Tahukah anda bahwa bisnis F&B atau Food and Beverage merupakan bisnis yang memiliki potensi perkembangan yang menjanjikan pada masa pandemi ini?

Masa pandemi mendorong bisnis F&B untuk mengikuti kebiasaan baru masyarakat sehingga bisnis ini dapat terus berkembang dan bertahan pada masa pandemi. Bisa kita lihat sendiri bahwa masa pandemi ini mendorong tumbuhnya berbagai bisnis online makanan yang menjanjikan keuntungan walau dengan modal kecil.

Akan tetapi, tentu saja dalam memulai bisnis anda perlu melihat trend konsumen F&B yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Nah, untuk itu mari kita bahas bagaimana cara mulai menginvestasikan dana anda ke dalam bisnis makanan yang menjanjikan.


Table of Content


Model Bisnis F&B di Masa Pandemi

Pada masa sekarang ini, anda membutuhkan banyak pertimbangan dalam memulai bisnis F&B melihat kondisi yang belum pulih total akibat pandemi. Untuk itu anda perlu memperhitungkan modal bisnis F&B yang akan terapkan dalam bisnis. Salah satu model bisnis makanan dan minuman yang populer belakangan ini adalah model bisnis Cloud Kitchen.

Apabila anda masih belum familiar dengan sistem ini, cloud kitchen merupakan sistem yang belakangan ini semakin menjamur di Indonesia di mana usaha makanan hanya menerima pesanan melalui virtual seperti lewat website, aplikasi, dan berbagai jaringan internet lain. Bisnis ini tidak akan menyediakan meja dan bangku untuk konsumen karena hanya melayani take-away. Sistem ini menjadi solusi bagi pebisnis untuk memperkecil biaya yang akan mereka keluarkan saat memulai bisnis, apalagi sistem dine-in belum bisa dioperasikan secara optimal mengacu pada aturan new normal dari pemerintah.

Model bisnis F&B ini kini semakin mudah untuk diadopsi dengan adanya dukungan dari berbagai platform pemesanan makanan online sehingga adopsi sistem ini semakin cepat. Dalam model bisnis ini pebisnis dapat fokus dalam menyiapkan dapur yang optimal untuk produksi produk makanan yang akan anda jual.

Akan tetapi bisnis ini tentu saja tetap membutuhkan modal yang cukup banyak dan kemampuan anda dalam manajemen bisnis F&B yang akan anda lakukan mulai dari produksi hingga perawatan dapur yang harus anda lakukan.

Memulai Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

Apabila modal yang anda miliki terbatas dan belum bisa memulai cloud kitchen maka anda bisa mulai dengan memulai bisnis makanan online siap saji yang semakin populer belakangan ini. Sistem ini akan sangat menghemat waktu anda karena tidak perlu menyiapkan dapur untuk produksi dan perawatan terhadap perlengkapan dapur. Dalam menjual hal ini anda perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat dan manajemen stok yang baik agar produk dapat sampai dalam kondisi baik di tangan konsumen.

Hal lain yang perlu diperhitungkan dengan baik adalah bagaimana memilih supplier terpercaya agar anda bisa konsisten memberikan produk makanan atau minuman yang berkualitas kepada konsumen agar bisnis makanan anda bisa terus memberikan keuntungan kepada anda dalam jangka panjang. Tapi dalam melakukan bisnis ini anda harus menyiapkan waktu dan tenaga anda untuk mengatur bisnis online anda dapat berjalan sesuai rencana.

Namun apabila opsi ini masih sulit anda lakukan, berikut adalah rekomendasi bisnis makanan yang mudah anda lakukan dan bisa memberikan anda keuntungan walaupun dengan modal kecil.

Memulai Investasi Bisnis F&B dengan Equity Crowdfunding

Apabila anda ingin memulai bisnis F&B tapi terkendala dan waktu untuk mengatur bisnis, maka anda bisa mulai dengan melakukan investasi bisnis dengan skema equity crowdfunding.

Skema ini bisa menjadikan anda seorang pemilik bisnis hanya dengan modal awal mulai 1 juta. Dengan crowdfunding anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil dan memperkecil resiko kegagalan bisnis karena bisnis akan dikelola oleh pebisnis profesional dan anda akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil dari bisnis yang dijalankan.

Hal ini tentu saja solusi yang amat tepat bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis tapi masih terhalang oleh dana dan pengetahuan terkait bisnis yang akan anda jalankan. Karena resiko kegagalan dalam bisnis sangat tinggi apabila tidak dikelola oleh profesional. Dalam equity crowdfunding anda akan diberikan kesempatan untuk memilih bisnis mana yang anda rasa potensial sehingga dapat anda tanami modal yang akan membuat memiliki bagian kepemilikan dalam bisnis tersebut sesuai dengan modal yang anda miliki. Karena itu anda perlu platform equity crowdfunding terpercaya yang memberikan anda pilihan investasi bisnis terbaik.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Pertama Anda bersama LandX


Baca Juga :