menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Mengenal Apa Itu Side Hustle Tren Pekerjaan Sampingan Milenial

Friday, 17 Jun 2022

Read in 8 minutes

Author: Della Octavilia
side hustle dan side job, pekerjaan sampingan milenial

Side hustle dan side job sama-sama pekerjaan sampingan? Benar, namun kedua istilah ini memiliki makna dan tujuan yang berbeda. Jadi, kamu mau pilih yang mana dari kedua tipe pekerjaan samping ini?

Saat ini di Indonesia sedang tren istilah side hustle atau disebut juga pekerjaan sampingan. Jadi, apa itu side hustle? Lho, bukannya kalau pekerjaan sampingan itu disebut dengan side job ya?

Benar, side hustle dan side job memang mirip, tetapi sebenarnya dua istilah ini memiliki makna yang berbeda.

Dengan persaingan kerja yang sangat ketat, banyak para pekerja di Indonesia yang bekerja tidak sesuai passion mereka. Menurut penelitian dari Seek menyebutkan bahwa sebanyak 60% pekerja generasi milenial di Indonesia merasa tidak menikmati pekerjaan mereka.

Banyak para pekerja dari generasi milenial di Indonesia yang akhirnya meninggalkan passion yang dimiliki karena dinilai tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Makanya banyak para pekerja generasi milenial di Indonesia akhirnya yang mengalami stress.

Di artikel kali ini kita akan membahas seputar side hustle, perbedaannya dengan side job, hingga ide-ide pekerjaan untuk side hustle dan side job. Artikel ini akan membantu kalian, jika kalian bekerja yang tidak sesuai dengan passion yang dimiliki atau kalian ingin mencari pendapatan tambahan dengan pekerjaan sampingan.

Yuk, kita bahas bersama!

Apa itu Side Hustle?

Istilah Side hustle sedang tren saat ini. Dengan seiring berkembangnya dunia digital, banyak milenial yang memutuskan untuk menggeluti side hustle.

Sebenarnya, apa itu Side hustle?

Side hustle artinya pekerjaan sampingan. Istilah side hustle adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang berdasarkan passion mereka dan dikerjakan diluar dari pekerjaan utama.

Seseorang memutuskan untuk mengambil side hustle biasanya karena pekerjaan utama yang mereka geluti tidak sesuai dengan minat dan kesukaan mereka. Oleh karena itu banyak dari mereka yang merasa tertekan dan stress, karena pekerjaan utamanya tidak sesuai dengan passion.

Side hustle biasanya dilakukan diluar jam pekerjaan utama. Jika kamu berminat untuk menggeluti side hustle, kamu bisa memulainya setelah selesai bekerja. Mungkin dapat dimulai dari pukul 18.00, atau diatas waktu tersebut.

Lalu, apa perbedaannya dengan side job? Bukannya side job juga pekerjaan sampingan ya, juga side job banyak diminati oleh orang-orang?

Nah, berikutnya kita akan membahas perbedaan side hustle dan side job. Jadi, kamu bisa menentukan deh, sebenarnya kamu mau memilih side hustle atau side job.

Perbedaan Side Hustle dan Site Job

Mungkin banyak dari kalian ada yang masih bingung perbedaan antara side hustle dengan side job.

Jadi, kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda ya.

Side hustle adalah aktivitas yang dilakukan berdasarkan minat dan ketertarikan seseorang yang tidak mereka dapatkan dari pekerjaan utamanya. Tujuan seseorang mengambil side hustle juga untuk memenuhi kepuasan pribadi mereka dan tidak semata-mata untuk mencari uang. Mendapatkan uang merupakan bonus untuk seseorang yang memutuskan mengambil side hustle.

Sedangkan, side job adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang demi mendapatkan pendapatan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan yang diambil pun biasanya sama dengan pekerjaan utama, namun sifatnya saja yang berbeda, yaitu tidak terikat atau freelance.

Tetapi keduanya sama-sama dikerjakan setelah pekerjaan utama, ya. Juga, bila kalian memutuskan untuk mengambil baik side hustle atau side job, kalian harus memiliki management waktu yang baik, ya.

5 Ide Pekerjaan Side Hustle

Nah, setelah kalian mengetahui pengertian side hustle dan perbedaannya dengan side job. Sekarang, kita akan melihat 5 ide pekerjaan dari side hustle

  • Beauty Vlogger Menjadi beauty vlogger merupakan impian banyak orang saat ini, terutama bagi kaum wanita.

    Jika kamu memiliki skill make-up yang keren, make-up kamu selalu dipuji, juga kamu suka mendandani dan memberikan tips make-up untuk banyak orang. Beauty vlogger merupakan kesempatan yang dapat kamu coba sebagai side hustle.

    Kamu bisa memulainya dengan membuat video pendek di reels Instagram, atau membuat konten video di Youtube. Kamu bisa memulai dengan mencoba make-up dengan style yang berbeda-beda, review produk kecantikan, hingga memberikan tips-tips make-up.

    Bila kamu enjoy menjalaninya, mungkin suatu saat nanti minat kamu sebagai beauty vlogger ini memberikan banyak peluang kedepannya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan, atau kamu mendapat tawaran endorser dari salah satu brand kecantikan.

  • Food Vlogger Sama seperti beauty vlogger, menjadi food vlogger saat ini juga sedang banyak diminati oleh generasi milenial.

    Mengambil side hustle sebagai food vlogger cocok untuk kamu yang memiliki minat dan ketertarikan dalam dunia kuliner. Kamu yang suka mencoba makanan dari berbagai tempat, suka mereview berbagai tempat makan, dan suka memberikan rekomendasi makanan ke banyak orang, food vlogger cocok untuk kamu.

    Kamu juga bisa memulainya dengan meng-upload sebuah gambar makanan di Instagram lalu diberi review, atau kamu juga bisa membuat video di reels Instagram dan Youtube dengan merekomendasikan salah satu tempat makan. Kamu bisa banget mencobanya, ya.

    Berbagai peluang juga bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang food vlogger.

  • Personal Shopper (Jasa titip) Personal shopper atau yang kita ketahui dengan sebutan Jasa titip (Jastip) cocok banget sebagai side hustle bagi kamu yang suka berbelanja atau sekedar jalan-jalan di Mall, atau event.

    Banyak loh saat ini orang-orang yang tidak bisa pergi ke Mall. Mungkin bertempat tinggal yang jauh dari Mall, atau ibu yang baru melahirkan dan tidak memiliki waktu ke Mall. Biasanya mereka akan memanfaatkan jasa titip untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

    Cara yang dapat kamu lakukan bisa dengan membuat akun resmi di Instagram, lalu kamu mulai meng-upload beberapa produk yang tersedia di Mall. Dari sini, calon pembeli pun dapat melihat berbagai produk dan akan memakai jasa titip kamu.

    Jasa titip juga bukan sebatas di Mall saja ya, bisa juga jasa titip di sebuah event pameran buku, tas, dan lain sebagainya.

    Peluang yang bisa kamu dapatkan sebagai jasa titip pun sangat menarik, bahkan hingga jutaan rupiah bila kamu serius menjalaninya. Waktunya pun dapat kamu tentukan sendiri seperti pada weekend saja, jadi tidak akan mengganggu aktivitas pekerjaan utama kamu.

    Hasrat belanja dan jalan-jalan terpenuhi, dompet juga semakin tebal.

  • Fotografer Mengambil side hustle sebagai seorang fotografer cocok buat kamu yang memiliki skill, dan minat dalam mengambil gambar.

    Kamu dapat memulainya dari proyek kecil, seperti foto untuk wisuda dan ulang tahun. Lalu, selanjutnya kamu dapat menjadi fotografer untuk prewedding dan acara wedding.

    Setiap hasil jepretan kamera mu dapat kamu unggah di Instagram untuk membangun engagement. Kamu juga memiliki waktu yang bebas dan luang saat menjadi seorang fotografer.

  • Youtuber Siapa sih saat ini yang tidak mengetahui profesi ini? Ya, menjadi Youtuber sekarang sudah menjadi sebuah profesi.

    Bagi kamu yang suka membuat video seputar kegiatan sehari-hari, memiliki berbagai macam ide yang menarik dan keren. Menjadi seorang Youtuber sebagai side hustle pun patut untuk dicoba.

    Kamu memiliki waktu yang bebas dan tidak terikat untuk menentukan kapan membuat dan meng-upload video di Youtube.

5 Ide Pekerjaan Side Job

Sebelumnya kita telah melihat ide pekerjaan side hustle, sekarang kita akan melihat 5 ide pekerjaan yang dapat kamu coba sebagai side job untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

  • Content Writer Bagi kamu yang memiliki pekerjaan utama sebagai content writer, kamu juga dapat mengambil side job sebagai seorang content writer.

    Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan freelance content writer. Kamu dapat mengambil peluang ini sebagai freelance, yang dapat kamu kerjakan di luar pekerjaan utama kamu.

    Penghasilan sebagai freelance content writer juga lumayan dan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  • Translator Bila kamu memiliki keahlian dalam bahasa asing, kamu dapat mengambil side job sebagai translator atau penerjemah.

    Saat ini banyak juga perusahaan yang membutuhkan translator yang bersifat kontrak. Kamu bisa menerjemahkan mulai dari artikel, jurnal, dan subtitle untuk konten video.

    Penghasilan yang kamu dapatkan juga dapat membantu penghasilan dari pekerjaan utama kamu.

  • Jasa Les Privat Bagi kamu yang bekerja sebagai guru kamu juga dapat membuka jasa les privat di rumah untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

    Sesuaikan speasialisasi mengajar kamu dengan les privat yang kamu kerjakan. Kamu dapat membuka jasa les privat di waktu weekend saja, atau sepulang kamu mengajar di sekolah.

  • Graphic Design Saat ini juga banyak sekali bisnis dan perusahaan yang membuka lowongan untuk graphic design bersifat kontrak atau freelance.

    Pilihan ini dapat kamu ambil sebagai side job, bila kamu memiliki keahlian atau bekerja di bidang graphic design. Kamu dapat menjaring banyak klien dari berbagai situs penyedia pekerja kontrak atau freelance.

    Penghasilan yang didapatkan juga menjanjikan untuk dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan mu.

  • Admin Media Sosial Selanjutnya yang dapat kamu ambil sebagai side job yakni sebagai admin media sosial.

    Banyak bisnis kecil saat ini yang membuka lowongan untuk freelance media sosial. Kamu pun dapat menyesuaikan waktu antara kamu dan pemilik bisnis untuk jam kerja kamu sebagai admin media sosial. Kamu dapat mengerjakannya setelah selesai dengan pekerjaan utama mu.

Haruskah Kita Memiliki Side Job dan Side Hustle?

Bagaimana pendapat kalian, haruskah kita memiliki side hustle dan side job?

Jawabannya, kembali lagi dalam kebutuhan kalian masing-masing. Karena setiap orang memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda-beda.

Balik lagi ke makna side hustle dan side job yang berbeda ya. Jika side hustle dilakukan untuk memenuhi kepuasan pribadi dan tidak selalu untuk uang. Sedangkan side job untuk mendapatkan pendapatan sampingan dalam membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jadi, bisa saja seseorang yang sudah merasa cukup dengan gajinya, sudah dapat memenuhi semua kebutuhannya, dan juga memiliki tabungan serta dana darurat. Tetapi, dalam dunia pekerjaannya ia stress dan tertekan. Untuk menghilangkan stress dari pekerjaan utamanya, ia memutuskan untuk mengambil side hustle yang sesuai dengan passion yang dimilikinya.

Juga bila seseorang yang sudah memiliki pekerjaan utama, namun pada pekerjaan utama yang dimiliki ia belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya, bahkan ia juga tidak memiliki tabungan. Jadi, bisa saja ia mengambil side job, dengan tujuan untuk mendapatkan pendapatan sampingan dalam memenuhi kebutuhannya.

Semua itu berdasarkan keperluan dan kepentingan masing-masing orang.

Namun, jika kalian memutuskan untuk mengambil side hustle atau side job, pastikan kalian dapat membuat management waktu yang baik, kalian dapat mengatur prioritas dalam pekerjaan, dapat mengatur waktu istirahat dengan baik, dan juga kalian sudah memikirkan sebab dan akibat atas setiap keputusan yang kalian ambil, ya.

Jangan sampai, jika kalian tidak dapat mengatur semuanya dengan baik, kalian malah akan lebih stress dan tertekan.

Bagaimana, kalian sudah mengetahui seputar side hustle dan side job kan? Jadi, kalian mau pilih yang mana? Tentukan pilihanmu dengan matang, ya.

Sebenarnya, jika niat awal kalian memang untuk mendapatkan penghasilan tambahan kalian bisa kok melakukannya dengan cara lain, yaitu dengan cara investasi. Tidak dapat dipungkiri saat ini investasi juga sedang banyak digemari oleh generasi milenial. Mereka mulai merasakan pentingnya untuk memiliki tabungan untuk masa depan.

Kalian bisa lho mulai berinvestasi bersama LandX hanya dengan menggunakan modal kecil.

LandX merupakan platform equity crowdfunding memberikan kamu kesempatan untuk melakukan investasi modal kecil dengan patungan ke berbagai bisnis yang menguntungan. Kamu bisa melihat berbagai bisnis yang memiliki prospek bagus di LandX, dan tentukan pilihanmu sekarang!

Dapatkan Pendapatan Tambahan dengan Investasi di LandX Sekarang Juga!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga