Net present value atau NPV adalah salah satu hal  penting untuk dipahami apabila kamu ingin melakukan investasi. NPV adalah perkiraan arus kas di masa mendatang yang menggunakan social opportunity cost of capital sehingga dikurangi berbagai diskon.

Istilah NPV adalah istilah yang sangat umum digunakan di dunia akuntan tapi juga sangat penting anda pahami apabila anda ingin mulai berinvestasi.

Memahami apa itu NPV dan cara menghitung NPV bagi investor pemula sangatlah penting karena akan membantu menganalisis keputusan keuangan terbaik untuk mendapatkan keuntungan investasi yang lebih optimal.

Menghitung NPV terbilang cukup mudah karena ada rumus net present value (NPV)  yang akan membantu anda melakukan pengelolaan keuangan dengan lebih baik sehingga bisa memberikan anda keuntungan yang optimal di masa mendatang.

Karena itu mari kita bahas lebih lanjut apa itu net present value (NPV) agar anda bisa membuat keputusan investasi lebih baik di masa mendatang.


Table of Content


Pengertian Net Present Value (NPV)

Net Present Value atau NPV adalah selisih antara pengeluaran dan pemasukan setelah disesuaikan dengan menggunakan social opportunity of capital sebagai salah satu faktor diskon.

Net present value juga diartikan sebagai perkiraan arus kas di masa mendatang yang disesuaikan dengan arus kas pada saat ini.

NPV adalah salah satu analisis yang biasa digunakan untuk proyeksi arus kas sehingga bisa memberikan proyeksi keuntungan dari suatu bisnis atau investasi yang dilakukan.

NPV memiliki kaitan erat dengan time value of money tentang nilai uang akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Dengan paham konsep cara menghitung NPV, investor diharapkan bisa mengukur investasi mana yang berpeluang memberikan mereka keuntungan.

Oleh sebab itu, mari kita bahas lebih lanjut tentang apa saja fungsi NPV dalam investasi jangka panjang yang kamu lakukan.

Fungsi Net Present Value (NPV)

Dalam suatu bisnis menghitung NPV akan membantu anda menilai apakah bisnis yang sedang anda jalankan memiliki peluang keuntungan di masa mendatang seiring perubahan nilai uang.

Hal ini akan membantu anda melihat apakah bisnis atau investasi yang akan dijalankan memiliki potensi keuntungan yang baik di masa mendatang sehingga layak untuk dilakukan.

Dalam investasi, menghitung NPV bisa menjadi salah satu patokan untuk melihat apakah instrumen investasi yang akan dijalankan saat ini memberikan keuntungan yang optimal dan sesuai dengan nilai uang di masa mendatang.


Baca Juga:


Oleh sebab menghitung NPV bisa menjadi salah alat untuk menghitung peluang investasi yang dilakukan dengan melihat apakah keuntungan yang bisa dihasilkan di masa mendatang sebanding dengan dana yang harus dikeluarkan pada saat ini.

Menghitung  NPV sangat penting terutama untuk investasi jangka panjang yang akan anda jalankan agar anda bisa memastikan keuntungan yang didapatkan sudah sebanding nilai uang pada saat itu. Biar semakin paham mari kita bahas bagaimana cara menghitung NPV

Cara Menghitung dan Rumus Net Present Value (NPV)

Menghitung NPV membutuhkan dua langkah mudah yang harus anda ikuti:

  1. Langkah awal dengan menghitung Present Value (PV) dari keuntungan dan pengeluaran pertahun
  2. Setelah mendapatkan nilai present value dari keuntungan dan pengeluaran per tahun, selanjutnya cari selisih antara keuntungan dan pengeluaran pertahun.

Present Value (PV) adalah jumlah yang harus anda investasikan pada saat ini untuk mencapai jumlah yang anda inginkan di masa mendatang dan Future Value (FV) merupakan jumlah yang akan anda dapatkan di masa depan apabila berinvestasi pada saat ini.

Apabila anda masih bingung membedakan antara PV dan FV simak contoh di bawah ini:

Apabila anda ingin uang sebanyak Rp 100.000.000 dalam tiga tahun ke depan dan tingkat bunga diasumsikan  5% per tahun, tentu anda ingin tahu berapa uang yang harus anda siapkan untuk ditabung pada saat ini.

Dalam contoh ini, Rp 100.000.000 merupakan FV atau jumlah uang yang anda harapkan di masa mendatang dan PV merupakan jumlah yang harus anda tabung untuk saat ini. Berikut rumus perhitungan PV yang bisa anda gunakan:

rumus npv, cara menghitung npv untuk analisis dengan menghitung present value (PV) dan future value (FV)

Sehingga dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut:

PV = FV / (1+i)^n

= 100.000.000 / (1+0,05)3

= 100.000.000 / 1,157625

PV = Rp 86.383.759

Artinya untuk anda harus saat ini harus menyiapkan uang sekitar 86 juta rupiah agar bisa mendapatkan uang sebanyak Rp. 100.000.000 di masa mendatang. Apabila anda sudah paham maka selanjutnya mari lihat contoh perhitungan NPV di bawah ini:

Anda sedang menjalankan bisnis restoran dan memutuskan untuk memasang set dapur untuk produksi yang baru senilai Rp. 30.000.000, dengan tingkat bunga deposito saat ini yang diasumsikan 5% apakah tindakan ini menguntungkan untuk masa mendatang atau tidak?

Dalam perhitungan present value anda akan mengasumsikan dana dengan jumlah yang sama akan dimasukkan ke dalam deposito dengan tingkat bunga di asumsi 5 % dan periode waktu 3 tahun sehingga dilakukan perhitungan sebagai berikut:

Menghitung NPV menggunakan rumus

Penghasilan diasumsikan sebagai berikut:

Tahun pertama: 15.000.000 / (1+0,05)^1 = 14.285.714

Tahun kedua: 12.000.000 / (1+0,05)^2 = 10.884.353

Tahun ketiga: 9.000.000 / (1+0,05)^3 = 7.774.538

NPV = (14.285.714 + 10.884.353 + 7.774.538) - 30.000.000

NPV = 32.994.605 - 30.000.000

NPV = 2.994.605

Berdasarkan hasil perhitungan di atas maka dapat disimpulkan bahwa membangun set dapur baru untuk produksi dapat dipertimbangkan karena bisa memberikan anda keuntungan di masa mendatang dengan nilai NPV > 0. Sebagai pebisnis atau investor anda bisa menggunakan NPV sebagai salah satu acuan dalam mengambil keputusan.

Penutup

Setelah paham bagaimana menghitung NPV diharapkan anda bisa mengambil keputusan lebih baik dalam investasi dan bisnis yang sedang anda jalankan.

NPV akan sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa tindakan yang anda ambil saat ini sudah sesuai dengan tujuan yang ingin anda capai di masa mendatang. Kini tentu anda semakin paham kriteria bisnis dan investasi seperti apa yang cocok dan menguntungkan anda dalam jangka panjang.

Salah satu instrumen investasi yang wajib anda coba adalah investasi bisnis melalui skema equity crowdfunding. Sistem ini membuat anda bisa melakukan investasi bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang dengan modal kecil. Karena itu…

Yuk Investasi Bisnis di LandX dengan Berbagai Pilihan Bisnis Potensial untuk Investasi Anda

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Terus Update Info Seputar Investasi? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id untuk Berbagai Info Terupdate Seputar Investasi


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis