“Duh, pengen banget mulai bisnis tapi ga punya modal”, apa kamu pernah bergumam kalimat seperti ini? Buat kamu para pelajar atau mahasiswa, sudah pasti dipenuhi rasa menggebu yang menantang adrenalin buat bangun passion untuk membangun bisnis walaupun dengan modal yang terbatas.

Kamu keren karena udah punya growth mindset seperti berkeinginan untuk bangun bisnis. Tapi, jangan batasi pikiran kamu dengan kalimat yang akan menghambat next scene dari action kamu.

Dalam memulai bisnis keterbatasan modal dan bingung bagaimana membangun bisnis dengan modal yang dimiliki sering kali menjadi hambatan saat akan mulai melakukan sesuatu.

Berbisnis tentu membutuhkan modal seperti uang, waktu, dan usaha. Suatu bisnis tentu dibangun dari tunas kecil yang dibesarkan dengan perhatian dan usaha untuk bisa menjadi besar layaknya pohon yang kokoh.

Karena itu, yuk kita bahas berbagai bisnis yang bisa kamu lakukan walaupun dengan modal yang terbatas.


Table of Content

  • Bisnis Modal Kecil Terbaik yang Cocok untuk Pemula
  1. Affiliate Marketing
  2. Dropship dan Reseller
  3. Blogger
  4. Homemade Baking
  5. Thrift Shop
  6. Custom Aksesoris
  7. Laundry
  8. Kedai Kopi
  9. Layanan Titip Hewan Piaraan
  10. Budidaya ikan hias

1. Affiliate Marketing

Kalau kamu ingin dapetin cuan di internet tanpa harus jual produk, stok barang, atau bahkan tahu siapa yang membeli, kamu harus kenal dengan affiliate marketing. Affiliate marketing adalah teknik marketing  dimana affiliates (orang berprofesi dalam bidang ini) mempromosikan barang suatu brand dalam bentuk link dan mendapatkan keuntungan berupa komisi setiap penjualan melalui link yang disebarkan.

Tren affiliate marketing menjadi tren marketing yang naik beberapa tahun ini. Pasalnya tren ini menguntungkan banyak pihak, pemilik bisnis dan affiliates itu sendiri. Affiliates mendapat keuntungan komisi, sedangkan pemilik bisnisbisa menjangkau target konsumen dengan cara hemat (cost effective).

Cara ini merupakan cara berbisnis dengan modal terminim yang dapat kamu coba sekarang juga. Apa kamu tertarik?

2. Dropship dan Reseller

Dropship dan reseller, dua kata dengan makna beda yang sangat umum terdengar dalam dunia online shop. Dropship adalah sistem menjual produk dari suatu brand tanpa perlu stok barang sendiri. Konsumen akan mentransfer uang sejumlah harga produk yang kamu tentukan, kemudian pesanan tersebut diteruskan kepada pemilik brand untuk dikemas dan dikirim.

Reseller adalah saat kamu membeli sejumlah produk untuk dijadikan stok barang yang akan dikemas dan dijual kembali seharga yang kamu inginkan. Kamu juga dapat melakukan foto produk ulang sesuai warna brand yang kamu kenalkan kepada konsumen. Saat barang habis, kamu bisa mengontak kembali pemilik brand utama untuk membeli stok barang baru.

Cara mudah tanpa perlu bingung produksi barang sendiri, bisa kamu pilih mau jadi reseller yang stok dan kirim barang sendiri atau sebagai dropshipper yang hanya mempromosikan barang. Tidak semua online shop membuka sistem reseller dan dropsip, segera targetkan dan cek brand yang kamu ingin  promosikan.

3. Blogger

Suka berbagi, punya bakat menulis, dan punya kuota internet? Jadi blogger yuk. Kamu bisa manfaatkan bakat menulis kamu dengan berbagi topik bahasan yang kamu senangi. Kamu bisa memanfaatkan situs blogging gratis seperti WordPress ataupun Blogspot, Tumblr, Medium, dan lainnya.

Atau jika kamu juga menyenangi tulisan yang disebarkan dalam bentuk gambar, kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu sesuai warna dan gaya tersendiri. Cara ini juga bisa menjangkau audiens di banyak tempat dengan membagikan hasil pikiran dan tulisan editanmu ke media sosial Instagram.

Bisa-bisa bahasamu menginspirasi dan mengena di banyak lubuk hati orang-orang seperti Tere Liye, loh!

4. Homemade Baking

Buat kamu yang enjoy proses bikin kue dan banyak orang berharap kue kamu bisa dicicip kapan pun, coba jual secara online juga. Berawal dari promosi di akun sosial media kamu, terus dibantu sebarin sama temen-temen kamu, yakin deh satu per satu orderan bakal dateng.

Kamu bisa jadi spesialis cookies, brownies, custom cake, atau dessert box kekinian yang banyak di incar penggemar makanan manis.

Modalnya apa aja ya? Di rumah kayaknya udah ada peralatan baking punya ibu, lanjutnya bisa beli tepung, telur, dan bahan-bahan lain yang sesuai produk kira-kira bisa sekitar Rp 300-500 ribu. Jangan lupa tes dulu resep kamu dan ukurannya produk kamu bakal di kemas seperti apa. Setelah oke, tentukan harga, foto produk dan suarakan di media sosial. Semangat!    

5. Thrift Shop

Thrift artinya penghematan, thrift shop merupakan usaha menjual barang-barang second hand dari luar maupun dalam negeri. Walaupun second hand atau bekas, model pakaian yang cantik tentu akan tetap diburu para fashionista.

Untuk bangun thrift shop yang digemari pastinya harus menyuguhkan barang-barang berkualitas baik dan bersih. Coba mampir dan pantengin satu thrift online shop, kamu bisa liat barang yang ditawarkan terlihat seperti baru dan yang buru juga banyak. Alias gampang banget sold out!

Buat mulai thrift shop gimana? Coba cari informasi sekitar tempat tinggal kamu yang menjual pakaian second hand, teliti dan periksa agar barang tidak zonk, juga coba tawar-menawar biar ga nombok banyak. Atau kamu bisa beli paket usaha thrift yang banyak ditawarkan thrift online shop besar, pilihan beragam dari paket usaha Rp 150 ribu untuk 5 helai kardigan, hingga Rp 500 ribu sudah termasuk pilihan bawahan.

6. Custom Aksesoris

Aksesoris yang lucu menjadi daya tarik bagi individual yang ingin terlihat beda dan lebih trendy dari teman-teman seumurannya.

Adanya custom aksesoris juga menjadi pengenal bahwa barang tersebut adalah limited edition miliknya. Terdapat banyak aksesoris yang bisa kamu kustomisasi seperti case handphone, mainan kunci, serta aksesoris cincin dari manik-manik sesuai desain kamu.

Modal untuk memulai bisnis ini terbilang kecil karena misalkan bisnis kamu adalah aksesoris manik-manik, harga untuk modal manik-manik itu sendiri sekitar seribuan saja. Padu padan warna dan ditambahn liontin bunga, kupu-kupu, bentuk hati juga dapat menghiasi desain kamu dengan harga kisaran lima ribu. Cobain, yuk!  

7. Laundry

Jasa laundry banyak digandrungi mahasiswa, karena selain modal yang tidak terlalu besar jika dilakukan berkelompok, jasa ini sangat dibutuhkan oleh para penganut hustle life.

Modal untuk bisnis laundry tergantung lokasi usaha kamu di rumah atau sewa toko juga jumlah peralatan berkisar Rp 8 juta hingga belasan juta.

Untuk dapat memulai bisnis jasa laundry, kamu perlu mempelajari terkait bidang ini terlebih dahulu. Kemudian survei apakah tempat kamu strategis dan apakah ada kompetitor di lokasi yang kamu incar. Hitung modal, tentukan harga jasa, dan manfaatkan teknik pemasaran digital.

8. Kedai Kopi

Ingin berbisnis kedai kopi atau kedai minuman karena melihat menjamurnya kedai kopi yang nampak ramai dan terlihat cuan, boleh kok.

Untuk berbisnis kedai kopi kamu bisa pertimbangkan mau bangun brand sesuai keinginan kamu atau mau paket usaha yang sudah jelas produk dan bahkan diajarkan tips marketingnya?

Untuk memulai bisnis kedai kopi dengan brand sendiri, harga peralatan mesin kopi dan bahan-bahan yang diperlukan berada di kisaran Rp 8 hingga Rp 10 juta di luar sewa tempat.

Jika kamu ingin paket usaha, terdapat berbagai pilihan umum berupa kontainer tempat berjualan serta lengkap peralatan mesin seharga kisaran Rp 5-7 juta tergantung brand nantinya. Kamu yang tertarik buka coffee shop pilih yang mana?


Baca Juga:


9. Layanan Titip Hewan Piaraan

Senang dengan hewan? Buka bisnis jasa titip hewan piaran khusus kucing atau anjing bisa jadi pilihan. Tapi perlu diperhatikan jika jasa ini di operasika di rumah kamu, apakah mendapat izin keluarga dan pastikan kamu siap dengan hewan yang mungkin butuh perlakuan dan perhatian khusus.

Suka dengan hewan menjadi modal utama bisnis layanan titip hewan. Selanjutnya hitung harga peralatan seperti berapa kandang perlu disiapkan, shampo untuk mandi, persediaan makanan hewan, serta biaya air dan lainnya.

Selanjutnya tentukan harga tarif per hari dan paket lengkap titip hingga memandikan. Saat peak season seperti liburan bisa jadi ladang cuan kamu.

10. Budidaya ikan hias

Saat pandemi kemarin bisnis ikan hias seperti cupang laris manis dengan omzet bikin melayang. Namun, pandemi mereda pun bisnis ikan hias belum juga padam. Dengan mosal Rp 100-300 ribu kamu sudah bisa memulai bisnis ikan cupang

Tidak perlu terlalu khawatir dengan biaya pengeluaran karena ikan cupang tidak perlu perhatian khusus dalam perawatan. Yang terpenting kamu perlu kuat dalam memasarkan bisnis kamu agar dapat bertahan dari kompetitor yang sudah ada sekarang.

Pertimbangan Memulai Bisnis

Modal, tempat usaha, peralatan, bahan, dan komitmen kamu dalam menjalankan bisnis jadi pertimbangan untuk miliki bisnis. Membangun di awal tentu menyenangkan, kalau kamu tersendat karena suatu hambatan dan jadi lesu untuk melanjutkan bagaimana? Atau kamu masih sibuk dengan perkuliahan atau kerjaan bikin bisnis kamu ga jalan, sedangkan biaya operasional tetap jalan.

Penting untuk membangun rencana bisnis yang matang, perhatikan dan belajar strategi bangun bisnis. Rancang SWOT calon bisnis kamu dan busines model canvas agar membentuk bisnis yang baik dan dapat bertahan nantinya. Belum lagi kamu harus siap dengan keadaan tidak terduga seperti pandemi ataupun bencana alam yang berdampak pada bisnis kamu.

Kuatkan komitmen kamu dalam menjalankan bisnis apa pun situasi yang terjadi. Jaga mood kamu agar selalu semangat dan gali terus apa yang bisa dikembangkan dari bisnis kamu.

Bisnis Aman dengan Crowdfunding

Mau jadi pemilik bisnis tapi ingin selalu nyaman apa pun situasi yang melanda? Bisnis aman kamu cuan, bisnis kewalahan kamu tetap aman apa bisa, ya? Bisa, dengan cara jadi bagian crowdfunding (investasi patungan bisnis).

Crowdfunding adalah sistem mengumpulkan dana dari masyarakat yang digunakan untuk mengembangkan bisnis yang sudah tersistem. Dengan gabung crowdfunding, kamu adalah seorang owner bisnis sekaligus investor. Keuntungan yang kamu dapatkan adalah bagi hasil dari laba bisnis sesuasi modal investasi kamu atau disebut dividen.

Punya bisnis yang dikelola profesional, bisa investasi, dan dapat cuan rutin berkala tiap 3 bulan? Menarik, sih. Tapi modal investasi berapa, ya? Dengan 1 juta bisa jadi investor bisnis yang sustain di LandX.

Equity crowdfunding di LandX, kamu bisa pilih mau bergabung di bisnis industri yang kamu inginkan. Di jamin bisnis sudah terbukti siap cuan dan modal kamu tetap aman karena ada jaminan.

Karen itu...

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Baca Juga:


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis  #SecuritiesCrowdfunding   #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan     #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha