Investor Penerbit
menu-mobile

Mengenal Apa Itu Safe Deposit Box Beserta Keuntungan dan Kelemahannya

18 October 2022

|

9 Min Read

|

Author: Della Octavilia
Pengertian dan manfaat safe deposit box

Kamu mengenal istilah Safe Deposit Box? Apa itu Safe Deposit Box? Safe Deposit Box adalah adalah jasa penyewaan berupa box yang dirancang khusus untuk menjaga keamanan barang berharga milik pengguna.

Pernah mendengar istilah Safe Deposit Box (SDB)? Apa itu Safe Deposit Box? Safe Deposit Box adalah layanan jasa penyimpanan barang berupa box yang dirancang khusus untuk menjaga keamanan barang-barang berharga milik pengguna.

Fasilitas Safe Deposit Box ini cocok untuk kamu yang merasa tidak aman bila menyimpan barang-barang berharga di rumah. Berbagai barang-barang berharga yang memiliki arti khusus dapat kamu simpan di Safe Deposit Box, mulai dari dokumen penting, hingga barang-barang yang memiliki nilai sejarah dapat kamu simpan di sini.

Kamu pun dapat merasakan berbagai manfaat Safe Deposit Box saat kamu memutuskan untuk menggunakan fasilitas ini dan cara penggunaannya pun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menentukan tempat yang tepat untuk memakai fasilitas Safe Deposit Box. 

Kali ini kita akan membahas seputar kepanjangan SBD atau Safe Deposit Box, mulai dari pengertian Safe Deposit Box, hingga keuntungan dan kelemahan Safe Deposit Box. Jadi ikuti terus artikel ini, ya!

Apa Itu Safe Deposit Box (SDB)?

Kamu pernah merasa khawatir tidak akan jaminan keamanan dari barang-barang berharga yang kamu simpan di rumah? Apalagi jika barang-barang berharga hanya diletakkan di dalam lemari, keamanannya sangatlah tidak terjamin.

Dengan kamu menyimpan barang-barang berharga di rumah tentu memiliki banyak risiko, mulai dari pencurian, kebakaran, hingga terkena bencana alam.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan fasilitas SDB Bank. Kepanjangan SDB adalah Safe Deposit Box. Lalu, apa itu Safe Deposit Box?

Menurut laman OJK, pengertian Safe Deposit Box adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Sederhananya, Safe Deposit Box adalah fasilitas penyewaan berupa box yang dirancang khusus untuk menjaga keamanan barang-barang berharga milik pengguna. Dengan menggunakan fasilitas ini, kamu akan lebih merasa aman akan penyimpanan barang-barang berhargamu.

Umumnya, barang-barang yang disimpan di Safe Deposit Box adalah barang-barang yang memiliki nilai tinggi atau memiliki nilai sejarah bagi para pemiliknya dan mereka merasa khawatir jika menyimpan barang tersebut di rumah.

Dengan menggunakan Safe Deposit Box, keamanan dari barang-barang kamu akan lebih terjamin dan akan diawasi selama 24 jam setiap harinya.

Barang-Barang Berharga yang Disimpan di Safe Deposit Box

Banyak orang yang memanfaatkan Safe Deposit Box untuk menyimpan barang-barang berharga yang memiliki nilai tinggi dan perlu memiliki tingkat keamanan tinggi dalam penyimpanannya. Berikut ini barang-barang yang bisa disimpan di Safe Deposit Box adalah sebagai berikut:

  • Surat pribadi, seperti akta kelahiran, hingga surat nikah.
  • Akta rumah atau tanah
  • Salinan surat wasiat dan surat kuasa
  • Sertifikat saham dan obligasi
  • Dokumen-dokumen bisnis penting
  • Hard drive atau flash drive yang berisi data-data penting
  • Perhiasan berharga
  • Barang koleksi yang memiliki nilai tinggi 
  • Barang-barang berharga lainnya.

Selain barang-barang diatas, terdapat pula barang-barang yang tidak boleh disimpan di Safe Deposit Box, yaitu:

  • Barang-barang yang mengandung kategori psikotropika
  • Zat-zat kimia berbahaya yang dapat menimbulkan kebakaran
  • Senjata api, bahan peledak, dan benda-benda yang berbentuk padat/cair/gas yang dilarang oleh Undang-Undang
  • Barang-barang yang diperoleh dari hasil tindak pidana kejahatan
  • Barang-barang yang dapat menimbulkan bahaya bagi barang-barang pemilik pengguna lainnya.

Layanan Safe Deposit Box di Bank

Saat hendak menggunakan fasilitas Safe Deposit Box (SDB), kamu perlu menemukan tempat yang tepat  agar barang-barang berharga yang kamu miliki terjamin keamanannya. Saat ini, beberapa bank di Indonesia telah memberikan layanan penyewaan Safe Deposit Box bagi para nasabahnya.

Syaratnya pun kamu hanya perlu menjadi nasabah dari bank tersebut. Ada pula beberapa Bank di Indonesia yang telah menyediakan layanan Safe Deposit Box adalah sebagai berikut:

1. BCA

BCA merupakan salah satu bank yang menyediakan fasilitas Safe Deposit Box (SDB). Safe Deposit Box dari BCA sendiri terkenal akan kecanggihan dan keamanannya. Hal ini karena, pengguna sudah tidak memerlukan kunci lagi untuk mengakses kotak penyimpanan, melainkan dapat diakses dengan menggunakan sisik jari dan nomor PIN untuk mengakses kotak penyimpanan.

Harga penyewaan Safe Deposit Box yang ditawarkan oleh bank ini pun bervariasi tergantung dari ukuran box yang dipilih, yaitu mulai dari harga Rp150.000 - Rp900.000 per tahunnya.  Harga sewa ini juga belum termasuk biaya jaminan sebesar Rp750.000 untuk setiap jenis boxnya.

2. Mandiri

Selanjutnya, bank yang menyediakan fasilitas Safe Deposit Box adalah Mandiri. Sama seperti bank sebelumnya, biaya Safe Deposit Box dari Bank Mandiri juga berdasarkan ukuran box yang dipilih, yakni mulai dari harga Rp200.000 - Rp3.000.000 untuk ukuran yang ekstra besar.

Untuk biaya jaminan, Mandiri juga membebankan jaminan sebesar Rp750.000 per tahunnya bagi setiap pengguna.

3. BNI 

BNI masuk ke dalam jajaran bank di Indonesia yang memberikan fasilitas Safe Deposit Box terbaik. Terdapat 10 ukuran box yang dapat dipilih oleh pengguna, yakni mulai dari harga Rp200.000 - Rp12.250.000 per tahunnya. Harga ini juga belum termasuk biaya jaminannya sebesar Rp1.000.000.

Cara Menyewa Safe Deposit Box di Bank

Jika kamu berencana untuk menyimpan barang-barang berharga mu di safe box bank, maka kamu perlu mengetahui beberapa tahapan penyewaan Safe Deposit Box. berikut ini beberapa tahapan umum saat ingin melakukan penyewaan Safe Deposit Box di Bank adalah:

  1. Calon pengguna wajib untuk memiliki rekening atau membuka rekening tabungan bank yang dituju.
  2. Mengisi formulir identitas diri sesuai dengan KTP, Paspor, atau dokumen lain sejenisnya.
  3. Menyediakan biaya materai
  4. Membayat sewa safe box bank berdasarkan ukuran box yang dipilih
  5. Membayar biaya administrasi dan juga jaminan berdasarkan bank yang dituju
  6. Apabila menyetujui perjanjian penyewaan SDB bank, maka pengguna akan diberikan dua buah kunci atau kartu akses untuk memasuki ruang penyimpanan safe box bank.

Keuntungan dan Kelemahan Safe Deposit Box

Tentu, saat menggunakan fasilitas Safe Deposit Box pasti terdapat keuntungan dan kelemahannya. Berikut ini beberapa keuntungan dan kelemahan Safe Deposit Box adalah sebagai berikut:

Keuntungan Safe Deposit Box

1. Keamanan Terjamin

Safe Deposit Box dirancang memiliki keamanan yang kuat dari berbagai bencana. Bahannya saja terbuat dari baja yang tahan api dan tahan bongkar. Untuk sistem keamanannya, beberapa bank di Indonesia telah menggunakan fasilitas keamanan dua-kontrol biomedik untuk menambah dan melengkapi sistem keamanannya.

Untuk mengakses SDB bank juga memerlukan dua kunci ganda yang dimiliki oleh pengguna dan pihak bank. Selain menggunakan kunci ganda, pengguna juga dapat mengakses Safe Deposit Box dengan menggunakan sidik jari dan PIN. Oiya, safe box bank juga dilengkapi kamera CCTV yang selalu mengawasi selama 24 jam.

2. Mengurangi Risiko Kehilangan

Coba kamu bandingkan besaran risiko menyimpan barang barang berharga di rumah dengan di Safe Deposit Box? Tentu, menyimpan barang di rumah memiliki risiko yang lebih besar dibanding menyimpan di Safe Deposit Box. 

Bagaimana tidak, menyimpan barang berharga di rumah sendiri sangat riskan akan pencurian. Walaupun barang berharga mu di simpan di brankas juga masih ada kemungkinan untuk dibobol pencuri.

Beda halnya jika kamu menyimpan di Safe Deposit Box yang hanya bisa diakses oleh dirimu sendiri dan juga memiliki sistem keamanan yang ketat selama 24 jam.

3. Prosedur Pendaftaran Mudah

Prosedur yang diperlukan untuk menggunakan fasilitas Safe Deposit Box pun mudah. Calon pengguna hanya perlu membuka rekening di bank yang dituju. Setelah itu pengguna hanya perlu mengisi formulir dan menyiapkan uang sewa hingga jaminan untuk membuka Safe Deposit Box.

4. Tersedia Varian Ukuran Box

Saat ingin menggunakan Safe Deposit Box, kamu dapat memilih berbagai ukuran box yang disediakan oleh pihak bank. Karena, besaran biaya sewa Safe Deposit Box itu berdasarkan ukuran box yang kamu pilih. Ukuran box yang disediakan oleh tiap bank pun bervariasi dari ukuran yang paling kecil hingga ke ukuran yang ekstra besar.

Jadi kamu bisa sesuaikan ukuran box berdasarkan kebutuhan barang-barang  berharga yang kamu miliki. 

5. Kerahasiaan Terjamin

Kamu tidak perlu khawatir atas kerahasiaan barang-barang berharga mu di Safe Deposit Box. karena hanya kamu satu-satunya yang dapat mengakses safe box bank. Jadi kerahasiaan lebih terjamin.

Kelemahan Safe Deposit Box

1. Terdapat Biaya Sewa

Berbeda saat menyimpan barang-barang berharga di rumah yang tidak memerlukan biaya alias gratis, saat memakai Safe Deposit Box kamu perlu mengeluarkan biaya sewa. Umumnya, biaya sewa yang akan dikeluarkan itu tergantung pada ukuran box yang dipilih.

Jika ukuran box yang dipilih kecil, maka biaya pun tidak terlalu mahal, begitupun seterusnya. Selain biaya sewa, pengguna juga dibebankan biaya administrasi dan biaya jaminan yang harus dibayarkan saat menyewa Safe Deposit Box. Oiya, kamu akan dikenakan denda jika mengalami keterlambatan dalam membayar uang sewa.

2. Risiko Kerusakan Akibat Force Majeure

Memang, risiko menyimpan di Safe Deposit Box lebih kecil dibanding di rumah. Namun, bila terjadi bencana alam seperti gempa bumi, banjir, perang, dan huru-hara lainnya yang menyebabkan SDB bank mengalami kerusakan, maka pihak bank tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan tersebut, karena kerusakan bukan kesalahan dari bank.

Tips Memilih Safe Deposit Box yang Baik

1. Reputasi Safe Deposit Box

Saat hendak menyewa Safe Deposit Box, pastikan kamu telah mengetahui bahwa lembaga tempat kamu menyewa memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. 

Caranya, kamu dapat melihat ulasan atau testimoni yang diberikan oleh para pengguna Safe Deposit Box tersebut. Jika memang baik, maka kamu dapat memilih tempat tersebut untuk menyimpan barang-barang berharga yang kamu miliki.

2. Cek Keamanan Tempat Penyimpanan

Jangan sepele, mengecek keamanan Safe Deposit Box juga perlu dilakukan. Karena kita menyimpan barang-barang berharga, tentunya Safe Deposit Box yang akan dipilih haruslah memiliki sistem keamanan yang terjamin.

Sebelum menentukan, kita dapat melakukan pengecekkan tempat Safe Deposit Box. Apakah sistem keamanannya lengkap, dilengkapi kamera CCTV, bagaimana sistem penguncian, dan lain sebagainya perlu dipastikan. Di samping itu, kamu juga bisa memastikan lokasi Safe Deposit Box rawan banjir atau tidak.

3. Kenali Hak dan Tanggung Jawab Nasabah dan Bank

Setelah memutuskan tempat yang baik untuk menyimpan barang-barang berhargamu. Kamu harus memperhatikan setiap kesepakatan yang terjalin antara pihak bank dan kamu sebagai nasabah. Agar kamu tahu hak dan tanggung jawab sebagai nasabah yang menggunakan Safe Deposit Box.

Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari situasi tak terduga di waktu mendatang, dan juga kamu dapat mengetahui tanggung jawab dari pihak bank apabila suatu saat aset yang kamu simpan terkena masalah. 

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan seputar apa itu Safe Deposit Box yang merupakan fasilitas penyewaan untuk menyimpan barang-barang berharga milik pengguna.

Oiya, jika kamu ingin mendapatkan passive income untuk keperluan jangka panjang, sangat bisa lho! Bagaimana caranya? Caranya adalah melalui investasi. Salah satu investasi yang dapat memberikan potensi untung untuk kamu, yaitu melalui investasi skema equity crowdfunding.

Melalui equity crowdfunding, kamu akan mendanai suatu bisnis UMKM berpotensi secara patungan online dengan banyak investor lainnya. Setelah dana terkumpul, selanjutnya kamu berpotensi untuk mendapat keuntungan berupa dividen dari bisnis UKMK yang kamu danai.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terbaik, terpercaya, dan telah memiliki market cap terbesar se-Indonesia. Di LandX kamu bisa mendanai berbagai bisnis UMKM berpotensi, mulai dari bisnis kuliner, hingga bisnis properti yang berpotensi membawa cuan.

Untuk jaminan keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena LandX  telah mengantongi izin dari OJK.  Sehingga, semua aktivitasnya akan diawasi langsung oleh OJK. 

Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi LandX  dan danai bisnis UMKM berpotensi, yuk!

Hasilkan Passive Income dengan Investasi di LandX Sekarang Juga!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga