabila anda ingin membeli rumah untuk investasi, anda perlu memperhatikan metode yang akan anda gunakan untuk membeli rumah tersebut.

Apabila anda ingin membeli dengan cicilan, maka anda harus memperhatikan beberapa hal seperti besar DP yang harus disiapkan, suku bunga, hingga berbagai macam biaya administrasi yang harus anda bayarkan selama transaksi. Membeli rumah dengan cicilan biasanya akan berlangsung dalam periode yang panjang, oleh sebab itu hal ini akan memiliki dampak jangka panjang terhadap manajemen keuangan anda.

Memperhatikan Kualitas Properti

Kualitas dari properti penting untuk anda perhatikan karena menjadi salah satu faktor yang menentukan keuntungan investasi anda.

Menilai kualitas properti bisa anda mulai dengan melihat akses dan berbagai fasilitas yang tersedia di kawasan properti anda, dua hal ini sudah terpenuhi baru anda mulai menilai fasilitas dari rumah yang anda miliki mulai dari parkiran, kualitas air, desain interior dan eksterior dari bangunan yang anda miliki.

Hal ini penting apalagi jika anda ingin menjadikan rumah anda sebagai properti sewaan sehingga fasilitas yang disediakan suatu rumah menjadi faktor yang mempengaruhi harga sewa suatu rumah.

Rencana Pengembangan

Pembangunan suatu kawasan memang membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi untuk kawasan baru yang belum ada pembangunan sebelumnya.

Biasanya apabila developer akan mengembangkan suatu kawasan baru mereka akan menjelaskan berbagai rencana pembangunan yang akan mereka lakukan mulai dari pembangunan sekolah hingga akses jalan tol yang sangat mempengaruhi nilai dari properti anda.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda saat ingin membeli rumah di suatu kawasan yang masih dalam proses pengembangan sehingga harga properti bisa menjadi lebih murah dibandingkan kawasan yang sudah jadi.

Investasi Rumah untuk Jangka Panjang

Salah satu tips investasi rumah yang harus anda ingat adalah melihat investasi rumah sebagai suatu instrumen investasi jangka panjang sehingga butuh waktu agar rumah anda mengalami kenaikan nilai.

Karena itu, membeli rumah untuk yang akan dijadikan sebagai instrumen investasi membutuhkan waktu yang lebih panjang agar rumah yang anda beli bisa menghasilkan keuntungan bukan malah membuat beban finansial baru untuk anda.

Selanjutnya mari kita bahas hal yang harus diperhatikan dalam investasi rumah

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Investasi Rumah

Salah Paham tentang Konsep Investasi Rumah

Banyak orang beranggapan bahwa membeli rumah untuk ditempati merupakan salah satu cara investasi rumah. Hal ini karena banyak orang tidak bisa membedakan kapan rumah disebut sebagai investasi dan kapan disebut sebagai beban.

Oleh sebab itu anda harus bisa membedakan mana rumah yang anda beli untuk investasi dan mana yang tidak. Hal ini sangat penting untuk anda pahami agar anda bisa mengambil keputusan investasi dengan lebih baik.

Perawatan

Agar rumah harga rumah anda tidak turun, anda membutuhkan perawatan apalagi bagi rumah anda dijadikan kontrakan sehingga butuh perawatan agar properti anda memiliki nilai tambah di mata konsumen.

Perawatan rutin ini membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga harus anda menjadi salah bagian penting yang harus anda perhatikan.

Permodalan

Membeli rumah membutuhkan modal yang terbilang cukup besar, walau dengan sistem cicilan sekalipun anda tetap membutuhkan modal yang cukup besar untuk DP dan berbagai biaya administrasi lainnya.

Apabila rumah tersebut akan disewakan, maka butuh waktu untuk rumah tersebut terisi sedangkan anda harus tetap membayar cicilan untuk rumah tersebut.

Karena itu, muncul sistem equity crowdfunding yang memberikan akses kesempatan investor modal kecil untuk patungan membangun suatu properti komersial yang menguntungkan.

Sistem ini mempermudah dan memperkecil risiko investasi properti karena properti akan dibangun dan diatur dengan baik oleh manajemen berpengalaman sehingga bisa memberikan keuntungan yang optimal.

Cara ini menjadi solusi untuk anda yang ingin investasi properti tapi masih memiliki modal yang terbatas. Apabila anda tertarik…….

Yuk Mulai Investasi Properti Menguntungkan Bersama LandX

Supaya Lebih Paham Tentang Investasi, Jangan Lupa Follow @landx.id di Instagram

#LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: