menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Pahami Apa Itu Surat Berharga dan Jenis-Jenis Surat Berharga

Tuesday, 26 Jul 2022

Read in 5 minutes

Author: Abdul Wahhab
Pengertian surat berharga dan jenis-jenis surat berharga yang harus kamu kenal

Apa itu surat berharga adalah dokumen yang nilainya diakui negara dan dilindungi oleh hukum. Yuk, pelajari karakteristik surat berharga, jenis-jenis surat berharga, dan fungs pentingnya.

Apa itu surat berharga adalah dokumen yang memiliki nilai, dilindungi oleh hukum, dan diakui oleh negara. Utamanya, pengertian suurat berharga adalah dokumen resmi yang digunakan dalam transaksi perdagangan, penagihan, pembayaran, dan transaksi lainnya.

Karena surat berharga adalah dokumen yang diakui oleh negara dan dilindungi hukum, maka surat berharga adalah dokumen yang memiliki nilai yang fungsinya seperti uang.

Dalam keseharian kita, surat berharga adalah hal yang sering ditemui. Karena itu, yuk pelajari pengertian surat berharga, jenis-jenis surat berharga, ciri ciri surat berharga, dan fungsinya.


Pengertian Surat Berharga

Surat berharga adalah dokumen yang memiliki nilai yang telah dilindungi hukum dan diakui oleh negara sehingga bisa digunakan untuk berbagai transaksi seperti perdagangan, pembayaran, penagihan dan berbagai jenis kebutuhan transaksi lain.

Fungsi Surat Berharga

Surat berharga memiliki manfaat dilihat dari sisi yuridis dan fungsinya. Secara yuridis surat berharga bermanfaat sebagai alat tukar, penagihan dan surat legitimasi yang bisa digunakan sebagai bukti penagihan yang sah.

Dilihat dari fungsinya, surat berharga memiliki fungsi sebagai surat yang memiliki sifat hukum kebendaaan, tanda keanggotaan, dan alat bukti penagihan yang sah.

Misalnya, fungsi surat berharga adalah untuk digunakan dalam transaksi yang semakin berkembang di era modern. Utamanya, untuk transaksi bisnis antar pengusaha dengan cakupan yang cukup besar karena dinilai memudahkan transaksi terutama dalam nominal yang besar.

Fungsi surat berharga juga bisa digunakan sebagai surat legitimasi yang menjadi paduan bagi pemegang surat untuk melakukan ataupun mendapatkan sesuatu sesuai dengan isi surat berharga yang mereka pegang.

Setelah anda tahu apa itu surat berharga, lebih lanjut mari kita bahas ciri-ciri surat berharga agar anda lebih paham lagi tentang surat berharga.

Ciri-Ciri Surat Berharga

Agar anda bisa membedakan antara surat berharga dengan surat lainnya, berikut beberapa ciri-ciri surat berharga atau karakteristik surat berharga yang harus anda ketahui:

  • Surat berharga berbentuk dokumen tertulis.
  • Terdapat nama dan tanda tangan dari pihak terkait.
  • Surat berharga berisikan perintah atau janji tanpa syarat.
  • Terdapat akta perintah dan janji bayar di dalamnya.
  • Mencantumkan nama orang/pihak yang akan membayar.
  • Terdapat keterangan waktu pembayaran yang harus dilakukan.

Jenis-Jenis Surat Berharga

Surat berharga memiliki beberapa jenis yang dijelaskan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dalam Buku I titel 6 dan 7. Akan tetapi, surat berharga masih memiliki beberapa jenis lain yang tidak dijelaskan dalam KUHD. Agar lebih jelas, mari kita bahas macam-macam surat berharga.

Surat Berharga Sesuai KUHD

Berdasarkan KUHD, penjelasan macam-macam surat berharga adalah sebagai berikut.

1. Wesel

Wesel merupakan surat berharga yang di dalamnya terdapat kata wesel yang berisikan perintah untuk melakukan pembayaran sesuai syarat yang sudah ditentukan dalam KUHD.

Melalui wesel, penerbit memberikan perintah tanpa syarat kepada pihak yang ditunjuk untuk membayar sejumlah uang atau dana kepada pihak penerima yang sudah telah ditunjuk oleh pihak penerbit atau pihak yang penggantinya.

2. Cek

Surat berharga cek adalah dokumen yang di dalamnya terdapat kata cek/cheque yang dikeluarkan pada kurun waktu tanggal dan tempat tertentu. Surat berharga ini merupakan perintah dari penerbit cek terhadap bank untuk melakukan pembayaran sejumlah uang kepada pihak yang namanya telah dicantumkan dalam cek.

Selain pihak yang namanya dicantumkan dalam cek, bank juga bisa melakukan pembayaran terhadap pihak pengganti atau orang yang membawa cek tersebut.

3. Surat Kesanggupan/Promes

Surat kesanggupan atau promes merupakan jenis surat berharga yang di dalamnya terdapat kata promes atau aksep. Melalui surat ini, penerbit berkewajiban untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang tercantum di dalam surat atau pihak yang membawa surat ini.

Lewat Promes, penjelasan dalam surat berharga adalah kesanggupan dari penerbit untuk membayarkan sejumlah uang pada periode waktu dengan ketentuan pembayaran paling lama satu tahun.

4. Kwitansi dan Promes Atas Unjuk

Kwitansi dan promes atas unjuk merupakan surat dengan tanggal dan tanda tangan yang diberikan oleh penerbitnya untuk diberikan kepada pihak lain sebagai penagihan pembayaran yang sudah dicantumkan di dalamnya kepada penunjuk sesuai dengan waktu yang sudah tercantum.

Kwitansi surat berharga adalah dokumen yang memiliki sifat bahwa siapapun yang membawa surat ini dapat meminta pembayaran kepada pihak yang bertanda tangan.

Surat Berharga Di Luar KUHD

Selain yang tercantum dalam KUHD, terdapat beberapa jenis lain dari surat berharga. Penjelasan macam-macam lain surat berharga adalah sebagai berikut.

1. Bilyet Giro

Bilyet Giro sebagai surat berharga adalah surat perintah dari nasabah kepada bank untuk memindahkan sejumlah dana mereka ke rekening pihak lain yang dicantumkan dalam bilyet giro tersebut. Bilyet giro biasanya memiliki bentuk yang sudah ditentukan standarnya oleh bank masing-masing.

2. Commercial Paper

Commercial paper adalah surat berharga jangka pendek yang merupakan utang tanpa jaminan. Biasanya surat berharga ini dikeluarkan oleh sebuah perusahaan bukan bank yang penjualannya dilakukan lewat bank atau perusahaan efek dalam waktu pendek dengan sistem diskonto.

3. Surat Saham

Surat saham adalah bukti kepemilikan akan modal di dalam sebuah perusahaan atau bisnis yang dibuktikan melalui surat saham sebagai acuan resmi kepemilikan modal.

Saham adalah surat berharga yang menjelaskan bahwa pemilik saham memiliki hak atas suara, dividen dan berbagai hak lainya. Surat ini menjadi acuan akan kepemilikan modal dari suatu pihak.

4. Obligasi

Surat berharga jenis ini merupakan jenis sertifikat bukti utang yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi tertentu yang berjanji akan melakukan pembayaran utang beserta bunganya pada akhir periode yang sudah ditentukan di awal.

5. Surat Utang Negara (SUN)

Jenis ini merupakan surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai pengakuan utang yang akan pembayaran beserta bunganya akan dilakukan di masa mendatang sesuai dengan periode dari surat utang tersebut.

Kesimpulan

Setelah anda paham berbagai jenis surat berharga kini anda paham bukan jenis surat berharga mana yang bisa anda gunakan untuk investasi jangka panjang maupun pendek.

Surat saham dan obligasi merupakan dua jenis yang bisa anda jadikan instrumen investasi yang bisa memberikan anda keuntungan.

Saat ini tersedia sangat banyak pilihan investasi yang bisa anda mulai, namun masih belum menemukan jenis investasi yang cocok mungkin anda bisa mulai dengan investasi bisnis lewat equity crowdfunding di LandX

LandX memberikan anda kesempatan untuk ikut berinvestasi ke dalam berbagai bisnis menguntungkan yang bisa anda mulai dengan modal kecil.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Modal Kecil di LandX


Baca Juga:


Yuk Follow Kami di Instagram Untuk Berbagai Info Investasi Menarik Lainnya, Yuk Follow Kami di @landx.id


#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga