menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Mengenal Tahapan Pendanaan Startup: Berapa Nilai Seed Funding? | LandX

Monday, 9 May 2022

Read in 5 minutes

sumber modal bisnis, pendanaan startup, venture capital, investor, angel investor

Merintis usaha memerlukan dana dan sumber modal, dapat berasal dari bootstrap dan investor. Tahapan pendanaan startup dari memiliki nilai sebesar

Dalam merintis ide usaha tentu hal utama yang perlu disiapkan adalah modal. Ada 2 cara mendapat modal, yaitu boostrapping yang berasal dari tabungan sendiri dan modal eksternal seperti crowdsourcing. Bootstrap disebut juga sebagai tahap pre-seed sebelum mencari dana dari investor.

Proses pencarian modal bagi perusahaan rintisan (startup) mencakup serangkaian langkah yang terjadi selama beberapa tahun. Tahapan pendanaan startup pada modal ventura dikenal sebagai funding series. 

Singkatnya, funding adalah penggalangan dana. Pemilik startup memulai proses funding dengan cara mempromosikan ide bisnis inovatif mereka kepada para calon investor yang akan mendanai.

Jenis-jenis Pendanaan Startup

Langkah awal memulai funding startup ialah para pendiri startup mencari orang-orang yang memiliki uang untuk diinvestasikan dalam startup. Investor ini dapat merupakan seorang teman, anggota keluarga, angel investor, atau perusahaan modal ventura. 

Jika investor tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, presentasi formal dilakukan. Investor kemudian akan memutuskan apakah akan menginvestasikan modalnya. Langkah-langkah pendanaan startup antara lain raising seed capital, meningkatkan Seri A, Seri B, Seri C, dan melakukan exit startegy. Yuk, kita bahas lebih lanjut.

1. Seed Funding

Putaran seed funding adalah sejumlah minimun uang yang dibutuhkan untuk memulai startup. Tujuan seed funding adalah untuk membuktikan bahwa startup dapat mengeksekusi idenya dan membuktikan bahwa pasar akan mendukungnya. 

Proses meningkatkan modal awal bisa jadi sulit dan memakan waktu, tetapi sangat penting bagi perusahaan startup untuk memulai. Ada banyak calon investor dalam situasi pendanaan awal: pendiri, teman, keluarga, inkubator, perusahaan modal ventura, dan banyak lagi.

Salah satu investor potensial berasal dari investor swasta seperti angel investor. Modal ini dapat digunakan untuk membayar penelitian dan pengembangan, mempekerjakan karyawan baru, dan biaya bisnis lainnya. 

Angel investor sering kali merupakan pemilik bisnis berpengalaman yang memiliki banyak modal untuk diinvestasikan. Mereka dapat memberikan saran dan umpan balik strategis selama pengembangan startup.

Berapa banyak seed funding yang dibutuhkan startup?

Yuk pahami apa itu seed funding

Berdasar laporan Google, Temasek, dan Bain & Company, rata-rata nilai kesepakatan dalam pendanaan tahap awal telah berlipat ganda selama beberapa tahun terakhir. Hal ini membuktikan indikator kepercayaan investor terhadap ekosistem Asia Tenggara yang semakin matang. 

Pada 2016, rata-rata nilai kesepakatan seed funding mencapai sekitar $500.000. Hingga tahun 2009 telah melonjak menjadi rata-rata $800.000. Demikian pula, nilai pendanaan untuk seri A dan B ikut mengalami pertumbuhan nilai seiring waktu.

2. Seri A

Setahun dari pendanaan seed funding telah berlalu dan perusahaan Anda telah memiliki basis konsumen potensial yang membeli produk. Untuk melayani para konsumen dengan maksimal, saatnya Anda mempekerjakan lebih banyak karyawan dan tentunya ruang kantor yang mencukupi.

Untuk dapat melakukannya, Anda dapat menggalang lebih banyak dana pada putaran investasi selanjutnya yaitu seri A. Pada pendanaan startup Seri A di Indonesia, besaran nilai putaran Seri A adalah mulai dari Rp 10 miliar.

Founder startup seri A selanjutnya memiliki tanggung jawab untuk memasarkan produknya dalam skala yang lebih besar. Sembari melakukan pengembangan produk lebih lanjut dan eksekusi strategi untuk menghasilkan profit jangka panjang.

3. Seri B

Pendanaan pada putaran seri B dapat diberikan pada perusahaan yang telah memiliki market share dan scaling bisnis. Investor akan fokus pada kemampuan perusahaan dalam menjangkau pasar (market reach) dalam jumlah besar.

Menjangkau lebih banyak konsumen dan menghadirkan fitur layanan yang mumpuni membuat startup akan berusaha melakukan promosi dan menghadirkan tim berkualitas

4. Seri C

Seri C adalah babak terakhir penggalangan dana startup. Bisnis yang memasuki tahapan Seri C dapat dikategorikan sukses. 

Investor Seri C ingin melihat bahwa startup telah mencapai tonggak penting, seperti meningkatkan pendapatan atau mengembangkan produk baru. Investor Seri C menyuntikkan modal mereka dengan harapan kembali dua kali lipat.

Biasanya pada kategori ini perusahaan akan berusaha mengembangkan produk baru, mengjangkau market baru, atau bahkan mengakuisisi sebuah perusahaan. Untuk dapat mengakuisisi dengan perusahaan lain perlu dana tambahan.

Pada tahun 2021, valuasi rata-rata untuk perusahaan Seri C adalah sekitar US$ 68 juta. Penilaian terhadap pendanaan ini didasarkan pada berbagai data saat ini sebagai ekspektasi untuk kesuksesan di masa depan. 

5. Startup Exit Strategy

Umumnya, sebuah perusahaan akan mengakhiri pendanaan ekuitas eksternalnya dengan Seri C. Namun, beberapa perusahaan dapat melanjutkan ke putaran pendanaan Seri D dan bahkan Seri E. 

Namun, sebagian besar, perusahaan yang memperoleh pendanaan hingga ratusan juta dolar melalui putaran Seri C telah siap untuk terus berkembang dalam skala global. Banyak dari perusahaan ini menggunakan pendanaan Seri C untuk mengantisipasi IPO. 

IPO merupakan salah satu langkah exit strategy. Exit strategy adalah rencana strategis perusahaan dengan menjual kepemilikan bisnis kepada perusahaan lain atau investor. Menurut investopedia, exit strategy membantu perusahaan melakukan likuidasi bisnis.

Ada dua jenis dasar kenapa perusahaan melakukan exit strategy:

  • Pertama, membatasi kerugian dari perusahaan.
    Jika operasi bisnis menunjukkan arus kas yang turun ke titik pemasukan modal eksternal tidak lagi layak untuk mempertahankan operasi. Penghentian kegiatan bisnis dan likuidasi semua aset terkadap dapat menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kerugian lebih lanjut.
  • Alasan lain dilakukan exit strategy adalah ketika pemilik bisnis melihat tawaran menguntungkan yang akan berpengaruh pada pengembangan bisnis. Jenis umum dari exit strategy yaitu initial public offering (IPO), akuisisi strategis, dan pembelian manajemen (MBO).

Di Indonesia perusahaan yang berawal dari startup dan telah melalui berbagai tahapan pendanaan dari venture capital kini mulai melakukan IPO. Seperti perusahaan ecommerce Bukalapak dan raksasa tech company GOTO Group.

Mendapat Pendanaan Dari Crowdfunding

Investopedia menuturkan pada taham Seed Funding, selain mendapat suntikan modal dari keluarga, teman, atau angel investor, pemilik bisnis dapat menggalang dana melalui crowdfunding.

Crowdfunding adalah skema pendanaan bisnis dari sejumlah besar orang atau masyarakat melalui internet. Bentuk kepemilikannya adalah saham dan proses penawaran saham kepada publik melalui crowdfunding disebut listing, bukan IPO.

Investor dari bisnis yang melakukan crowdfunding akan mendapat persentase keuntungan dari modal yang diberikan. Keuntungan ini disebut sebagai dividen yang akan dibagikan rutin sesuai penawaran di awal. Penawaran awal perusahaan yang listing di crowdfunding dapat ditemukan di dokumen prospektus.

Pada crowdfunding biasanya pemilik bisnis akan menargetkan untuk ekspansi cabang baru dan pemilik modal sebagai investor dapat memiliki ownership cabang tersebut. Calon investor pun dapat memilih sendiri project bisnis yang ingin didanai seperti yang tampak di situs dan aplikasi crowdfunding LandX.

LandX sebagai platform crowdfunding terdepan di Indonesia berusaha menghadirkan bisnis potensial bagi setiap investor lokal agar saling menguntungkan. 

Yuk, kembangkan bisnismu dan jadi investor crowdfunding di LandX!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga