Investasi urun dana atau equity crowdfunding merupakan salah satu cara untuk membangun aset dari nol yang merupakan hal penting untuk disiapkan oleh setiap orang sejak dini. Hal ini bertujuan agar mempermudah pencapaian tujuan finansial anda. Salah satu aset yang penting untuk anda bangun adalah aset investasi, mulai membangun investasi akan membuat uang yang anda miliki dapat terus berkembang seiring berjalannya waktu. Karena itu anda harus pintar memilih investasi yang bisa memberikan anda keuntungan yang bisa anda gunakan untuk membangun aset anda menjadi lebih besar lagi dari waktu ke waktu. Karena anda harus bijak memilih aset yang bisa menghasilkan uang bukan malah menimbulkan beban pengeluaran baru untuk anda.

Walaupun bukan hal yang mudah, membangun aset dari nol akan menjadi lebih mudah asalkan anda bisa memilih investasi yang tepat dan bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang untuk anda. Salah satu pilihan investasi yang sangat cocok membangun aset anda adalah investasi bisnis yang bisa anda mulai dengan modal kecil melalui sistem urun dana atau equity crowdfunding. Indonesia sekarang sudah resmi mengizinkan dan mengawasi sistem ini sehingga anda bisa mulai berinvestasi ke dalam bisnis yang lewat urun dana yang akan memberikan anda kepemilikan saham, dividen dan capital gain yang dapat membantu pertumbuhan aset yang anda miliki. Karena itu mari kita bahas berbagai hal yang dapat membantu anda dalam memulai investasi bisnis.


Table of Content


Pahami Kondisi Bisnis yang Menjadi Tujuan Investasi Anda

Keuntungan yang akan anda dapatkan dalam investasi urun dana kepada sebuah bisnis  akan sangat tergantung dengan bagaimana bisnis tersebut berjalan dan menghasilkan keuntungan. Apabila bisnis tidak berjalan dengan baik dan merugi, maka anda akan ikut menanggung kerugian tersebut. Oleh sebab itu anda harus pahami terlebih dahulu bagaimana keadaan dari bisnis tersebut. Dalam urun dana, anda akan diberikan berbagai jenis bisnis yang bisa jadi tempat anda berinvestasi sehingga anda harus pintar memilih bisnis seperti apa yang akan anda  pilih sesuai dengan riset dan pertimbangan anda.

Hal simpel yang bisa anda lakukan adalah melihat bagaimana kondisi bisnis ini dalam beberapa tahun belakangan untuk melihat apakah mereka masih memiliki potensi untuk berkembang ke dalam skala lebih besar lagi nantinya. Apabila bisnis ini memang berkembang pesat pada pasar sebelumnya, maka anda bisa memprediksi bagaimana tingkat kesuksesan dari bisnis ini saat anda danai untuk ekspansi ke pasar yang lebih luas. Selain itu anda juga harus melihat bagaimana bisnis ini akan dikelola dalam jangka panjang agar anda bisa menghitung apakah bisnis ini sesuai dengan profil risiko yang anda miliki. Selanjutnya adalah anda harus menghitung return on investment dari investasi yang anda lakukan bisa membuat rencana membangun aset investasi anda.

Mengoptimalkan Return on Investment

Dalam investasi anda akan diberikan berbagai bentuk return on investment seperti interest atau bunga, dividen atau capital gain. Dalam investasi urun dana sendiri, anda akan mendapatkan berpotensi untuk mendapatkan dua jenis return on investment yaitu dividen dan capital gain. Dalam membangun aset investasi, anda harus pintar mengoptimalkan return dari investasi yang telah anda dapatkan. Dalam investasi jangka panjang, return yang telah anda dapatkan sebaiknya dikembangkan kembali ke dalam investasi lain sehingga pada periode berikutnya anda bisa mendapatkan return yang lebih besar lagi. Sistem ini akan membuat nilai investasi anda terus berkembang lebih cepat lagi. Sistem ini disebut efek compounding dari investasi yang akan membuat dana anda bisa meningkat dengan pesat.  Dalam urun dana hal ini sangat mungkin anda lakukan dengan menambah saham bisnis yang anda milik dengan dana dividen yang telah anda dapatkan.

Lakukan Diversifikasi

Diversifikasi adalah langkah yang harus anda lakukan untuk memperkecil risiko dari investasi yang anda lakukan karena kita semua harus paham bahwa semua investasi yang kita lakukan memiliki risiko yang berbeda-beda. Karena itu jangan hanya berfokus pada satu investasi dan harus membagi-bagi ke dalam berbagai jenis investasi lain. Dalam investasi urun dana, anda bisa mulai dengan mencoba investasi ke dalam bisnis yang dengan sektor berbeda seperti sebagian dana anda masukkan ke bisnis properti dan sisanya anda investasikan ke dalam bisnis F&B. Hal ini agar anda tidak bergantung hanya pada 1 jenis investasi saja dan memperkecil kerugian yang terjadi. Apabila anda sudah melakukan hal ini, hal penting terakhir yang harus anda lakukan adalah mengubah gaya hidup anda agar investasi dapat anda jadikan kebiasaan.

Mengubah Gaya Hidup

Salah satu kunci sukses  membangun aset investasi anda adalah konsistensi anda dalam melakukan investasi, karena investasi bukan masalah besar kecil dana yang anda  keluarkan tapi bagaimana konsistensi anda meningkatkan nilai investasi anda dari waktu ke waktu. Karena itu anda perlu membangun mindset tentang pentingnya berinvestasi dan mulai mengurangi hal-hal yang tidak penting yang membutuhkan biaya besar. Anda bisa mulai dengan meningkatkan porsi investasi dibandingkan biaya hiburan anda atau mulai menghindari berhutang untuk keperluan yang sifatnya hanya konsumtif saja. Hal ini mungkin tidak akan anda rasakan sekarang, namun dalam beberapa tahun ke depan anda baru akan sadar efek dari investasi secara konsisten yang anda lakukan.

Oleh sebab itu, ayo mulai investasi urun dana anda bersama LandX dengan modal hanya 1 juta. LandX menyediakan berbagai pilihan bisnis yang tepat untuk membangun aset investasi jangka panjang anda. Yuk bangun aset investasi anda dengan urun dana bersama LandX.


Baca Juga: