Salah satu tujuan keuangan yang ingin dicapai hampir semua orang adalah financial freedom atau kebebasan finansial. Financial freedom sendiri adalah kondisi di mana seseorang bisa tetap hidup bercukupan tanpa bekerja karena mereka sudah memiliki passive income yang sudah bisa mencukupi berbagai kebutuhan hidup mereka.

Dengan kata lain, financial freedom dapat diartikan sebagai kondisi di mana aset yang kita miliki sudah bisa memberikan passive income yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan hidup mereka.

Tahap ini sering juga disebut dengan finansial independent di mana seseorang tidak mengalami berbagai kendala finansial walaupun tidak bekerja karena sudah didukung dengan passive income yang lebih besar dari penghasilannya.

Kondisi ini tentu saja menjadi cita-cita banyak orang, akan tetapi untuk masuk ke dalam tahap ini tentu saja bukanlah hal yang mudah dan butuh berbagai tahap yang harus anda lewati terlebih dahulu.

Karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut tentang kebebasan finansial dan bagaimana cara mencapai financial freedom di usia muda.


Table of Content


Financial Freedom di Usia Muda

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, arti dari financial freedom adalah kondisi di mana seseorang sudah tidak perlu bekerja keras lagi karena investasi atau aset yang dimiliki bisa memberikan penghasilan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup mereka.

Kita semua tentu saja ingin mencapai financial freedom di usia muda, namun untuk mencapai tahap ini kita butuh berbagai persiapan dan strategi agar kita bisa mencapai financial freedom sesegera mungkin.

Karena itu, kita perlu paham tentang bagaimana mengelola uang dengan baik sedini mungkin karena semakin cepat kita mulai, maka semakin cepat juga kita paham jalur seperti apa yang harus kita hadapi untuk mencapai kondisi finansial yang kita harapkan tersebut.

Karena itu, mari kita bahas berbagai tahap-tahap yang harus kita lewati hingga akhirnya masuk ke dalam tahap financial freedom.

Tahapan Mencapai Financial Freedom

Untuk kamu yang ingin mencapai financial freedom di usia muda, berikut berbagai tahap yang harus anda lewati untuk mencapai financial freedom:

1. Kestabilan Finansial

Kestabilan finansial adalah tahap di mana seseorang dalam kondisi finansial yang cenderung stabil dengan penghasilan yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Selain itu, dalam tahap ini seseorang sudah memiliki dana darurat dan asuransi yang cukup untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga dan bisa mulai menyisihkan uang mereka untuk menyusun rencana invesasi jangka panjang.

2. Financial Independent

Setelah memasuki kondisi finansial yang stabil, maka seseorang bisa mulai melangkah maju ke tahap berikutnya yaitu financial independent. Dalam tahap ini, seseorang memiliki dana untuk investasi yang jauh lebih besar jika dibandingkan tahap sebelumnya. Karena itu, mereka bisa mulai menjalankan berbagai program investasi karena penghasilan mereka sudah melebihi berbagai kebutuhan dasar.

3. Financial Freedom

Setelah melewati dua tahap sebelumnya, barulah seseorang bisa masuk ke tahap financial freedom di mana seseorang tidak perlu memikirkan lagi bagaimana cara mencari uang karena berbagai kebutuhan sudah terpenuhi walaupun tanpa bekerja. Hal ini tentu saja menjadi tujuan akhir dari rencana keuangan seseorang.

Untuk kamu yang ingin mencapai financial freedom di usia muda, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

Cara Mencapai Financial Freedom

Berikut beberaap cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai financial freedom.

1. Memahami Kondisi Keuangan dengan Baik

Sebelum membahas berbagai hal lain, kamu harus paham dulu bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini seperti berapa besar pemasukan dan pengeluaran dasar bulanan agar kamu memiliki proyeksi berapa besar yang harus kamu miliki hingga mencapai financial freedom.

Hal ini sangat penting untuk dipahami karena setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda terkait financial freedom sehingga pendekatan setiap orang mencapai tahap ini pun akan berbeda-beda pula. Karena itu, kita harus memahami dengan baik bagaimana cashflow yang kita miliki pada saat ini.

2. Mengatur Cashflow dengan Baik

Apabila anda ingin mencapai financial freedom, maka kamu perlu paham bagaimana cara mengatur uang yang anda miliki dengan bijak. Karena itu, kamu perlu mencatat berbagai pengeluaran dan pemasukan untuk melihat pengeluaran apa saja yang kurang penting sehingga bisa anda kurangi di bulan mendatang.

Hal ini sangat penting pada bulan berikutnya ktia tidak melakukan kesalahan yang sama dan uang tersebut dialokasikan ke berbagai hal lain yang bisa berdampak baik terhadap kondisi keuangan anda di masa depan.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, agar finansial anda stabil maka anda butuh menyiapkan dana darurat yang jumlahnya tergantung dengan besar kebutuhan pokok anda setiap bulan.

Dana darurat bisa dibilang merupakan langkah awal yang harus anda siapkan untuk kondisi keuangan yang jauh lebih stabil untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga. Karena itu kamu butuh menyiapkan dana darurat yang jumlahnya 3-6 bulan kebutuhan pokok anda.

4. Menambah Sumber Penghasilan

Selain menabung, kamu juga perlu mengoptimalkan penghasilan selagi muda agar anda bisa semakin cepat mencapai kondisi financial freedom. Hal ini bisa anda lakukan dengan memiliki bisnis sampingan atau bekerja sebagai freelance di waktu luang sehingga bisa mendukung penghasilan utama anda.

Oleh sebab itu, anda harus bisa memanfaatkan berbagai peluang agar anda bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih optimal.

5. Mulai Investasi

Investasi merupakan bagian penting yang harus anda lakukan untuk mencapai financial freedom. Kalau kamu sudah menyiapkan berbagai kebutuhan keuangan dasar, maka kamu bisa mulai memilih instrumen investasi terbaik yang bisa memberikan anda keuntungan.

Dalam tahap financial freedom, investasi seseorang biasanya sudah memberikan mereka keuntungan dalam jumlah yang melebihi kebutuhan dasar mereka. Dengan kata lain, investasi yang mereka lakukan bisa memberika mereka passive income yang jumlahnya bisa menutupi berbagai kebutuhan dasar mereka.

Karena itu, kamu harus menghitung berapa jumlah investasi yang harus kamu lakukan agar bisa memberikan return yang bisa memenuhi kebutuhan kamu.

Investasi Bisnis dengan Passive Income

Investasi bisnis melalui equity crowdfunding merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa membantu kamu mencapai financial freedom karena bisa memberikan kamu dividen dari keuntungan bisnis yang kamu danai.

Apabila kamu berinvestasi melalui skema ini, maka kamu bisa mendapatkan dividen rutin yang besarnya mengikuti keuntungan dari bisnis yang anda danai. Karena itu, patungan bisnis melalui equity crowdfunding merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat cocok untuk mempermudah anda mencapai financial freedom.

Karena itu..

Yuk Ikut Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

bangun passive income agar kamu bisa segera mencapai finansial freedom dengan berinvestasi melalui skema equity crowdfunding di LandX

Jangan Lupa!! Follow @landx.id di Instagram Supaya Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha