Mempunyai properti yang bisa disewakan adalah langkah tepat agar mendapatkan pundi-pundi rupiah. Hadirnya properti berpenghasilan sewa tinggi membuat Anda bisa memperoleh penghasilan pasif tanpa harus repot-repot bekerja.

Tidak salah kalau investasi properti menjadi idaman banyak orang. karena hasil yang diperoleh bisa sungguh menggiurkan. Kalau Anda ingin ikut berkecimpung di dunia investasi properti, misalnya rumah, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara investasi properti agar menguntungkan.

Dalam melakukan investasi properti Anda harus memperhatikan lingkungan di sekitar properti yang Anda jual/sewakan. Bahwa lokasi menjadi faktor penentu ada atau tidaknya orang yang ingin membeli/menyewa properti Anda.

Jika properti yang jual/sewakan adalah rumah, maka harus mempertimbangkan dekat atau jauh dengan sekolahan, pusat belanja/pasar, rumah sakit, dan lain sebagainya. Jika properti Anda berada di dekat kampus, maka menjadi ladang investasi karena pasti ada mahasiswa yang mencari tempat tinggal sewa (indekost).

Menentukan Investasi Properti Agar Menguntungkan

Selain mempertimbangkan lokasi properti, Anda harus mengetahui pajak properti yang harus dibayarkan. Soal pajak harus diketahui karena setiap daerah memiliki pajak yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui besar pajak yang harus dibayarkan agar menghindari pendapatan sewa yang tidak menutup besar pajak.

Dan sebaiknya, Anda tidak perlu langsung mempermasalahkan pajak yang tinggi, karena biasanya kawasan dengan pajak tinggi berada di lokasi yang strategis. Dengan kata lain, banyak calon penyewa yang akan memilih rumah/properti tersebut.

Dalam pemilihan properti sebaiknya diperhitungkan dengan dekat-jauh dengan sekolahan. Kriteria satu ini amat penting untuk Anda perhatikan, apalagi jika sasaran penyewa adalah keluarga. Akan sangat percuma jika properti yang Anda miliki lokasinya jauh dengan sekolahan yang berkualitas.

Mempertimbangkan tingkat kriminalitas menjadi alasan lain yang harus dipertimbangkan. Sudah pasti tidak ada orang yang bersedia bertempat tinggal di lokasi yang tingkat kriminalitasnya tinggi. Properti yang Anda miliki pasti akan sepi peminat kalau berada di daerah yang berdekatan dengan tindak kejahatan.

Selain masalah tindak kejahatan di lokasi, faktor banyak atau sepinya peminat berdasarkan lokasi rumah berdekatan dengan tempat atau kawasan kerja. Jika rumah/properti Anda berada di daerah industri atau perusahaan, maka sasaran penyewa adalah karyawan. Kemudian, agar menarik penyewa bisa dimulai dari fasilitas yang disediakan.

Selain membutuhkan tempat tinggal, para penyewa pun tetap membutuhkan hiburan. Nah, sebagai warga negara konsumtif, tidak salah jika properti Anda sebaiknya berada di sekitar tempat hiburan, baik café, mall, bioskop, dan tempat hiburan lainnya.

Rumah dianggap bernilai tidak sekadar dilihat dari situasi sekarang ini saja, melainkan rencana pengembangan di masa yang akan datang. Kalau di sekitar daerah properti Anda akan dibangun mall, apartemen, sekolahan berkualitas, berarti daerah tersebut berpotensi mempunyai pertumbuhan ekonomi yang baik.

Faktor pengembangan di masa yang akan datang bisa saja berpotensi merugikan karena daya saing akan tumbuh. Akan bermunculan properti-properti lain dengan fasilitas yang bisa saja lebih baik daripada properti yang Anda miliki.

Dalam memiliki properti sebaiknya Anda memperhatikan daerah/lokasi: rawan bencana atau tidak. Bencana yang kami maksudkan adalah longsor (tanah gerak) dan banjir. Ketika properti Anda berada di daerah rawan bencana, seberapa mewah tetap saja harga sewa turun drastis, bahkan tidak ada yang berminat.

Dengan mempertimbangkan penjelasan di atas, maka Anda harusnya sudah mampu menyeleksi investasi properti agar menguntungkan. Jika Anda masih kesulitan dalam menganalisa properti, maka ada solusinya, yaitu LandX. Properti yang di-listing di LandX sudah dianalisa oleh tim profesional, dan merupakan properti-properti terbaik, yang berpotensi memberikan keuntungan berlipat pada Anda, baik dari hasil sewa maupun kenaikan harga properti. LandX merupakan platform yang bertujuan untuk membantu Anda berinvestasi properti dengan mudah melalui sistem equity crowdfunding.