menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Mengenal FIRE Movement (Financial Independent Retire Early)

Wednesday, 14 Sep 2022

Read in 9 minutes

Author: Della Octavilia
Menerapkan strategi financial independent retire early

FIRE Movement adalah kondisi seseorang yang telah memiliki kebebasan finansial untuk melakukan pensiun dini. Untuk mewujudkannya, perlu mencapai financial independent terlebih dahulu. Simak di sini!

Apakah kamu pernah mendengar istilah FIRE Movement (Financial Independent Retire Early)? FIRE movement adalah gerakan di mana seseorang telah memiliki kebebasan finansial dan siap untuk pensiun dini.

Tujuan dari FIRE movement sendiri adalah untuk fokus ke dalam hal yang benar-benar berarti dalam hidup seseorang, di mana mereka melakukannya dengan pensiun dini. Jadi, mereka yang menganut retire early movement ini sangat tidak setuju dengan gagasan bahwa mereka harus menghabiskan setiap hari di kantor dalam waktu yang sangat lama hingga puluhan tahun.

Makanya, seseorang yang menerapkan FIRE Movement melakukan segala macam cara untuk dapat memiliki financial independent agar bisa mewujudkan pensiun dini tanpa harus pusing memikirkan kondisi finansialnya.

Nah, di artikel ini kita akan membahas seputar FIRE movement (Financial Independent Retire Early). Jadi, ikuti terus artikel ini, ya!

Financial Independent

Dalam FIRE movement (Financial Independent Retire Early), untuk mencapai retire early atau pensiun dini seseorang perlu memiliki financial independent atau bebas finansial.

Istilah kebebasan mandiri atau financial independent pertama kali dipopulerkan oleh Robert T. Kiyosaki, seorang ahli keuangan dari Amerika Serikat. Menurut Robert, financial independent adalah suatu keadaan dimana seseorang sudah tidak lagi khawatir pada kondisi keuangannya dan bebas telah bebas dari segala utang atau cicilan.

Seseorang yang memiliki kebebasan finansial berarti ia telah memiliki keuangan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup dan tujuan hidupnya. Untuk dapat mencapai financial independent, kamu harus mulai mengelola keuangan sedini mungkin.

Karena semakin cepat kamu dapat mengelola keuangan dengan baik, semakin cepat pula kamu dapat mencapai financial independent.

6 Tingkatan Kebebasan Finansial

Berikut ini adalah 6 tahapan kebebasan finansial, bagi kamu yang ingin mencapai financial independent. 6 tingkatan kebebasan finansial di antaranya, yaitu:

Level 1: Clarity

Pada level 1 ini, kamu masih harus perlu mengetahui di mana level finansialmu. Artinya, kamu harus mengetahui berapa banyak pendapatan, pengeluaran, utang, tujuan, dan bagaimana situasi keuangan yang sedang kamu alami.

Jika kamu telah mengenal kondisi keuangan sendiri, maka akan jauh lebih mudah dalam melakukan perencanaan demi mewujudkan kebebasan finansial.

Level 2 : Self-Sufficiency

Pada level dua ini mengacu pada kondisi finansial seseorang yang sudah tercukupi secara mandiri. Artinya, seseorang yang awalnya masih mendapat pemasukan dari orang tua, menjadi seseorang yang cukup dalam membiayai kebutuhannya secara mandiri dengan gaji yang dimiliki.

Level 3: Breathing Room

Nah, jika pada level 2 seseorang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan dari gaji setiap bulannya. Pada level 3 ini, seseorang telah memiliki kelonggaran finansial.

Artinya, seseorang telah mampu menyisihkan keuangannya untuk persiapan dana darurat dan investasi. Pada level ini, seseorang telah memiliki kelebihan uang yang dapat digunakan untuk menabung.

Level 4: Financial Stability

Pada level 4 ini kondisi finansial seseorang jauh lebih baik lagi dibanding dengan level sebelumnya. Pada tahap ini, seseorang telah mampu untuk membayar utang dengan suku bunga tinggi, seperti utang kartu kredit, dan juga seseorang telah memiliki dana darurat senilai besaran biaya hidupnya selama 6 bulan.

Seseorang yang berada di level ini sudah jauh memiliki pegangan apabila terjadi keadaan yang tak terduga, seperti PHK misalnya. Pada level 4 ini seseorang tidak terlalu merasa khawatir jika kehilangan pekerjaan atau harus pindah ke kota lain.

Level 5: Financial Flexible

Seseorang yang berada di level 5 pada kebebasan finansial ini berarti telah memiliki tabungan yang jauh lebih besar dan dapat digunakan dengan cepat saat dibutuhkan.

Bukan hanya itu, pada level 5 ini juga seseorang telah memiliki dana darurat yang jauh lebih besar dari level sebelumnya. Artinya, dana darurat yang dimiliki setara dengan besaran biaya hidup selama dua tahun.

Level 6: Financial Independent

Pada level 6 ini berarti seseorang telah mencapai kebebasan financial. Seseorang dalam tahap ini tetap dapat hidup hanya dari pendapatan pasif, seperti investasi. Investasi yang dilakukan dapat berupa saham, obligasi, dan lainnya yang menghasilkan bunga.

Untuk mencapai level tertinggi ini, kamu perlu bekerja lebih keras dengan berani menginvestasikan pendapatan dalam persentase yang tinggi dan menabung secara lebih agresif lagi.

Seseorang yang telah memiliki kebebasan finansial dapat hidup dengan lebih nyaman dan tidak mengkhawatirkan seputar keuangan untuk hidup.

Retire Early Movement

Apa sih retire early atau pensiun dini? Pada umumnya, masih banyak orang yang berpikir bila waktunya pensiun itu saat menginjak usia 50-60 tahun ke atas. Jadi, saat usia 20-50 tahun seseorang masih harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bagi seseorang yang menerapkan retire early movement, usia pensiun bukanlah usia 50-60 tahun, tetapi mereka dapat memulai pensiun saat masih menginjak umur 30-40 tahun, bahkan di umur 20 tahun saja sudah ada yang memutuskan untuk pensiun dini.

Namun, retire early movement sendiri bukan hanya sekedar ingin pensiun dini di usia yang jauh lebih muda, bukan. Retire early dimaksud adalah tentang memiliki pilihan untuk memutuskan kapan mereka akan berhenti bekerja.

Orang yang menerapkan retire early movement ini tidak setuju dengan gagasan gagasan bahwa mereka harus menghabiskan setiap hari di kantor dalam waktu yang sangat lama hingga puluhan tahun.  Dengan retire early, seseorang dapat mewujudkan beberapa ambisi yang belum dapat mereka lakukan.

Gerakan FIRE Movement (Financial Independent Retire Early)

FIRE movement atau menciptakan kebebasan finansial lalu pensiun dini. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya? Tetapi, memang bisa ya pensiun dini di Indonesia?

Menurut laman OJK, gerakan FIRE movement mulai berkembang pada tahun 2010 ketika mulai bermunculan blog, podcast, forum diskusi dan terbentuknya berbagai komunitas persatuan berbentuk FIRE. 

FIRE movement adalah sebuah gerakan dimana seseorang telah memiliki kebebasan finansial dengan tujuan untuk dapat pensiun dini. Melalui gerakan FIRE movement, seseorang dapat mewujudkan kebebasan finansial dan melakukan pensiun dini. Karena kedua istilah tersebut saling berkaitan.

Dalam menerapkan FIRE movement, seseorang perlu memiliki fokus dan tekad yang kuat. Karena FIRE movement sendiri bukan untuk mereka yang ingin cepat kaya, atau bagi mereka yang tidak menyukai pekerjaannya dan memilih untuk berhenti.

Menurut Deacon Hayes, penulis buku “You Can Retire Early!” menyebutkan bahwa FIRE movement bukan hanya sekedar untuk pensiun dini, namun bagaimana seseorang dapat memiliki kebebasan untuk mengejar ambisi mereka saat pensiun dini.

Bagi yang menerapkan FIRE movement, dengan pensiun dini mereka dapat mewujudkan impian dan melakukan hal-hal berharga yang selama ini mereka inginkan. Tetapi untuk mewujudkan pensiun dini pasti perlu kondisi keuangan terjamin terlebih dahulu, yaitu dengan mencapai financial independent

Perlu diingat, untuk mencapai FIRE movement setiap individu juga berbeda-beda ya, semuanya tergantung dengan gaya hidup dan latar belakang masing-masing.

Mewujudkan FIRE Movement

Para komunitas FIRE sendiri memiliki semangat tinggi untuk dapat mewujudkan cita-citanya. Dari pembahasan selanjutnya, terdapat berbagai cara mereka lakukan untuk dapat mencapai Financial Independent Retire Early.

Berikut adalah beberapa cara agar kamu dapat mewujudkan FIRE movement (Financial Independent Retire Early), di antaranya yaitu:

1. Menentukan Tujuan

Langkah pertama dalam FIRE movement adalah dengan menentukan tujuan. Tentukan tujuan keuangan kamu dalam jangka panjang dan apa saja yang ingin diraih.

Dengan memiliki tujuan, kamu memiliki target yang harus diraih dan akan memudahkan kamu dalam mewujudkan FIRE movement. Tapi, ingat harus konsisten, ya!

2. Menabung

Langkah kedua yaitu dengan menabung. Menurut laman TheTimes, komunitas FIRE akan menyisihkan sebanyak 25% hingga 50% dari pendapatan yang mereka terima tiap bulannya untuk ditabung. 

Untuk dapat menabung, mereka akan menyesuaikan gaya hidup menjadi lebih sederhana, dengan lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan.

3. Investasi

Untuk mewujudkan FIRE movement juga dapat dilakukan dengan investasi. Biasanya selain menabung, para komunitas FIRE akan melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Jika kamu mulai melakukan investasi sedini mungkin, maka untuk mencapai FIRE movement menjadi jauh lebih mudah.  kamu ingin mewujudkan FIRE movement melalui investasi, kamu dapat melakukan investasi saham, obligasi, dan lainnya.

4. Meningkatkan Penghasilan

Kamu juga bisa mencoba untuk meningkatkan penghasilan demi mewujudkan FIRE Movement (Financial Independent Retire Early). Hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penghasilan, yaitu:

  • Mengambil pekerjaan tambahan, seperti freelance atau part time.
  • Meminta kenaikan gaji di tempat bekerja
  • Mengubah pekerjaan dengan gaji yang lebih baik, dan
  • Memulai usaha sampingan.

5. Berbelanja dengan Bijak

Untuk mewujudkan FIRE movement kamu harus lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Maka dari itu kamu harus bijak dalam berbelanja, belanjalah sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. 

Daripada uang yang kamu miliki dipakai untuk berbelanja yang tidak penting, lebih baik uang tersebut kamu gunakan untuk melunasi kewajiban atau utang yang kamu miliki, atau kamu bisa menggunakannya untuk berinvestasi.

Banyak dari komunitas FIRE memilih untuk menghindari barang mewah dan melakukan penghematan dari uang yang mereka miliki, misalnya mereka mengurangi untuk nongkrong di cafe, dan sebagainya.

Perhitungan Pensiun Dini di Indonesia

Bisa tidak FIRE movement diwujudkan di Indonesia? Bisa!

Namun, dalam mencapainya kamu memerlukan perhitungan sejumlah dana atau tabungan untuk melakukan retire early. Berapa banyak dana yang harus kamu persiapkan dalam FIRE movement?

Untuk mewujudkan FIRE movement kamu harus memiliki harta sebanyak 25 penghasilan kamu dalam setahun. Kamu, dapat mengikuti aturan 4% atau 4% rule. Aturan 4% ini merupakan hasil study dari Universitas Trinity dengan melihat tingkat pengembalian investasi dalam waktu 15 sampai 30 tahun mendatang.

Aturan 4% ini mengasumsikan bahwa semua dana yang kamu persiapkan tersimpan dalam bentuk investasi, baik berupa deposito, saham, maupun obligasi.

Contoh perhitungannya:

Bapak Y memiliki pengeluaran bulanan sebesar Rp10.000.000. Untuk menerapkan early retire, Bapak Y perlu menerapkan aturan 4% dengan jumlah pengeluaran per bulan dikalikan dengan 12 bulan

Jadi, Rp10.000.000 x 12 (bulan) = Rp120.000.000 (total pengeluaran Bapak Y selama 1 tahun).

Berarti, untuk mewujudkan pensiun dini di Indonesia atau FIRE movement Bapak Y membutuhkan dana sebesar:

Rp120.000.000 x 25 = Rp3.000.000.000

Dengan dana 3 miliar rupiah dan dana imbal hasil minimal 4% per tahunnya, Bapak Y berpotensi mendapatkan hasil investasi sebesar Rp120 juta per tahun untuk memenuhi biaya hidupnya.

Pastikan, tabungan kamu sudah mencukupi untuk melakukan pensiun dini, yaitu dengan menerapkan aturan 4%.

Memulai FIRE Movement dengan Investasi di LandX

Kita telah membahas seputar FIRE movement (Financial Independent Early Retire). Untuk mewujudkan early retire atau pensiun dini kamu harus mempersiapkan kebebasan finansial terlebih dahulu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara mencapai financial independent dalam 6 tingkatan kebebasan finansial adalah melalui investasi. Nantinya, investasi sebagai dana persiapan jangka panjang yang digunakan saat pensiun dini.

Salah satu investasi yang dapat kamu lakukan adalah investasi dengan sistem equity crowdfunding.

Melalui equity crowdfunding, kamu akan melakukan pendanaan secara patungan bersama beberapa investor lainnya terhadap salah satu bisnis UMKM berpotensi. Setelah itu, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan berupa dividen dari pendanaan yang kamu lakukan.

Selain mendapat keuntungan, kamu juga merupakan salah satu bagian dari pemegang saham bisnis UMKM berpotensi. Kamu dapat memilih berbagai bisnis berpotensi di platform LandX, mulai dari bisnis kuliner seperti MangGang, Ayam Tempong Ibu Sri, selain itu kamu juga bisa mendanai untuk berbagai bisnis properti, seperti kos-kosan.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya dan telah memiliki market cap terbesar di Indonesia. Di LandX kamu dapat mulai melakukan investasi dengan modal yang kecil, yaitu mulai dari Rp1 jutaan, saja untuk menambah passive income-mu.

Oiya, kamu juga tidak perlu khawatir investasi di LandX ya. Karena LandX telah mengantongi izin dari OJK, jadi lebih terjamin keamanannya.

Yuk Mulai Siapkan Investasi Jangka Panjang Anda Sekarang

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga