Usaha Cuci Mobil Modal Kecil Untung BesarApabila anda sedang mencari usaha modal kecil dengan keuntungan jangka panjang menjanjikan, usaha cuci mobil bisa menjadi pilihan usaha yang bisa anda mulai.

Usaha cuci mobil atau car wash adalah salah satu bisnis yang sangat potensial saat ini karena masyarakat yang semakin sibuk sehingga ingin semuanya serba praktis termasuk urusan cuci mobil.

Selain keterbatasan waktu, keterbatasan lahan untuk cuci mobil sendiri juga menjadi salah satu alasan kenapa jasa cuci mobil ini semakin dibutuhkan masyarakat pada saat ini.

Karena itu, usaha cuci mobil menjadi peluang bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan dalam jangka panjang melihat meningkatnya jumlah pengguna motor dan mobil dari waktu ke waktu.

Supaya lebih jelas, mari kita bahas lebih lanjut berbagai hal penting dalam membangun usaha cuci mobil yang menguntungkan.


Table of Content

Sebelum memulai usaha anda tentu harus tau berapa modal yang harus anda siapkan. Saat ini terdapat beberapa jenis usaha cuci mobil dengan modal yang berbeda-beda.

Jenis usaha cuci mobil semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, oleh sebab itu anda harus paham dahulu jenis usaha cuci mobil yang akan anda mulai. Hal ini agar anda memiliki gambaran usaha cuci mobil seperti apa yang sesuai dengan pasar yang anda tuju.

1. Usaha Cuci Mobil Manual

Jenis ini merupakan yang paling banyak kita temui saat ini di mana proses pencucian mobil dilakukan oleh tenaga manusia secara manual.

Oleh sebab itu, jenis ini terbilang yang paling mudah dan simpel untuk dimulai karena modal awal yang relatif lebih murah jika dibandingkan jenis lainnya. Biasanya dengan modal berkisar 10 jutaan saja di luar biaya sewa lokasi untuk usaha.

Selain harus menyiapkan karyawan dan peralatan untuk proses pencucian, anda juga harus menyiapkan lokasi strategis agar usaha cuci mobil anda dapat berkembang dengan optimal.

Karena pencucian dilakukan secara manual, maka proses pencucian cenderung memakan waktu yang cukup lama.

Oleh sebab itu, anda harus menyiapkan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan layanan sehingga usaha cuci mobil anda dapat berkembang dengan optimal.

2. Usaha Cuci Mobil Hidrolik

Berikutnya, usaha cuci mobil hidrolik merupakan jenis yang membutuhkan modal awal cukup tinggi karena harus menyiapkan mesin hidrolik yang biayanya cukup mahal.

Akan tetapi, cuci mobil hidrolik memiliki keunggulan tersendiri yaitu bisa menjangkau hingga kolong mobil yang sangat sulit dilakukan tanpa mesin hidrolik.

Apabila ingin memulai usaha cuci mobil jenis ini, anda harus menyiapkan modal yang cukup besar karena anda harus butuh modal sekitar 30 jutaan untuk set up mesin hidrolik.

Akan tetapi, bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar karena tarif layanan yang akan lebih mahal jika dibandingkan cuci manual.

3. Usaha Cuci Mobil Robotic (Robotic Car Wash)

Terakhir, jenis robotic car wash merupakan jenis yang saat ini sangat populer dan disukai banyak orang. Selain proses pencucian yang lebih cepat, sistem ini juga membuat konsumen tidak perlu keluar dari mobil selama proses pencucian karena pencucian dilakukan oleh mesin canggih yang melakukan semua proses pencucian mobil.

Akan tetapi, modal awal yang harus anda siapkan memang cukup besar untuk membeli teknologi robotic car wash. Selain itu, anda juga membutuhkan lokasi yang luas untuk memulai usaha cuci mobil jenis ini karena set up teknologi ini membutuhkan lahan yang cukup banyak.

Namun, usaha ini sangat potensial dan bisa memberikan anda keuntungan yang sangat besar karena teknologi ini membuat anda bisa melayani lebih banyak konsumen sehingga bisnis dapat berjalan dengan lebih optimal.

Omset Usaha Cuci Mobil

Untuk omset usaha cuci mobil, kita harus melihat terlebih dahulu jenis usaha yang akan dijalankan. Untuk cuci mobil manual, biasanya biaya berkisar antara Rp 25-50 ribu per sekali cuci sehingga omset perbulan diperkirakan mencapai belasan juta.

Usaha cuci mobil hidrolik memiliki omset yang lebih besar karena biaya layanannya lebih besar yaitu sekitar Rp 25-80 ribu untuk sekali cuci.

Walaupun memiliki modal awal yang besar, robotic car wash biasanya memiliki omset jauh lebih besar dibandingkan jenis lain. Karena layanan ini mematok harga yang lebih tinggi dan memungkinkan melayani banyak konsumen sekaligus dalam satu hari.

Karena itu, omset usaha cuci mobil jenis ini biasanya bisa dua hingga tiga kali lipat usaha cuci mobil manual.

Apabila sudah paham berbagai jenis usaha cuci mobil dan potensi omsetnya, berikutnya mari simak beberapa tips penting dalam membangun usaha cuci mobil.

Tips Membangun Usaha Cuci Mobil

Untuk anda yang berniat membangun usaha cuci mobil, yuk simak beberapa tips penting di bawah ini:

1. Menentukan Lokasi Strategis

Berbicara terkait usaha cuci mobil, lokasi merupakan bagian penting yang menentukan apakah bisnis anda dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Untuk usaha cuci mobil, anda sebaiknya mencari lokasi yang berada di titik-titik peristirahatan seperti restoran atau cafe bisnis sehingga mereka bisa melakukan hal lain sembari menunggu proses pencucian mobil.

Untuk usaha cuci mobil jenis robotic car wash sebaiknya berada di pinggir jalan atau dekat SPBU sehingga mempermudah akses konsumen. Membangun bisnis di lokasi strategis akan membuat bisnis anda menjadi lebih mudah diakses dan juga dapat lebih mudah menarik perhatian konsumen.

Karena itu, anda perlu melakukan survei sebelum menentukan lokasi dari suatu bisnis.

2. Memberikan Pengalaman Terbaik untuk Konsumen

Apabila anda menjalankan bisnis di bidang jasa, anda harus sangat memperhatikan pengalaman konsumen dengan terus menjaga kualitas pelayanan yang anda miliki. Karena itu, anda perlu menyiapkan standar layanan yang harus terus dijaga dan ditingkatkan terus menerus.

Hal ini agar bisnis anda memuaskan bagi konsumen dan membuat mereka loyal terhadap layanan anda. Karena itu, anda perlu melakukan evaluasi rutin agar anda tau layanan apa saja yang perlu ditingkatkan untuk menjaga kepuasan konsumen.

3. Menentukan Tarif yang Sesuai

Dalam bisnis, pricing atau penetapan harga merupakan bagian yang sangat penting. Karena itu anda harus mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan harga yang pas untuk layanan yang akan anda berikan.

Usaha cuci mobil sendiri memiliki tarif yang beragam tergantung dengan kualitas dari layanan yang diberikan. Anda bisa saja mematok harga yang tinggi, namun jangan lupa anda harus memberikan layanan yang sepadan dengan uang yang dikeluarkan oleh konsumen.

4. Menyusun Strategi Promosi

Saat membangun usaha, anda harus menyiapkan strategi promosi agar bisnis anda dapat dikenal konsumen dengan lebih cepat. Untuk usaha cuci mobil, anda bisa membuat loyalty program seperti satu kali cuci gratis apabila konsumen telah mencuci sebanyak lima kali yang ditujukan agar konsumen kembali menggunakan jasa anda.

Selain itu, anda juga bisa melakukan promosi dengan mengoptimalkan platform digital dengan cakupan audien yang lebih luas dan mudah dijangkau dalam waktu singkat.

5. Menyusun Budget Bisnis

Apabila anda ingin memulai usaha cuci mobil, anda harus menyesuaikan modal yang anda miliki dengan jenis bisnis yang akan anda bangun. Menyusun budget dengan baik membuat proses pembangunan bisnis dapat berjalan dan tidak terhenti di tengah jalan karena kekurangan biaya.

Dalam usaha cuci mobil, anda harus memperhatikan apakah anda akan membeli atau menyewa suatu lokasi, investasi untuk berbagai perlengkapan, dan memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan karyawan.

Memulai Usaha Cuci Mobil dengan Modal Kecil

Setelah membaca pembahasan di atas, anda tentu sadar bahwa usaha cuci mobil ini membutuhkan modal yang cukup besar dan kemampuan manajemen bisnis yang baik.

Selain modal, proses pembangunan bisnis ini juga membutuhkan analisis yang cukup mendalam agar menemukan formula terbaik untuk bersaing di pasaran.

Namun, ada solusi untuk anda yang ingin memiliki bisnis cuci mobil dengan modal kecil yaitu dengan ikut patungan bisnis atau equity crowdfunding untuk membangun usaha cuci mobil dengan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan.

Cara ini memperkecil risiko kerugian dan potensi keuntungan yang lebih besar karena bisnis akan dikelola oleh pihak profesional yang sudah lama bergerak di bisnis ini. Oleh sebab itu, memberikan anda kesempatan untuk memiliki usaha cuci mobil menguntungkan dengan modal kecil.

Mau Punya Cabang Yellow Car Wash Modal 1 Juta? Yuk Ikut Patungan di LandX!

Caranya Mudah!

Download aplikasi LandX lewat link ini dan lakukan pendaftaran agar kamu bisa ikut patungan bisnis dan memiliki cabang terbaru dari Yellow Car Wash.

Daftar di sini

Baca Juga:


#LandX.id      #landx.id    #landx     #YukPatunganBisnis     #InvestasiBisnis     #EquityCrowdfunding     #InvestasiMenguntungkan     #Urundana     #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha  #InvestasiModalKecil