menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa Itu Bisnis NFT? Memahami Aset Digital NFT untuk Investasi

Friday, 21 Jan 2022

Read in 6 minutes

Kalau kamu penasaran apa itu NFT dan bagaimana sistem keuntungan dari aset digital satu ini, NFT atau Non Fungible Token adalah aset karya digital yang unik dan tidak tergantikan di mana sistem ini membuat pemiliknya dapat memperjualbelikan hasil karya mereka. Tapi bagaimana sih sistem NFT (Non Fungible Token) bekerja? Apa itu NFT? Yuk kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana aset digital satu ini bisa menjadi sumber cuan baru untuk kamu.

“Ghozali Everyday, jualan foto selfie dapat untung miliaran rupiah”, menjadi headline berita diberbagai situs media. Pria kelahiran tahun 1999 ini mendadak viral karena memiliki pendapatan fantastis dari hasil berjualan 933 swafoto dirinya sebagai aset NFT (Non Fungible Token)

Ghozali mulai menjual foto selfienya sejak tahun 2017 dengan harga 0,0001 ETH atau berkisar Rp 48 ribu. Setelah 4 tahun berjalan, kini terdapat kenaikan harga pada harga aset digital NTF milik Ghozali menjadi 0,3 ETH yang setara dengan Rp 13-14 juta.

Kalau kamu penasaran apa itu NFT dan bagaimana sistem keuntungan dari aset digital satu ini, NFT atau Non Fungible Token adalah aset karya digital yang unik dan tidak tergantikan di mana sistem ini membuat pemiliknya dapat memperjualbelikan hasil karya mereka.

Tapi bagaimana sih sistem NFT (Non Fungible Token) bekerja? Apa itu NFT? Yuk kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana aset digital satu ini bisa menjadi sumber cuan baru untuk kamu.

Apa Itu NFT (Non Fungible Token)?

Non fungible token atau NFT adalah aset karya digital yang unik dan tidak tergantikan. Seperti yang kita tahu, aset digital tidak memiliki bentuk nyata yang bisa disentuh dan rentan di download oleh siapa pun. Aset digital juga terkadang sulit menemukan pemilik originalnya, nah kehadiran NFT menjadi solusi untuk permasalahan ini.

Dengan NFT, karya digital Anda kini memiliki sertifikat yang diakui orisinalitasnya dan dapat dibenarkan status kepemilikannya karena memiliki identitas sertifikat digital dan kode unik.

NFT merupakan singkatan untuk non-fungible token. Non-fungible artinya sesuatu yang tidak dapat digantikan oleh apapun karena sifatnya yang unik, dan token berarti bukti. NFT adalah token dalam lingkup blockchain yang mewakili kepemilikan seseorang atas suatu hal yang unik.

Dilansir CNBC Indonesia, beberapa sifat NFT diantaranya:

  1. Turunan dari blockchain
  2. Memiliki sertifikat digital (identitas)
  3. Terenkripsi data digital
  4. Diperdagangkan dengan uang krypto
  5. Dapat diintegrasikan dengan Metaverse

Cara Membuat NFT dan Sistem Jual/Beli NFT

Apabila Anda mengunggah aset digital dengan format jpg di situs NFT, Anda dapat memberi identitas pada aset digital tersebut. Bentuk identitas atau informasi unik khusus dapat berupa file sidik jari, nama token, dan penggunaan simbol token sehingga tidak dapat dipalsukan.

Semua NFT yang telah diberi identitas ini kemudian disimpan ke dalam blockchain dan Anda sebagai pemilik bisa mengaktifkan transaksi untuk token ini. Semua NFT tercatat dengan Unique Smart Contract di Blockchain, sehingga memastikan informasi yang Anda masukkan tidak dapat diganti oleh orang lain.

Anda juga dapat melihat siapa pemilik dari sebuah token dan berapa harga token tersebut telah terjual.

NFT tidak hanya berbentuk foto selfie ala Ghozali saja. NFT dapat berupa NFT art atau gambar, video, musik, tiket konset, in-game item, serta tanah virtual. Apa pun hal unik yang bisa ditrack kepemilikannya bisa dijadikan NFT.

Sebagai contoh, pendiri Twitter, Jack Dorsey yang pernah menjual screenshot postingan atau tweet-an pertamanya sebagai NFT. Siapa pun bisa melihat cuitan tweet-nya melalui profile Twitter milik Jack, namun yang bisa memiliki hanya satu orang melalui NFT market place.

NFT milik pendiri Twitter ini bahkan terjual seharga 2.9 juta dolar atau setara Rp 42 miliar. Tahukah Anda, bahkan Anda sendiri pun bisa membuat video terkait hal ini dan menjualnya sebagai NFT. Semudah itu lah cara membuat NFT.

Kenapa Harga NFT Mahal?

Kenapa suatu NFT bisa dihargai miliaran dolar? Nilai sebuah NFT adalah berdasarkan seberapa banyak orang bersedia membayar. Karena harga ditentukan permintaan, maka Anda harus berhati-hati jika bertindak sebagai calon pembeli produk NFT agar tidak membeli barang yang overprice dan worthless.

NFT juga masih berupa ‘mainan’ barunya dunia digital dan belum ada regulasi pemerintah yang mengatur secara konkrit. Bisa jadi juga, permainan uang ilegal melalui NFT terjadi karena ingin menyembunyikannya melalui aset digital NFT.

Cara Mendapatkan NFT

  1. Pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan atau membeli NFT adalah memiliki wallet. Anda akan perlu membuka akun setelah download aplikasi seperti MetaMask, Trust Wallet atau Rainbow Wallet.
  2. Kedua, Anda harus punya akun di OpenSea. OpenSea adalah first player dan merupakan yang terbesar di lingkup marketplace NFT. Anda bisa download aplikasinya dan langsung melihat serta memilih berbagai NFT yang ingin dibeli. Pada kebanyakan orang, umumnya bertransaksi di website.Selain OpenSea, terdapat marketplace NFT lain seperti Nifty Gateway dan Rarible. Dan tidak mungkin akan muncul pemain dalam negeri yang akan menciptakan marketplace NFT dalam waktu dekat.
  3. Hubungkan akun wallet Anda, misalkan MetaMask ke OpenSea dan langkah selanjutnya adalah membeli ethereum. Harga satuan aset NFT menggunakan ETH atau ethereum yang merupakan bagian dari krypto, layaknya bitcoin atau dodgecoin.
  4. Setelah beli ethereum, transfer ethereum Anda ke akun MetaMask Wallet dan Anda bisa langsung membeli atau checkout NFT pilihan. Jika Anda ingin melihat langkah cara beli NFT, Anda dapat mengunjungi channel YouTube Felicia Putri Tjiasaka.

Beberapa geng NFT populer ada Cryptopunk dan BAYC (Bored Ape Yacht Club) dengan gambar ape atau profil monyet/kera yang stylish. Adapun NFT termahal yang pernah terjual adalah karya Beeple seharga 70 juta dolar atau setara nilai rupiah Indonesia sebanyak 1 triliun.

Apa Fungsi dari NFT?

NFT dan Ghozali Everyday menandakan Indonesia sudah melek Metaverse. NFT layaknya jembatan menuju peradaban Metaverse. Karena NFT bisa digunakan sebagai profil di dunia Metaverse atau Sandbox tempat beli tanah virtual.

Metaverse menyajikan digital experience on the next level. Melalui NFT, Anda dapat membeli barang-barang yang yang sedang dikembangkan berbagai brand besar berkaitan dengan dunia Metaverse.

Seperti baru-baru ini brand Adidas yang membeli tanah virtual di Sandbox. Tanah ini dapat digunakan untuk menggelar event virtual khusus dan membuat kita bisa tergabung dalam komunitas eksklusif.

Selain fashion brand Nike hingga Balenciaga, Anda juga dapat membeli produk dari Apple yang mengembangkan produk Metaverse berupa headset yang memiliki fungsi AR dan VR.


Baca Juga:


Investasi NFT dan KRYPTO

Seperti diinfokan di atas, NFT merupakan turunan dari blockchain yang pembayarannya menggunakan uang cryptocurrency. Karena itu ada juga yang menyebut sebagai NFT Krypto atau NFT Coin.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi pada aset NFT, perlu diingat bahwa dalam NFT tidak ada konsep dividen ataupun cashflow. Untung yang bisa didapatkan hanya dari kenaikan harga atau capital gain.

Layaknya investasi pada umumnya, sebaiknya berinvestasi pada aset yang likuid atau mudah dicairkan kembali menjadi uang. Harga sebuah NFT yang likuid dan bisa dijadikan investasi umumnya berkisar ratusan juta hingga miliaran.

Harga NFT ini pun tidak bisa dipecah menjadi beberapa lot-lot kepemilikan saham atau dijadikan reksadana. Sehingga, investasi atau trading NFT dikenal sebagai investasinya orang kaya.

Karena itu, kamu butuh diversifikasi ke dalam instrumen lain agar sebagai strategi mitigasi risiko dalam investasi.

Mendapatkan Untung Dividen dan Capital Gain Lewat Equity Crowdfunding

Investasi NFT kini dikenal sebagai investasi dengan untung miliaran, namun setiap investasi tentu memiliki risikonyo sendiri. Apalagi untuk memulai berinvestasi aset NFT yang likuid perlu modal yang besar.

Sebagai solusi investasi NFT yang tidak bisa dipecah kepemilikan lot sahamnya kini terdapat investasi dengan [ sistem equity crowdfunding]. Crowdfunding juga dikenal juga sebagai investasi patungan bisnis, Anda dapat memiliki bisnis prospek cuan miliaran hanya dengan modal Rp 1 juta saja melalui platform crowdfunding [[LandX.]

[Berinvestasi di LandX.] Anda bisa mendapat keuntungan dividen serta profit capital gain dengan mdoal sejutaan saja. Tinggal duduk manis jadi owner bisnis tanpa repot kelola operasional dan cari pelanggan.

Karena itu…..

Yuk, berinvestasi patungan bisnis dan jadi pemilik bisnis prospek cuan!

Yuk mulai patungan bisnis menguntungkan jangka panja g bersama LandX


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis

Baca Juga