Model bisnis properti dengan penyewaan rumah kos merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan terutama bagi para investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Rumah kos dinilai memiliki yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, karena rumah kos merupakan salah satu solusi dari harga lahan pemukiman yang semakin meningkat.

Menyewa rumah kos menjadi pilihan terutama bagi pekerja dan mahasiswa yang berada di suatu wilayah dalam waktu yang tidak begitu lama.

Usaha properti dengan membangun rumah kos kini semakin berkembang melihat semakin besarnya pasar potensial untuk usaha properti jenis ini. Kini jenis rumah kos kian beragam dengan pangsa pasar yang semakin luas, kini kita bisa melihat semakin banyak rumah kos eksklusif yang menyediakan fasilitas yang sangat lengkap untuk penghuninya.

Periode penyewaan rumah kos pun kini semakin beragam mulai dari tahunan, bulanan, hingga harian. Rumah kos harian dengan fasilitas lengkap kini semakin banyak terutama di kawasan wisata yang menjadi pilihan penginapan selain hotel.

Akan tetapi, setiap investasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang harus anda pahami sebelum memulai investasi. Karena itu mari kita bahas kekurangan dan kelebihan dari rumah kos.


Table of Content


Kelebihan Rumah Kos

Potensi Kerugian Rendah

Kebutuhan hunian yang semakin meningkat membuat harga properti terus meningkat setiap tahunnya. Harga properti yang stabil yang cenderung meningkat menjadi keunggulan dari usaha properti melalui rumah kos.

Rumah kos memiliki nilai yang sama stabilnya dengan berbagai jenis properti lain sehingga bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang yang bisa memberikan anda keuntungan dalam jangka panjang. Karena itu sebelum membangun rumah kos anda harus pintar memilih properti dengan prospek yang baik di masa mendatang seperti kawasan yang dekat dengan kampus dan perkantoran agar bisa mendapatkan keuntungan yang optimal dan memperkecil resiko kerugian anda.

  1. Investasi Jangka Panjang

Memulai usaha properti dengan membangun rumah kos merupakan investasi jangka panjang yang bisa memberikan keuntungan dalam waktu yang lama.

Sebagai pemilik rumah kos, anda akan terus mendapatkan keuntungan anda bisa mengatur agar rumah kos yang anda miliki selalu terisi oleh penyewa. Karena itu selain lokasi strategis, anda juga perlu mempromosikan rumah kos yang anda miliki selalu terisi agar bisa memberikan keuntungan yang optimal.

Promosi sangat penting untuk membantu anda mencapai pasar yang lebih luas sehingga rumah kos yang anda miliki memiliki penyewa yang bisa memberikan anda keuntungan.

  1. Potensi Keuntungan Tinggi

Investasi properti melalui rumah kos akan memberikan anda berbagai macam keuntungan. Selain keuntungan dari biaya sewa, rumah kos juga akan memberikan anda keuntungan yang besar saat anda menjual kembali properti tersebut saat anda membutuhkan uang.

Harga properti yang meningkat setiap tahun membuat rumah kos akan memberikan anda keuntungan yang cukup besar saat anda menjual kembali rumah kos yang anda miliki. Hal ini sangat menguntungkan karena bisa saja di masa mendatang anda memutuskan untuk mengganti instrumen investasi dan ingin menjual properti anda.

Pasif Income Jangka Panjang

Apabila anda ingin investasi yang bisa memberikan pasif income, rumah kos merupakan salah satu pilihan terbaik untuk anda.

Seperti yang kita tau, rumah kos akan memberikan anda pasif income dari hasil sewa rumah kos yang anda miliki. Investasi ini sangat cocok untuk anda yang mencari investasi yang bisa secara rutin memberikan anda penghasilan. Selain itu, apabila anda ingin meningkatkan penghasilan anda perlu melengkapi rumah kos yang anda miliki dengan berbagai fasilitas sehingga nilai sewa yang anda terima dapat meningkat.

Permintaan Pasar Terus Meningkat

Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat membuat kebutuhan akan hunian juga semakin tinggi. Karena itu rumah kos sering dijadikan alternatif hunian bagi masyarakat luas seperti mahasiswa, karyawan dan keluarga muda yang masih merintis karir.

Karena selain harga yang lebih murah, rumah kos biasanya berada di lokasi yang strategis sehingga mempermudah mobilitas dalam kegiatan sehari-hari mereka. Karena itu sekarang banyak sekali bermunculan berbagai jenis rumah kos yang menjangkau berbagai segmen pasar.

Risiko Rumah Kos

Selain keunggulan, anda juga harus paham bahwa rumah kos memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan investasi lain. Berikut beberapa kelemahan usaha properti lewat rumah kos.

Biaya Perawatan

Agar dapat bersaing dengan rumah kos lain, anda perlu memberikan fasilitas terbaik agar konsumen memilih properti sewaan milik anda. Penambahan fasilitas ini tidak hanya memakan biaya yang cukup besar di awal tapi juga akan meningkatkan biaya perawatan dari rumah kos yang anda miliki.

Hal ini akan meningkatkan biaya tetap (fix cost) yang harus anda keluarkan walaupun saat kamar tersebut kosong dan tidak menghasilkan uang. Karena itu saat membangun rumah kos anda harus memperhitungkan biaya tetap yang harus anda keluarkan untuk perawatan properti milik anda.

Karena itu anda perlu menyiapkan sejumlah dana cadangan untuk perawatan fasilitas rumah kos untuk berjaga-jaga apabila rumah kos yang anda bangun tidak langsung terisi.

Persaingan Pasar

Saat mulai usaha properti, anda akan dihadapkan dengan persaingan yang cukup ketat. Karena itu anda perlu terus melakukan analisis pasar dan meningkatkan berbagai fasilitas yang anda miliki agar konsumen memilih untuk menyewa di rumah kos milik anda.

Selain itu sekarang anda perlu memasarkan properti yang anda miliki secara online sehingga dapat meraup pasar yang lebih luas. Karena itu, selain membangun rumah kos dengan fasilitas yang sesuai pasar anda juga butuh menyusun strategi bagaimana agar rumah kos anda dapat ditemukan oleh para calon penyewa. Hal ini penting dilakukan untuk antisipasi agar rumah kos yang anda miliki tidak kosong.

Risiko Telat Bayar

Saat memulai bisnis rumah kos, anda harus menentukan periode pembayaran sewa yang akan anda terapkan baik itu bulanan maupun tahunan. Akan tetapi, kita tidak dapat memprediksi bagaimana kondisi keuangan dari penyewa dalam beberapa waktu ke depan. Kesulitan keuangan mungkin saja terjadi pada setiap orang karena berbagai hal tidak terduga sebelumnya seperti pandemi yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga kesulitan membayar biaya hunian mereka.

Karena itu anda harus siap menghadapi masalah seperti ini saat memutuskan membangun rumah kos. Risiko telat bayar ini juga lumayan sering terjadi di kalangan mahasiswa yang masih memiliki keterbatasan finansial yang membuat mereka menunggak biaya sewa atau terkadang kabur sebelum membayar sewa terlebih dahulu. Karena itu anda butuh manajemen yang baik agar penagihan bisa dilakukan secara teratur.

Membutuhkan Modal Besar

Seperti yang anda tau, membangun sebuah rumah kos membutuhkan biaya awal yang cukup besar sehingga banyak orang kesulitan untuk memulai usaha properti ini.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir karena kini telah tersedia sistem equity crowdfunding memberikan anda kesempatan untuk memiliki properti yang bisa memberikan anda keuntungan dengan sistem patungan. Sistem ini membuat anda bisa memiliki properti rumah kost menguntungkan hanya dengan modal kecil.

Mulai Investasi Properti Menguntungkan Dengan Modal Kecil Bersama LandX


Baca Juga:


Yuk Kunjungi Instagram Kami di @landx.id Untuk Informasi Terupdate Seputar Investasi

‌#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha